Tips Singkat Membersihkan Bekas Noda Pada Perabotan Kayu


Tips Singkat Membersihkan Bekas Noda Pada Perabotan Kayu


Noda kotoran yang membekas pada perabotan kayu dapat disebabkan oleh banyak hal. Sebagai contoh ketika anda mengecat ulang perabotan kayu, anda akan mendapati bekas noda tinta, pewarna, atau cat kuku. Untuk menghilangkan noda dari perabotan kayu tersebut, anda dapat mencoba tips singkat dibawah ini

1. Gunakanlah woodstain dengan warna yang lebih gelap untuk menutupi dan menyamarkan bekas noda yang berwarna lebih terang.

2. Gunakan cairan pemutih untuk membersihkan bekas noda dari bahan pewarna yang mengandung pewarna anilin. Pastikan anda menggunakan sarung tangan dan masker untuk menghindari uap dari cairan pemutih tersebut.

3.  Untuk menyingkirkan bekas noda gelap berbentuk bulatan, keroklah menggunakan amplas kemudian aplikasikan pemutih kayu (oxalic acid) menggunakan sikat sintetis hingga noda tersebut menghilang.

4. Gunakan pisau plastik untuk mengikis noda cat kuku yang menempel pada kayu. Jika noda masih membandel, gunakan kain yang dibasahi air hangat untuk melunakkan cat kuku kemudian kikis menggunakan pisau plastik.

5. Gunakan sabut wol baja untuk mengamplas noda cat kuku. Sabut tersebut cukup kuat untuk mengikis lapisan cat kuku namun cukup aman dan tidak merusak permukaan kayu.

6. Gunakan berbagai alat pembersih seperti sabun cuci piring, baking soda, alcohol, pembersih cat kuku, pasta gigi, cuka, atau pembersih kaca untuk membersihkan noda tinta yang menempel pada kayu.

7. Gunakan larutan baking soda dan pasta gigi untuk membersihkan noda bekas air pada perabotan kayu. Gunakan kapas yang dibasahi dengan larutan tersebut kemudian usapkan pada permukaan yang bermasalah.

Namun perlu diperhatikan sebelum bereksperimen dengan berbagai metode diatas sebaiknya anda melakukan uji coba dengan mengaplikasikan pada area yang tidak mudah terlihat pada perabotan yang hendak anda bersihkan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »