Langkah Prosedur Pengecatan Untuk Hasil Yang Sempurna

Langkah Prosedur Pengecatan Untuk Hasil Yang Sempurna


Meski dapat dilakukan oleh setiap orang, mengecat membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan hasil pengecatan yang maksimal baik dari segi tampilan maupun pemilihan warna. Mengecat juga membutuhkan kreatifitas dan inovasi. Anda dapat mengeksplorasi berbagai macam cara untuk mengoptimalkan proyek pengecatan dan tidak terlalu terpaku pada panduan umum dalam mengecat. Namun para ahli profesional menyarankan langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk memperoleh hasil yang sempurna.

Persiapan Dinding
Selalu membuat persiapan pada permukaan yang hendak dicat. Sikat cat lama dan bersihkan permukaan dari setiap kotoran yang menempel pada dinding. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan tekstur pada dinding tetap rata dan mulus. Selain itu setiap kotoran seperti noda minyak, lemak, debu, tanah, lumut, atau jamur dapat merusak tampilan akhir cat.

Memperhatikan Cuaca
Hindarilah mengecat di musim hujan. Kelembapan yang tinggi di musim hujan dapat memperlambat proses pengeringan cat sehingga tidak efisien dari segi waktu. Mengecatlah di musim panas namun jangan di waktu yang sangat terik. Suhu lingkungan yang terlalu panas membuat cat terlalu cepat mengering dan dapat menimbulkan permasalahan kerusakan pada tampilan cat seperti lepuhan-lepuhan pada dinding.

Menginspeksi Kondisi Dinding Sebelum Pengecatan
Periksalah kondisi dinding sebelum melakukan pengecatan. Dinding baru membutuhkan perlakukan awal sebelum pengecatan untuk mengatasi rembesan mineral alkali. Sedangkan dinding lama biasanya telah mengalami kerusakan baik dari segi struktur dinding maupun tekstur permukaan dinding. Untuk itu perbaikan dinding dari setiap kerusakan atau kecacatan adalah sesuatu yang wajib dilakukan sebelum melakukan pengecatan.

Menggunakan Peralatan dan Cat Yang Berkualitas
Hanya gunakan peralatan cat dan cat yang berkualitas. Meski lebih ekonomis, peralatan cat yang murah rentan rusak dan tidak tahan lama. Hal tersebut dapat membuat pekerjaan anda terhenti ditengah jalan ataupun justru berdampak buruk pada hasil pengecatan anda. Begitupula menggunakan cat yang murah justru berpotensi membebani biaya pengecatan ulang dikemudian hari. Gunakanlah peralatan cat yang murah hanya untuk proyek pekerjaan yang sifatnya sekali pakai atau yang peruntukannya bukan untuk proyek finishing pengecatan.

Menutup Setiap Permukaan Yang Tidak Ingin Dicat
Lindungilah setiap permukaan benda atau isian ruangan yang hendak dicat. Mengecat membutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk menghasilkan pengecatan yang rapi dan bersih. Namun bagi profesional sekalipun percikan atau tetesan cat adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan. Anda dapat menggunakan kain kanvas, koran, plastik, atau kertas khusus untuk melapisi permukaan benda atau lantai. Sedangkan untuk elemen ruangan  yang melekat pada dinding seperti instalasi listrik, lis dinding atau bingkai pintu-jendela anda dapat menutup sisi tepinya dengan menggunakan painter's tape.

Mengaplikasikan Primer
Cat primer adalah bahan pelapis yang digunakan sebelum melakukan pengecatan. Cat primer memiliki fungsi yang sangat vital untuk menyempurnakan hasil pengecatan. Pada umumnya cat primer digunakan untuk menghaluskan tekstur dinding, meningkatkan daya sebar cat, mencerahkan warna, sebagai bahan pelapis waterproof, bahan anti jamur, dan untuk mengatasi rembesan alkali tanah. Penggunaan cat primer dapat diaplikasikan baik pada dinding yang baru maupun lama, terutama setelah dilakukan penambalan dan pendempulan dinding.

Menggunakan Jenis Kuas Yang Tepat
Ada banyak jenis-jenis kuat cat yang dibedakan dari fungsi dan peruntukannya. Memilih jenis kuas cat yang tepat dapat membuat pekerjaan pengecatan menjadi lebih mudah dan cepat. Untuk pengecatan pada tepi atau sudut dinding anda dapat menggunakan jenis kuas angled brush. Anda juga dapat menggunakan paint pad yang dilengkapi dengan roda untuk mengecat tepian antara dinding dan plafon. Sedangkan untuk mengecat keseluruhan dinding anda dapat menyesuaikan kebutuhan dengan berbagai ukuran kuas cat atau menggunakan kuas roll. Anda juga dapat menggunakan kuas cat atau roller bergagang untuk menjangkau area yang tinggi.

Cermat dan Membaca Aturan Pakai
Selalu mengecek dan mengikuti petunjuk pelaksanaan dari setiap produk peralatan dan cat yang anda pakai. Seringkali setiap produk memberikan instruksi detail yang sebaiknya anda perhatikan dan ikuti untuk menyempurnakan hasil pengecatan anda. Sebagai contoh ketika produk cat tidak disarankan untuk dilakukan di cuaca panas yang ekstrim, maka sebaiknya anda menghindari kondisi cuaca tersebut. Selain itu sebaiknya anda juga tidak melewati setiap detail-detail dalam proses pengecatan. Kesalahan atau kecacatan minor dalam pengecatan dapat berdampak besar pada kerusakan tampilan akhir pengecatan dinding.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »