Warna-Warna Terbaik Untuk Kamar Tidur


Warna-Warna Terbaik Untuk Kamar Tidur


Mencari warna terbaik untuk dinding kamar tidur dapat menjadi pekerjaan yang sulit. Banyaknya pilihan warna yang ada seringkali membuat bingung dalam memilih warna. Terlebih warna-warna tersebut pada dasarnya mencerminkan karakter dan selera penghuninya yang bersifat subyekfif. Sehingga meskipun warna yang dipilih terlihat trendy dan terbaik, namun bisa jadi warna tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan anda.

Sebelum memulai proyek pengecatan, sangat penting untuk menentukan warna yang tepat untuk dinding. Dibawah ini terdapat beberapa panduan umum yang dapat anda gunakan untuk mengambil keputusan dalam memilih warna yang tepat untuk kamar tidur anda.

Warna Untuk Kamar Tidur Utama
Pada umumnya para ahli profesional memiliki aturan baku dalam memilih warna. Namun anda dapat mengesampingkan aturan baku tersebut dan menggantinya dengan pemilihan warna yang sesuai selera anda. Pada dasarnya anda hanya perlu memilih jenis warna (hue) yang anda sukai sesuai selera pribadi anda. Dibawah ini ada beberapa contoh jenis warna yang disesuaikan dengan karakteristik ataupun selera pribadi penghuninya.

Nuansa Klasik
Jika anda menyukai nuansa klasik atau tradisonal, maka warna biru lembut adalah pilihan yang tepat untuk kamar tidur. Selain itu anda juga dapat memilih warna hijau, ungu, atau pink muda.

Nuansa Netral
Nuansa netral adalah nuansa kesederhanaan dan minimalis. Warna netral seperti putih, krem, beige, dan abu muda dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, warna-warna netral tersebut paling mudah dikombinasikan dengan pengecatan motif geometri.

Nuansa Romantis
Jika anda berjiwa romantis maka anda dapat memilih warna-warna yang gelap seperti ungu tua, merah anggur, biru laut, hijau zaitun, atau abu-abu kapur. Warna yang gelap dapat membuat ruangan terkesan dekat dan intim. Untuk itu jika anda memiliki kamar tidur yang berukuran kecil, anda dapat menggunakan warna gelap tersebut sebagai aksen dinding dan warna yang lebih terang untuk keseluruhan dinding.

Nuansa Hangat
Jika anda menyukai kenyamanan, maka warna hangat adalah pilihan yang tepat. Anda dapat memilih warna yang terang maupun gelap tergantung dari ukuran kamar tidur dan prefrensi warna anda. Jika anda menyukai nuansa yang sedikit hangat maka pilihlah warna emas lembut atau kuning gelap. Sedangkan warna merah coklat atau merah anggur juga dapat anda pilih untuk menciptakan kesan hangat dan intim


Warna Terbaik Untuk Tidur
Pada umumnya kamar tidur didesain untuk menunjang ketenangan dan relaksasi. Jika anda mencari nuansa damai dan hening maka warna dingin atau netral adalah pilihan yang tepat dan dapat membuat tidur anda semakin terlelap.

Warna Biru Dingin
Warna biru adalah warna yang umum digunakan untuk kamar tidur. Hal ini disebabkan karena warna biru dapat menciptakan nuansa tenang dan damai

Warna Hijau Lembut
Sebagaimana warna biru, warna hijau seperti sage atau celery mencerminkan nuansa alam yang dapat menciptakan perasaan damai dan santai.

Warna Pastel
Warna pastel lembut seperti lavender dapat menciptakan perasaan damai dan dapat membuat ruangan terasa lebih terang dan lega.

Warna Abu-Abu Biru
Warna gelap pada kamar tidur mungkin terlihat sedikit ekstrim namun dapat memberikan perasaan nyaman dan membuat tidur anda semakin mudah.


Warna Terbaik Untuk Kamar Tidur Anak
Warna untuk kamar tidur anak sebaiknya memiliki nuansa yang ceria, penuh semangat dan mampu menciptakan dan mengembangkan daya kreasi anak. Meski demikian anda harus tetap memperhatikan faktor usia anak karena seiring waktu mereka memiliki preferensi dan selera mereka sendiri terhadap pilihan warna. Dibawah ini ada beberapa panduan yang perlu anda pikirkan sebelum memilih warna untuk kamar tidur anak.

Warna Oranye atau merah Terang
Warna oranye atau merah dapat diaplikasikan untuk kamar tidur dewasa dan juga anak. Warna oranye atau merah termasuk dalam kategori warna hangat yang dapat menciptakan kesan enerjic dan riang.

Warna Biru atau Ungu
Warna biru atau ungu adalah warna favorit untuk anak-anak dan remaja. Selain itu warna tersebut juga dapat menstimulan aktifitas otak dan sesuai dengan kebutuhan edukasi mereka.

Warna Netral
Warna netral adalah pilihan yang tepat untuk anak-anak yang mudah bosan. Selera anak dapat dengan mudah berubah seiring usia mereka. Karena itulah warna netral seperti krem, abu-abu, coklat muda, atau putih adalah jenis warna yang paling mudah dikombinasikan dengan warna lain pada dekorasi atau tempat tidur anak.


Warna Terbaik Untuk Kamar Tidur Yang Kecil
Memilih warna untuk kamar tidur yang berukuran kecil seringkali terasa rumit. Disatu sisi anda tidak ingin terpaku pada warna putih yang monoton dan disisi lain ruangan yang penuh warna dan cenderung tua atau gelap justru dapat membuat ruangan terasa lebih sempit. Dibawah ini ada beberapa tips yang dapat anda praktekan untuk menghindari dua masalah diatas, yaitu :

Memilih Warna Yang Sama Dengan Warna Plafon
Warna yang sama pada dinding dan plafon membuat ruangan terkesan tidak berbatas dan membuat ruangan terasa lebih luas dan lega.

Warna Semu Putih Lembut
Jika anda ingin berpaku pada warna putih, maka berilah sedikit tambahan warna seperti warna hijau, biru, abu-abu, atau pink. Warna-warna tersebut selain menciptakan kesan lapang pada ruangan juga dapat menciptakan nuansa hangat.

Warna Semu Biru Atau Hijau
Sedangkan jika anda menginginkan ruangan yang lebih berwarna, maka anda dapat memilih warna tertentu dengan sedikit tambahan warna biru, hijau, abu-abu, atau pink lavender.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »