Tips Menggunakan Aksen Ruangan Yang Beraneka Warna


Tips Menggunakan Aksen Ruangan Yang Beraneka Warna


Warna aksen telah lama menjadi metode favorit dalam mendesain ruangan. Warna aksen adalah warna spesifik yang menjadi pusat perhatian dari keseluruhan ruang. Pada warna aksen bernuansa berani dan terang. Warna tersebut dapat muncul di berbagai tempat seperti ubin dinding (mozaic), perabotan, hingga bantal sofa. Perpaduan warna aksen dengan keseluruhan ruanga dapat menimbulkan harmoni. Namun anda tidak perlu terpaku pada satu warna aksen, melainkan beberapa warna sekaligus untuk menghasilkan nuansa yang ceria dan penuh warna. Dibawah ini ada petunjuk yang dapat anda pelajari untuk menciptakan ruangan yang penuh warna aksen.

Memilih Warna dengan tingkat kegelapan yang berbeda
Ketika memilih beberapa warna untuk aksen ruangan, anda dapat menggunakan metode yang termudah yaitu memilih kombinasi warna yang sama namun memiliki tingkat kegelapan berbeda. Sebagai contoh anda dapat menggunakan warna oranye untuk aksen dinding dan warna oranye pucat untuk karpet. Dengan metode ini anda dapat memilih secara aman dan dapat mengkombinasi berbagai warna aksen sekehendak hati anda. Anda dapat menciptakan nuansa terang dan tajam ataupun nuansa teduh dan sejuk dimanapun anda ingin menempatkan aksen warna sesuai keinginan anda.

Memilih Warna Yang Kontras dan Saling Berseberangan
Anda juga dapat mengkombinasikan warna yang saling bertolak belakang pada roda warna (wheel color) seperti warna biru dan merah. Selain itu perbedaan tingkat kegelapan atau susunan warna dapat memberikan tambahan variasi style pada ruangan. Namun sebaiknya anda mengkombinasikan warna dengan tingkat shade (kegelapan warna) yang seimbang atau mendekati. Dengan begitu tidak ada warna yang saling mendominasi satu sama lain. Sehingga anda dapat menciptakan harmoni warna yang teduh dan tidak mencolok.

Bereksperimen Dengan Nuansa Pelangi
Jika anda menginginkan warna berbeda lebih dari dua jenis, maka cobalah membuat kombinasi warna pelangi pada ruangan.  Kombinasi warna pelangi pada ruangan yang berwarna netral putih dapat memberikan tampilan fun dan artistik. Salah satu metode untuk menghadirkan seluruh warna yang berbeda adalah dengan memanfaatkan warna pada elemen-elemen dalam ruangan, seperti pernak pernik kamar, alat tulis, rak, meja-kursi, bingkai jendela, ranjang, hiasan dinding, dan lain-lain. Segala atribut-atribut kecil tersebut dapat menjadi indikator bahwa anda sedang mencoba menciptakan nuansa pelangi dengan tampilan yang khusus dan unik.

Memadukan Kompleksitas Warna Pada Atribut Ruangan
Salah satu aturan terbesar dalam keberhasilan menggunakan warna aksen adalah memadukan kompleksitas warna pada atribut atau elemen ruangan. Sebagai contoh jika anda memiliki sprei ranjang berpola batik dan berwarna biru, kuning, dan hijau, maka anda dapat menggunakan warna yang sama untuk dinding ruangan sekaligus. Dengan begitu warna pada sprei ranjang dapat terwakili pada dinding sekaligus menciptakan harmonis warna yang tidak saling mendominasi.

Mengkombinasikan Warna Aksen dengan Warna Pemanis Ruangan
Metode ini adalah metode yang termudah dimana anda cukup memilih satu warna sebagai aksen ruangan kemudian memilih warna lain sebagai pemanis ruangan. Sebagai contoh anda dapat memilih warna oranye terang sebagai aksen ruangan. Kemudian menempatkan elemen warna lain seperti vas dengan bunga berwarna kuning yang dapat menciptakan aksen tambahan pada ruang. Perlu diperhatikan metode dapat berhasil hanya jika anda memilih kombinasi warna pada jenis warna yang sama. Hal ini disebabkan karena warna pada atribut atau elemen pemanis ruangan hanya menyesuaikan warna pada aksen ruangan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »