Peralatan Cat Penting Untuk Hasil Yang Sempurna


Peralatan Cat Penting Untuk Hasil Yang Sempurna


Mengecat adalah sebuah karya seni yang membutuhkan keterampilan untuk menghasilkan hasil yang luar biasa. Namun memiliki peralatan cat yang memadai juga tidak kalah penting untuk memperoleh hasil yang optimal. Ada beberapa peralatan cat yang wajib diketahui dan dimiliki oleh para pengecat, terutama pekerja ahli atau profesional. Karena peralatan tersebut pada dasarnya didesain untuk membuat hasil akhir tampilan cat yang sangat halus dan sempurna. Dibawah ini ada beberapa jenis peralatan cat yang sebaiknya anda ketahui dan miliki sebelum melakukan proyek pengecatan.

Long Handled Brush
Long handled brush adalah kuas yang memiliki gagang perpanjangan atau tongkat ekstensi. Alat ini digunakan untuk menjangkau area yang tinggi seperti dinding bagian atas dan plafon. Namun sebaiknya anda menggunakan tongkat ekstensi dengan panjang yang ideal. Tongkat yang terlalu panjang justru membuat anda tidak leluasa untuk bergerak dan boros tenaga.

Brush Comb
Brush comb atau sisir kuas digunakan untuk menyisir dan membersihkan kuas cat bulu. Terutama untuk kuas cat yang baru yang biasanya masih mengandung debu kotoran dan bulu-bulu yang terlepas. Selain itu sisir kuas juga digunakan untuk merapikan dan meluruskan bulu-bulu pada kuas dan membuat kuas selalu dalam keadaan baik.

Drop Cloth
Drop Cloth adalah media untuk melapisi dan melindungi setiap permukaan benda dari noda, percikan, dan tetesan cat. Pada umumnya drop cloth berupa kain kanvas yang digunakan untuk menutupi lantai. Namun anda juga bisa menggunakan media lain seperti koran atau drop cloth khusus berbahan kertas. Hindari menggunakan bahan plastik yang licin atau kain yang mudah rembes air.

Masking atau Painter's Tape
Masking atau painter's tape adalah tape khusus yang digunakan untuk pengecatan. Tape ini digunakan untuk menutup tepi dinding, trim dinding, bingkai jendela, atau untuk membuat pola gambar pada dinding. Tape ini memiliki daya rekat dan kerapatan yang sesuai untuk dinding. Namun sebaiknya anda tidak membiarkan painter's tape menempel dinding lebih dari 24 jam karena dapat melekat kuat dan sulit dilepaskan. Gunakan hot blower untuk melunakan lem dan pisau cutter untuk melepaskan painter's tape secara rapi dan presisi.

Paint Tray
Paint tray adalah nampan cat yang sangat berguna jika anda menggunakan kuas roll. Dengan paint tray anda dapat mengisi kuas roll dengan cat secara merata dan tidak berlebihan. Menggunakan alat ini dapat meminimalisir rembesan atau lelehan cat pada kuas roll sehingga dapat menghemat cat dan waktu anda.

Mixing Bucket
Mixing bucket adalah ember besar yang digunakan untuk menampung cat dari seluruh kaleng-kaleng cat yang hendak digunakan. Cat pabrikan bisa saja memproduksi warna yang berbeda antara satu kaleng dengan kaleng lainnya. Proses produksi dan usia cat turut mempengaruhi perbedaan warna tersebut. Meskipun perbedaan warna nya sangat kecil namun dapat terlihat jelas ketika diaplikasikan ke dinding. Untuk itu dianjurkan untuk menggabungkan seluruh cat yang dimiliki kedalam satu wadah sebelum cat tersebut diaplikasikan ke dinding.

Paint Kettle
Paint kettle adalah ember wadah cat yang digunakan untuk menampung cat selama proses pengecatan. Dari waktu kewaktu cat dalam kaleng mengalami pengendapan material di dasar kaleng. Hal tersebut dapat merusak tampilan akhir jika diaplikasikan ke dinding. Paint kettle dimaksudkan untuk menampung cat yang masih dalam keadaan baik dan tidak terkontaminasi oleh endapan cat.

Bristle Brush
Bristle brush atau sikat bulu adalah sikat yang digunakan untuk membersihkan permukaan dinding dari berbagai kotoran yang mudah terlepas seperti debu, tanah, lumut, atau jamur. Pembersihan dinding dari noda kotoran adalah proses yang wajib dilakukan sebelum melakukan pengecatan pada dinding.

Putty Knive
Putty knive atau scraper adalah alat praktis yang digunakan untuk mengupas lapisan cat yang mengering dan terlepas. Selain itu alat ini juga bisa digunakan untuk meratakan dempul dan plamir pada dinding. Dalam perbaikan dinding sebaiknya anda hanya mengupas lapisan cat pada area yang bermasalah saja. Kemudian anda dapat menambalnya dengan dempul untuk meratakan permukaan dinding.

Stepladders and extension ladders
Stepladders atau extension ladders adalah tangga portabel yang terbuat dari bahan alumunium yang sangat ringan dan kokoh. Tangga ini sangat berguna untuk pengecatan pada area tinggi terutama jika anda tidak memiliki kuas dengan tongkat ekstensi. Sebaiknya anda menggunakan tangga dengan tinggi yang ideal dimana anda dapat berpijak pada anak tangga kedua dari atas. Hal ini dimaksudkan untuk membantu keseimbangan dan mengurangi sebagian beban tubuh dengan cara bersandar pada tangga.

Steel Wool
Steel wool atau sabut baja digunakan untuk membersihkan karat pada permukaan logam. Sabut baja tersebut juga dapat digunakan sebagai amplas untuk menghaluskan permukaan media atau logam yang hendak dicat. Membersihkan dan menghaluskan permukaan bidang adalah faktor penting dalam menghasilkan tampilan akhir cat yang sempurna.

Hammer and Screw Driver
Palu dan Obeng adalah peralatan pertukangan yang wajib dimiliki oleh pengecat profesional. Untuk hasil pengecatan yang sempurna anda harus melepas segala instalasi listrik yang menempel pada dinding seperti stop kontak, saklar, dan dudukan lampu. Sedangkan palu adalah peralatan serba guna yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam proyek pengecatan.

Clean Rags
Clean rags digunakan untuk membersihkan tangan atau peralatan dari noda kotoran dan cat. Alat ini biasanya digunakan selama dan setelah proses pengecatan selesai.

Sanding Block
Sanding block adalah ampas yang memiliki dudukan kubus berbahan busa. Dibandingkan dengan amplas lembaran biasa, amplas jenis ini lebih mudah untuk digenggam dan dapat diaplikasikan pada media berkontur miring atau lengkungan.

Respirator
Respirator adalah alat masker yang membantu pekerja terhindar dari paparan uap cat, debu kotoran, dan partikel lain yang berbahaya bagi kesehatan dan saluran pernafasan. Alat respirator adalah salah satu alat yang wajib digunakan selama pengecatan dan sebaiknya anda hindari penggunaan paper mask yang tidak optimal melindungi kesehatan anda.

Pencil
Jangan lupakan alat tulis seperti pensil yang dapat anda gunakan sebagai penanda atau alat bantu untuk membuat desain pola pada proyek pengecatan anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »