Menghindari Kesalahan Umum Dalam Renovasi Kamar Mandi


Menghindari Kesalahan Umum Dalam Renovasi Kamar Mandi


Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika memutuskan untuk merenovasi kamar mandi. Kesalahan kecil dalam merenovasi bisa saja menjadi masalah besar dikemudian hari. Selain membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk perbaikan, namun juga membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. 

Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa kamar mandi adalah satu-satunya ruangan yang memperoleh pengaruh lingkungan yang ekstrim. Kamar mandi dapat berubah menjadi sangat lembab dan mengalami perubahan suhu yang ekstrim. Kondisi tersebut sangat rentan terhadap serangan lumut dan jamur, terlebih ketika kamar mandi memiliki saluran ventilasi yang buruk. 

Pada dasarnya kamar mandi bukan hanya digunakan oleh anda, melainkan juga tamu-tamu anda. Kamar mandi yang baik dapat meninggalkan impresi yang baik terhadap keseluruhan rumah. Untuk itu gunakan uang anda dengan bijak dan buatlah perencanaan renovasi kamar mandi yang tepat dan sesuai. Dibawah ini terdapat beberapa kesalahan yang sebaiknya anda hindari.

Desain ruang yang tidak sesuai
Kamar mandi seharusnya memiliki ruang yang cukup untuk membuat nyaman pemakainya. Setiap instalasi yang terpasang sebaiknya tidak mengurangi ruang gerak pengguna. Sebagai contoh, tidak jarang instalasi shower terlalu memaksakan dan mengorbankan ruang kenyamanan. Bukan hanya membatasi gerak namun juga dapat mengganggu fungsi instalasi yang saling tumpang tindih. Untuk itu jika anda hendak merombak kamar mandi, maka buatlah desain dan prioritas yang sesuai dengan kebutuhan anda tanpa mengorbankan kenyamanan.

Kualitas produk atau furniture yang jelek
Tidak sedikit orang yang menyepelekan interior kamar mandi. Meski terlihat bagus dan mewah, produk murah tetap memiliki kualitas yang buruk. Pada umumnya produk murah hanya dilapisi cat krom yang mudah mengelupas dan berkarat. Mungkin anda bermaksud menghemat uang diawal, namun bisa saja anda harus menyisihkan banyak biaya, tenaga, dan waktu untuk perawatan. Terlebih ketika beberapa produk atau furniture mulai rusak termakan oleh usia, maka begitupula tampilan kamar mandi anda secara keseluruhan.

Ventilasi yang tidak sesuai
Mungkin ini adalah kesalahan yang paling umum terjadi ketika renovasi kamar mandi. Pemasangan ventilasi yang tidak tepat pada kamar mandi dapat menimbulkan berbagai masalah. Bukan hanya masalah tumbuhnya lumut dan jamur di kamar mandi, namun juga dapat menimbulkan masalah rembesan air akibat kondensasi pada ruangan sekitar. Pada umumnya kerusakan pada dinding rumah salah satunya disebabkan oleh masalah pada kamar mandi. Sangat dianjurkan untuk menggunakan exhaust fan yang dapat membuang uap air langsung keluar rumah. Exhaust fan tersebut dapat dimodifikasi agar dapat menyala ketika lampu kamar mandi dinyalakan.

Pemasangan ubin dinding yang kurang tepat
Hal ini merupakan salah satu kesalahan yang umum terjadi. Pada umumnya pemasangan ubin lantai membutuhkan dempul yang paling rentan terhadap serangan jamur. Usahakan menggunakan dempul ubin seminimal mungkin dan gunakanlah dempul yang berkualitas. Dempul yang tidak berkualitas mudah retak dan dapat menimbulkan masalah rembesan air pada dinding. Pilihlah warna dempul abu-abu gelap, bukan hanya untuk menambah nilai eksotis namun juga dapat menyembunyikan lumut dan jamur yang tumbuh.

Pemasangan ubin lantai yang kurang tepat
Memilih ubin yang tepat untuk lantai kamar mandi adalah hal yang sangat penting. Tidak sedikit orang yang menyepelekan urusan lantai kamar mandi. Ketika memilih ubin, pilihlah yang memiliki permukaan kasar untuk mencegah slip atau terpleset. Pemilihan material ubin juga sangat penting karena lantai selalu dalam keadaan basah. Selain itu perhatikan juga penggunaan dempul yang berkualitas. Retakan pada dempul atau ubin yang tidak berkualitas dapat menyebabkan kebocoran atau rembesan air pada dinding dan lantai di sekitar kamar mandi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »