Warna Yang Sebaiknya Anda Hindari Untuk Ruangan Kecil

Warna Yang Sebaiknya Anda Hindari Untuk Ruangan Kecil


Memilih warna untuk ruangan yang sempit bukan sekedar mencari warna yang paling cerah untuk menciptakan kesan yang lebih lapang pada ruangan. Anda tidak hanya dibatasi oleh pemilihan warna pada tingkat kecerahan namun juga pada jenis hue warna yang paling sesuai untuk ruangan. Warna cerah memang dapat memberikan kesan lapang pada ruangan, namun disisi lain dapat memberikan konsekuensi yang kontradiktif dengan hasil yang ingin anda inginkan. Dibawah ini ada panduan yang sebaiknya anda hindari dalam memilih warna untuk ruangan yang sempit

Memilih Warna Putih
Warna putih dianggap menjadi pilihan favorit untuk menciptakan kesan lapang pada ruangan. Hal itu disebabkan karena warna putih mampu memantulkan cahaya dan menerangi setiap sudut yang cenderung lebih gelap. Namun aturan baku memilih warna putih sudah dianggap tidak relevan mengingat banyaknya pilihan warna lain yang bisa digunakan untuk menciptakan kesan lapang pada ruangan.

Warna putih pada ruangan yang sempit dapat membuat ruangan terkesan hambar dan sepi. Meskipun diharapkan dapat membuat ruangan semakin terang dan bercahaya, namun juga dapat berefek sebaliknya terutama pada area bayangan dan sudut dinding yang gelap. Warna putih tetap menjadi pilihan yang menarik terutama digunakan sebagai warna aksen atau trim dinding. Sebagai alternatif, anda dapat memilih warna abu-abu silver untuk menambah kesan elegan pada dinding dan warna putih pada trim untuk mempercantik ruangan.

Memilih Warna Netral Pucat
Warna netral pucat sangat menarik untuk ruangan yang sempit. Meskipun anda tidak dibatasi untuk memilih warna netral, anda akan menyadari bahwa pemilihan warna netral yang tepat dapat menghasilkan kesan ruangan yang lebih luas yang disebabkan oleh kesederhanaannya.

Jangan menganggap semua warna netral bisa diterapkan pada ruangan yang sempit. Warna netral yang terlalu pucat justru dapat membuat ruangan semakin kecil dan gelap. Pilihlah warna netral hangat yang dapat memantulkan cahaya ke seluruh ruangan seperti kuning pucat, oranye pucat, atau krem muda. Lalu kombinasikan dengan warna putih lembut untuk aksen atau trim dinding dengan nuansa terbuka dan sejuk. Selain itu anda juga dapat memilih warna netral untuk perabotan, tirai, dan aksesoris berbahan kain pada ruangan untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.

Memilih Warna Yang Tidak Anda Sukai
Mengetahui jenis-jenis hue warna yang efektif untuk ruangan sempit hanyalah langkah awal dalam pemilihan warna yang terbaik untuk ruangan. Jangan sekedar memilih warna demi mengejar kesan ruangan yang lebih luas. Carilah warna yang dapat membuat ruangan kecil anda terlihat begitu istimewa.

Adakalanya warna favorit anda tidak sesuai dengan kebutuhan warna untuk ruangan sempit yang anda miliki. Namun memilih warna yang tidak anda sukai untuk ruangan yang selalu anda huni justru kontraproduktif dengan usaha anda memperluas kesan ruangan. Sebagai alternatif, anda dapat memilih warna yang anda sukai dengan mengganti tingkat kecerahan agar sesuai dengan kebutuhan. Atau cara lain adalah menggunakan warna netral untuk dinding yang dikombinasikan dengan warna favorit anda sebagai warna aksen atau trim dinding.

Memilih Semu Warna Yang Tidak Sesuai
Ketika anda mendekorasi ruangan kecil, maka setiap inchi ruangan menjadi sangat berarti. Pemilihan warna yang salah dan buruk dapat terlihat dengan sangat mudah karena setiap bagian dinding pada ruangan saling berdekatan, tidak peduli dimana anda berpijak.

Warna semu menjadi jembatan pemisah antara warna yang tepat dengan warna yang salah. Anda harus benar-benar memperhatikan setiap warna yang anda pertimbangkan karena pemilihan warna yang salah seperti warna netral dengan semu pink atau hijau dapat merusak tampilan ruangan kecil anda. Pada umumnya warna netral banyak dipengaruhi oleh warna-warna lain. Untuk itu sebaiknya anda berkonsultasi dengan toko cat untuk membantu mengindentifikasi kombinasi pencampuran warna. Namun mengambil contoh warna dari rumah adalah pilihan terbaik untuk mengetahui komposisi warna yang tersembunyi pada warna netral favorit anda.

Memilih Warna Merah
Warna merah adalah warna yang sangat menarik dan sangat sesuai untuk diaplikasikan pada ruang makan. Namun kenyataannya, semua jenis warna merah benar-benar tidak cocok jika digunakan untuk ruangan yang sempit.

Kesan hangat dan berenergi pada warna merah dapat memanaskan ruangan kecil dan menciptakan perasaan gerah dan tidak nyaman bagi para penghuninya. Namun warna merah tetap menjadi pilihan yang baik untuk aksen atau trim dinding pada ruangan kecil. Jika anda ingin memilih warna merah, pilihlah warna merah kusam atau gelap seperti warna merah karat atau kecoklatan. Dengan begitu anda tetap mendapatkan nuansa hangat pada ruangan namun dengan vibran dan energi yang rendah sehingga anda tetap merasa nyaman dan betah.

Memilih Warna Terang
Sebelum memutuskan untuk memilih warna, pastikan bahwa anda memilih warna yang dapat membuat anda betah tinggal didalamnya. Jangan memilih warna hanya sekedar karena mengikuti tren, gaul, atau tampilan terang menarik. Pilihlah warna dengan tingkat shade (kegelapan) yang mendekati dengan warna paling sesuai dengan kebutuhan anda tersebut.

Warna terang pada dinding dapat terlihat membosankan setelah beberapa tahun lamanya. Sebaiknya anda menggunakan warna terang hanya untuk aksen atau trim dinding, furniture, dan aksesoris ruangan lainnya karena dapat dengan mudah anda ganti warnanya ketika anda menginginkan nuansa baru pada ruangan kecil anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »