Teknik-Teknik Mengecat Untuk Mempercantik Ruangan

Teknik-Teknik Mengecat Untuk Mempercantik Ruangan


Dalam memake-over ruangan, kebanyakan orang hanya sibuk memikirkan dekorasi furniture, perabotan dan aksesoris. Namun mereka melupakan betapa tampilan dinding dapat memberikan dampak yang sangat besar. Mengecat dinding bukan sekedar menentukan warna cat. Ada beberapa teknik mengecat dinding yang menarik dan dekoratif yang dapat membuat dinding rumah anda terilhat menyenangkan dan atraktif.

Dibawah ini terdapat kumpulan teknik mengecat luar biasa yang dapat membuat dinding terlihat elegan. Tidak peduli apakah anda menginginkan perbaikan minor atau perombakan total, panduan dibawah ini dapat menjadi inspirasi bagi anda untuk mengubah tampilan dinding dengan cepat.

Strie
Strie adalah istilah bahasa Prancis yang bermakna goresan. Pada dasarnya teknik ini adalah teknik weaving yang dapat menciptakan teksur seperti kain. Teknik stire menciptakan garis goresan secara horisontal maupun vertikal yang dapat menambah kesan hangat dan unik pada dinding. Caranya pun cukup mudah, pada lapisan cat yang masih basah disapukan dengan kuas kering secara horisontal maupun vertikal sehingga menyisakan goresan tipis dan halus.

Taped
Pada umumnya painter's tape digunakan untuk menutupi atau membatasi area dinding yang tidak ingin terlapisi oleh cat. Bagi pekerja profesional, painter's tape menjadi salah satu alat yang penting untuk menyempurnakan pekerjaan. Namun ternyata painter's tape juga dapat digunakan unutk menciptakan style pengecatan yang luar biasa. Dengan painter's tape anda dapat membuat pola-pola menarik seperti pola garis, segitiga, atau persegi yang dibuat secara acak dan saling berkaitan. Setelah membuat pola-pola tersebut pada dinding anda dapat mengecat seluruh permukaan dinding dan melepas painter's tape setelah lapisan cat mengering. Dengan demikian anda apat menciptakan pola-pola geometri yang menawan pada dinding.

Color Wash
Color Wash adalah salah satu teknik mengecat yang bagus untuk menambah tekstur dan kesan kedalaman pada ruang keluarga. Color wash menambah tampilan kesan lembut dan hangat dengan menggabungkan dua warna yang membaur. Terlepas dari faktor estetika, teknik ini cukup mudah dan simpel untuk diterapkan. Selain itu cukup ekonomis jika dibandingkan dengan teknik mengecat lainnya. Pada prinsipnya, teknik color wash menggunakan media kain atau spon kering untuk memudarkan lapisan cat pada dinding yang masih basah.

Sponging
Seperti namanya, sponging menggunakan roller busa spon atau busa spon laut untuk menciptakan efek atau tekstur bercak-bercak pada dinding. Teknik ini cukup mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan keterampilan mengecat yang khusus. Selain itu teknik ini dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan tingkat keberhasilan yang tinggi. Pada dasarnya teknik ini dapat dilakukan dengan dua cara. Yaitu dengan membasahi spon dengan cat kemudian menepuk-nepuk spon ke permukaan dinding secara acak. Atau dengan spon kering lalu menepuk-nepuk permukaan dinding yang masih basah oleh cat untuk memudarkan tampilan cat tersebut.

Rag Rolling
Rag Rolling adalah teknik pengecatan menggunakan gulungan atau lipatan kain yang digulingkan ke permukaan dinding sehingga menghasilkan efek tekstur bercak yang lembut. Teknik ini dapat membuat dinding menjadi terlihat menarik dan dapat diaplikasikan pada ruangan manapun. Namun pada umumnya teknik ini diaplikasikan untuk kamar mandi, dimana efek gradasi yang lembut diharapkan dapat membuat ruangan terasa lebih lega. Cara pengerjaannya cukup sederhana, yaitu gulungan kain dilapisi dengan cat kemudian diaplikasikan ke dinding secara vertikal naik turun hingga menutup seluruh permukaan dinding.

Wall Stenciling
Wall stenciling adalah salah satu pilihan terbaik untuk menciptakan kesan mewah pada dinding seperti halnya tampilan  wallpaper. Meski demikian, teknik ini cukup mudah dan sederhana untuk diaplikasikan. Dengan sedikit ketelitian dan kerapian anda dapat menciptakan pola-pola rumit pada dinding dengan murah, cepat, dan mudah. Teknik ini menggunakan pola gambar yang dapat anda beli atau anda buat sendiri. Kemudian pola tersebut ditempelkan ke dinding dengan perekat painter's tape. Kemudian anda cukup mengecat berdasarkan pola tersebut dan sebaiknya pengecatan dilakukan secara tipis untuk menghindari rembesan cat yang dapat merusak pola gambar yang anda buat.

Striping
Striping adalah teknik yang sangat umum dan tidak pernah lekang oleh perubahan jaman. Teknik ini sangat sederhana namun dapat memberikan tampilan segar, elegan, dan berkelas pada dinding. Teknik ini sangat cocok untuk menciptakan nuansa baru pada dinding yang terasa hampa. Ada banyak cara untuk membuat pola striping pada dinding baik berupa garis horisontal, vertikal atau diagonal, pola striping berukuran tebal atau tipis, dan pola striping yang merupakan kombinasi warna yang kontras atau gradasi. Pada umumnya pembuatan pola striping dilakukan dengan menggunakan painter's tape.

Checkerboard
Pada dasarnya teknik ini adalah mengenai bagaimana menambah karakter pada dinding dengan pola persegi. Pola checkerboard (papan catur) dapat mengubah tampilan dinding secara menyeluruh baik dari segi gaya dan nuansa, dan dapat meniadakan kebutuhan dekorasi tambahan lainnya. Ada banyak metode dan cara untuk menciptakan pola checkerboard, baik berupa kombinasi warna netral ataupun warna kontras. Namun pada dasarnya proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan teknik striping atau taped. Anda cukup membuat perencanaan mengenai kombinasi warna atau ukuran pola, kemudian menempelkan painter's tape kedinding sehingga membentuk pola papan catur. Anda dapat menggunakan pensil dan mistar untuk memastikan bahwa pola yang anda buat pada dinding benar-benar persegi.

Polka Dots
Polka dots adalah gaya dekorasi yang menakjubkan untuk dinding rumah anda. Polka dot adalah pilihan favorit sepanjang masa yang tidak pernah pudar kepopulerannya. Pola polka dots dapat membuat ruangan terkesan lebih ceria dan berani namun tidak kekanak-kanakan. Pembuatan pola polka dot pun sangat mudah untuk dilakukan. Pada dasarnya pola polka dots dibuat dengan teknik stenciling dengan pola gambar lingkaran. Anda bisa merencakan mengenai warna, ukuran lingkaran, dan tingkat kerapatan lingkaran pada dinding. Sebaiknya anda juga menggunakan pensil dan mistar untuk memastikan pola polka dot yang anda buat rapi dan simetris.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »