Mempertahankan Keawetan Tampilan Cat Interior

Mempertahankan Keawetan Tampilan Cat Interior


Seringkali kita memikirkan berapa lama cat interior yang baru saja kita aplikasikan dapat bertahan. Disisi lain cat interior dapat bertahan lama bergantung dari berbagai faktor penentu. Anda dapat mempertahankan tampilan baru pada cat interior dengan mengikuti beberapa panduan dibawah ini.

Hanya Menggunakan Cat Berkualitas
Ketika anda mengharapkan kesempurnaan dalam mengecat dinding rumah, pastikan anda bukan sekedar memilih warna yang tepat, melainkan juga cat yang tepat dan berkualitas. Semakin tinggi kualitas cat maka semakin dapat bertahan lama pula tampilan cat tersebut. Selain itu, cat berkualitas juga tidak mudah memudar atau kusam oleh paparan sinar matahari sehingga anda dapat menghemat uang pemeliharaan cat dinding untuk jangka panjangnya.

Setidaknya cat berkualitas tinggi memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut :

Perlindungan ekstra pada dinding
Cat berkualitas tinggi memiliki tingkat ketebalan lapisan yang cukup untuk melindungi dinding sehingga selalu tampak baru sepanjang tahun.

Komposisi kandungan pigmen yang lebih baik
Cat berkualitas tinggi memiliki komposisi kandungan pigmen yang lebih baik dibanding dengan cat yang berkualitas rendah. Dalam pemakaiannya cenderung lebih hemat dan dapat membuat dinding atau plafon tampak lebih terang dan gilap. Namun perlu diperhatikan asap atau uap hasil pembakaran proses pemasakan didapur tetap dapat mengurangi daya tahan tampilan cat.

Dapat dibersihkan atau di lap
Cat berkualitas tinggi memastikan setiap noda lemak kulit, sidik jari, partikel makanan, dan noda lain yang biasa menempel pada dinding dapat dibersihkan dengan mudah tanpa merusak lapisan cat dinding itu sendiri.

Tahan Bau dan Noda Makanan
Cat berkualitas tinggi dapat menahan noda dan bau makanan sehingga ruangan tetap terasa segar dan nyaman untuk bernafas.

Daya tahan yang lebih baik
Cat berkualitas tinggi dapat menempel lebih baik pada dinding dan lebih tahan terhadap serangan jamur, lumut, pengelupasam pecahan, dan penggelembungan. Hal ini disebabkan karena cat berkualitas tinggi memiliki lapisan yang lebih solid dan menutup secara sempurna pada permukaan sehingga dapat menutupi setiap kecacatan minor dalam proses pengacian dinding. Selain itu, dinding juga terlihat lebih gilap hingga dinding perlu dicat ulang.

Beraroma segar
Cat berkualitas tinggi meninggalkan aroma segar pada ruangan meski cat telah mengering sempurna hingga beberapa tahun. Dengan demikian cat dinding terkesan selalu dalam keadaan baru dan fresh.

Proses Pemeliharaan Cat Dinding
Setelah anda menginvestasikan uang untuk perbaikan dan pengecatan dinding, tentu anda selalu berharap bahwa cat dinding selalu tampak baru dan segar sepanjang tahun. Dibawah ini ada beberapa tips yang dapat membuat tampilan dinding terlihat baru untuk jangka waktu yang lama.

Selalu membersihkan dinding
Sebagaimana lantai yang selalu kotor oleh debu dan tanah, dinding juga perlu dibersihkan secara rutin. Terutama pada dinding dalam ruangan yang sering dilalui seperti ruang tengah, dapur, dan kamar mandi. Perhatikan area yang tertutup seperti belakang tv atau perabotan dimana seringkali ditemui kotoran sarang serangga. Idealnya proses pembersihan dinding dilakukan minimal setahun sekali dengan proses pembersihan yang lembut. Lakukan pengusapan dengan spon basah dan larutan pembersih. Kemudian lap hingga kering menggunakan kain handuk

Menyapu dinding
Ketika noda debu berkumpul dan menumpuk pada lapisan dinding, hal ini dapat memperpendek usia cat dinding. Selama pembersihan rutin dinding, lakukan pembersihan dinding dan plafon menggunakan kain lap mikrofiber atau sapu bergagang panjang. Anda juga dapat menggunakan vakum cleaner yang dilengkapi dengan kepala sikat yang lembut. Setidaknya proses pembersihan dinding tersebut dilakukan minimal sebulan sekali.

Memperbaiki kerusakan dinding
Jika anda menemui setiap kecacatan atau kerusakan pada dinding seperti pecahan atau pengelupasan, lakukanlah perbaikan sedini mungkin. Hal ini tidak hanya dapat memperpanjang usia dinding namun juga dapat membuat ruangan terlihat selalu bersih dan rapi. Pastikan untuk menambal setiap lubang, mengamplas permukaan yang tidak rata, dan mengecat ulang area tersebut. Selain itu anda juga perlu memeriksa setiap sumber kebocoran yang menjadi penyebab kerusakan pada dinding seperti pengelupasan dan penggelembungan cat dinding.

Menyimpan cadangan cat
Setelah proses pengecatan dinding selesai, pastikan anda menyisihkan dan menyimpan sisa cat untuk proses perbaikan cat dinding dimasa mendatang. Hal tersebut sangat penting sebagai antisipasi ketika proses pembersihan dinding yang dilakukan secara rutin dianggap kurang efektif dan membutuhkan proses pengecatan ulang. Dibawah ini terdapat beberapa tips yang dapat anda coba agar cat cadangan anda tetap awet dan dalam selalu keadaan baik, yaitu :

Menyimpan cat di wadah kedap udara
Anda dapat menyimpan cat pada wadah kaleng aslinya atau memindahkannya kedalam wadah yang memiliki pengaman kedap udara. 

Menyimpan cat pada suhu ruangan normal
Hindari menyimpan di garasi yang cenderung panas atau gudang tertutup yang lembab dan minim ventilasi. Suhu udara yang ekstrim baik panas maupun dingin (lembab) dapat merusak kualitas cat.

Menandai cat dengan label tanggal dan penggunaan ruangan
Hal ini dapat membantu anda mengingat proses pengecatan yang pernah anda lakukan dimasa lampau.

Menggunakan teknik dan Peralatan cat yang tepat
Jika anda menginginkan kesempurnaan hasil pengecatan, tidak ada salahnya anda menyewa tenaga profesional. Hal ini dapat menjamin bahwa dinding anda di cat secara profesional menggunakan cat, peralatan cat, proses persiapan, dan teknik pengecatan terbaik yang dapat anda temui. Setidaknya tenaga profesional yang ahli dapat membantu dinding lebih awet dengan faktor sebagai berikut :

Proses persiapan dinding yang sempurna
Proses persiapan dinding dimulai dari perbaikan dinding hingga pengaplikasian cat primer pada dinding. Hal ini dimaksudkan agar proses finishing cat semakin halus dan merekat lebih kuat.

Menggunakan peralatan yang sesuai dengan fungsi
Proses pengecatan yang tahan lama membutuhkan peralatan yang tepat seperti kuas cat yang tepat dan berkualitas, alat dempul, dan alat semprot cat yang dapat membuat pekerjaan pengecatan semakin efisien. Tenaga profesional hanya menggunakan peralatan yang sesuai sehingga proses pengecatan dapat dilakukan secara sistematis, rapi, dan sekali jalan.

Menggunakan cat yang berkualitas
Tenaga profesional hanya menggunakan cat yang berkualitas tinggi dan jenis cat finishing cat yang tepat untuk menjamin keawetan dan keindahan cat pada setiap dinding ruangan yang terdapat dalam rumah.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »