Memilih Warna Untuk Kamar Mandi

Memilih Warna Untuk Kamar Mandi


Kamar mandi adalah salah satu elemen penting dalam rumah hunian. Tidak peduli seberapa besar ukuran dan bentuk tatanan kamar mandi, memilih warna cat untuk ruangan tersebut seringkali menjadi sulit. Dibawah ini terdapat beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mempermudah pemilihan warna kamar mandi. Adapun pertimbangan yang sebaiknya anda pikirkan sebelum memilih warna cat untuk kamar mandi adalah :

1. Ukuran ruangan kamar mandi.
2. Jenis atau tipe kamar mandi (tipe full set, semi, atau powder room).
3. Warna dan Jenis finishing cat pada aksen, interior, dan dekorasi ruangan.
4. Tingkat pencahayaan ruangan.

Tiap-tiap spesifikasi yang dimiliki pada kamar mandi menjadi petunjuk dalam pemilihan warna cat kamar mandi. Sebagai contoh untuk ruangan kamar mandi yang cukup lebar cenderung terlihat semakin lapang ketika diberi warna cat terang. Sebaliknya, ukuran kamar mandi yang kecil seperti powder room dapat terlihat menarik dengan warna cat yang pekat dan terang. Adapun jika anda memiliki anggaran yang terbatas, anda dapat memilih warna yang disesuaikan dengan warna pada isian ruangan (dekorasi) yang sudah ada.

Dibawah ini terdapat beberapa pilihan terbaik untuk kamar mandi yang disesuaikan dengan ukuran, bentuk, dan fungsi ruangan.

Kamar Mandi Ukuran Besar
Warna putih membuat kamar mandi terlihat lebih lapang dan lega. Anda dapat memilih warna putih semu biru atau abu-abu untuk menciptakan kesan bersih dan rapi. Sedangkan warna putih semu kuning terang atau kuning emas dapat menghasilkan perasaan nyaman pada ruangan. Jika kamar mandi memiliki dekorasi interior (kabinet, wastafel, pintu, trim dinding) yang cenderung berwarna putih, anda dapat memilih warna yang lebih pekat/tajam untuk dinding. Aksen dinding yang berwarna terang dapat menyeimbangkan warna pada ruangan yang penuh warna. Anda dapat mencoba warna abu gelap, hijau daun, atau biru gelap.

Kamar Mandi Ukuran Kecil
Warna klasik untuk kamar mandi ukuran kecil adalah warna terang atau putih bersih. Warna tersebut dapat membuat kamar mandi terkesan rapi dan lapang. Adapun jika interior kamar mandi didominasi oleh warna putih, anda dapat memilih warna abu-abu terang karena dapat menyeimbangkan warna putih pada interior kamar mandi tersebut. Hindari tone warna hangat (putih semu kuning, coklat, atau oranye) karena dapat membuat ruangan terlihat mudah kotor dan kusam. Bagi pemilik rumah yang menyukai warna pekat atau gelap, warna biru laut atau abu-abu gelap dapat dipilih untuk menciptakan kesan nyaman pada ruangan, terutama jika dipadukan dengan interior kamar mandi bertekstur rumit. Salah satu tips utama pemilihan warna kamar mandi ukuran kecil adalah dengan mengecat plafon dengan warna yang sama dengan dinding. Hal ini dapat membantu ruangan agar terasa lebih lapang dan lega.

Kamar Mandi Tipe Semi (Half Bath) Dan Powder Room
Kamar mandi tipe semi dan powder room adalah pilihan ruangan yang tepat  bereksperimen. Cobalah pilihan warna yang dapat membuat anda penasaran seperti warna ungu terong, hijau toska, atau hitam. Prinsipnya, semakin kecil ruangan maka anda dapat memilih warna yang semakin gelap atau pekat. Warna-warna tersebut tidak akan terlihat mencolok dibandingkan jika diaplikasikan pada ruangan yang lebih besar. Selain itu anda juga dapat mencoba tema monokrom, yaitu kombinasi warna dengan tone warna yang sama namun memiliki tingkat kegelapan/kepekatan yang berbeda.

Mengecat Interior dan Kabinet Kamar Mandi
Karena kabinet pada kamar mandi cenderung terabaikan, warna aksen yang kuat dan tajam dapat menciptakan harmonisasi pada ruangan tanpa perlu mengecat ruangan tersebut. Tema klasik adalah pilihan tepat dengan memberi warna kabinet yang lebih gelap dibandingkan dengan warna pada dinding. Warna abu-abu gelap atau biru semu abu-abu dapat mempercantik dan menyegarkan tampilan kabinet anda. Selain itu warna tersebut juga dapat dengan mudah dikombinasikan dengan warna lain pada interior dan dekorasi kamar mandi.

Mengecat Kamar Mandi Dengan Dekorasi Lama
Jika anda tidak ingin mengganti warna pada ubin lantai, maka warnailah dinding  kamar mandi anda. Warna ubin lantai yang terlihat usang  tidak akan terlihat mencolok jika anda memilih warna dinding dengan warna yang lebih fresh dengan tone warna yang sama pada warna ubin lantai. Anda dapat memilih warna dinding putih dan abu terang untuk menciptakan kesan antik pada dekorasi kamar mandi yang cenderung gelap. Adapun pemilihan warna yang gelap pada dinding justru membuat warna ubin menjadi terlihat mencolok dan menjadi pusat perhatian dari kamar mandi tersebut.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »