Memilih Warna Untuk Trim Dinding


Memilih Warna Untuk Trim Dinding


Trim dinding adalah salah satu elemen penting yang dapat menambah keindahan dinding karena memiliki bentuk dan style yang unik. Selain itu trim dinding juga berperan sebagai aksen warna yang dapat secara dramatis mengubah kesan dan nuansa pada ruangan. Untuk itu, memilih warna untuk trim dinding adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam mendekorasi ruangan. Dibawah ini terdapat beberapa panduan yang dapat membantu anda menemukan warna yang tepat untuk trim dinding rumah anda.

Trim Dinding Warna Putih
Warna putih adalah warna yang umum digunakan karena mampu memberikan nuansa klasik yang dapat dengan mudah dikombinasikan dengan warna-warna lain pada dinding. Baik warna lembut atau warna pekat (gelap) pada dinding, warna putih pada trim dapat menciptakan keseimbangan warna. Warna putih dapat memberikan kombinasi menarik untuk warna lembut pada dinding dan dapat membuat ruangan sedikit lebih terang untuk dinding yang berwarna pekat atau gelap. Warna putih adalah warna yang tidak lekang oleh jaman dan tidak akan pernah membuat anda kecewa.

Warna Trim Yang Sama Dengan Dinding
Jika anda memiliki ruangan yang cukup kecil, maka memilih warna trim dinding yang sama dengan warna keseluruhan dinding adalah pilihan yang tepat. Selain untuk memberi kesan ruangan yang lebih lega, warna yang sama pada trim dan dinding dapat memberikan kesan modern dan tidak bertepi. Namun perlu diperhatikan ketika memilih jenis finishing cat untuk trim dinding.  finishing trim dinding yang terlalu glossy dapat merusak harmoni warna pada trim dan dinding.

Warna Trim Lebih Gelap Atau Tua
Warna gelap atau tua pada trim dapat menjadi pilihan terbaik bagi anda yang menyukai kesan kontras pada dinding. Anda dapat memilih warna yang sama pada dinding namun dengan tingkat shade yang lebih gelap untuk menciptakan kesan kedalaman atau gradasi pada dinding. Sebagai contoh, warna dark mahogany atau coffee brown pada trim dapat memberikan kesan unik pada dinding.

Warna Netral Pada Trim
Warna netral selain warna putih memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh warna putih, yaitu :

Hitam
Hitam adalah salah satu warna netral yang memiliki kesan mencolok. Warna tersebut cocok digunakan untuk crown molding atau bingkai jendela. Idealnya warna hitam dikombinasikan dengan warna putih atau warna cerah pada dinding.

Abu-Abu
Untuk memberikan sentuhan elegan dan berkelas pada ruangan, anda dapat mengkombinasikan warna abu-abu gelap untuk trim dan warna abu-abu yang lebih cerah untuk dinding. Sebagai alternatif, anda juga dapat menggunakan kombinasi warna abu-abu cerah dan putih untuk menghasilkan kesan yang sama.

Krem Coklat atau Beige
Warna krem coklat sangat populer sebagaimana warna putih. Selain itu, warna krem coklat pada trim memiliki variasi kombinasi warna terbanyak selama masih dalam rentang tone warna yang sama dengan warna pada dinding.

Warna Mencolok Untuk Trim
Jika anda merasa bosan dengan warna netral yang monoton, anda dapat mencoba variasi warna yang mencolok untuk trim dinding. Warna mencolok dapat menciptakan kombinasi yang kontras pada ruangan dan sebaiknya anda mempertimbangkan pemilihan warna pada isian ruangan seperti sofa, bantal, dan produk fabric.

Jenis Finishing Cat Terbaik Untuk Trim
Trim dan molding dinding dapat mendefinisikan gaya dan nuansa ruangan. Pemilihan jenis finishing cat (sheen) sangat penting untuk menyeimbangkan tampilan warna pada dinding. Jenis finishing gloss atau semi gloss cukup populer digunakan untuk trim. Jenis finishing tersebut memiliki daya pantul yang cukup dan memiliki ketahanan yang baik terutama untuk ruangan yang sering dilalui.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »