Memahami Perbedaan Antara Produk Primer dengan Cat


Memahami Perbedaan Antara Produk Primer dengan Cat


Mengecat setiap permukaan memiliki dua tujuan. Yaitu meningkatkan daya tarik pada struktur bangunan dan juga sebagai perlindungan pada permukaan struktur bangunan. Sebelum mengecat permukaan, pengaplikasian primer sangat direkomendasikan. Banyak orang bertanya mengapa primer diperlukan atau bisakah mengecat tanpa mengaplikasikan primer terlebih dahulu? Bagi orang awam perbedaan antara primer dengan cat tidak pernah dipahami dan seringkali dianggap sama. Untuk tampilan indah dan tahan lama pada cat, aplikasi primer sebelum mengecat adalah sebuah keharusan.

Sebelum mengecat dinding, sebaiknya anda memahami perbedaan antara primer dengan cat. Primer dan cat adalah dua produk yang berbeda meskipun terlihat sama. Mereka memiliki tujuan, fungsi, dan peruntukan yang berbeda. Dibawah ini ada  beberapa penjelasan mengenai perbedaan antara primer dengan cat.

Primer
primer adalah cat tanpa pigmen yang utamanya terdiri dari resin. Primer didesain untuk menciptakan ikatan yang kuat pada substrate permukaan dan juga sebagai pelapis yang kondusif untuk menerima paparan cat. Primer meresap dan menutup pori-pori permukaan sehingga menghasilkan lapisan dan daya rekat cat yang lebih baik. Primer adalah solusi terbaik untuk meningkatkan daya sebar cat dan mengatasi berbagai penyakit dinding seperti pembusukan dan jamur.  

Primer pada dasarnya tidak mengandung pigmen maupun bahan aditif lainnya sehingga  harga primer lebih murah ketimbang cat. Oleh karena itu primer selalu direkomendasikan untuk diaplikasikan sebagai pelapis awal (undercoat) dinding. Jenis primer yang digunakan menyesuaikan kebutuhan yang disesuaikan dengan permukaan yang hendak dicat. Begitupula jenis cat juga harus menyesuaikan jenis primer yang digunakan. Sebagai contoh primer untuk cat berbasis minyak berbeda dengan primer untuk cat latex. Beberapa jenis primer didesain untuk menghaluskan permukaan atau berfungsi sebagai filler pada dinding batu, beton, atau bata expose. Dibandingkan cat, primer tidak memiliki variasi warna yang banyak.

Cat
Pada dasarnya peruntukan cat sepertihalnya primer, hanya saja memiliki pigmen perwarna. Cat terbuat dari berbagai jenis resin dan menggunakan berbagai macam jenis bahan aditif yang tidak ada dalam primer. Bahan aditif tersebut memiliki berbagai macam fungsi dan tujuan tergantung dari spesifikasi atau fitur cat seperti daya rekat adesi, cepat mengering, ketahanan, anti jamur, dan lain-lain.

Cat memberikan warna dan tampilan gilap pada permukaan. Cat pada intinya adalah produk finishing yang menyedian kemampuan proteksi. Pigmen pada cat juga dapat membantu menutup permukaan. Jika cat diaplikasikan pada  permukaan yang tidak diaplikasikan primer, kemungkinan besar terjadi retakan, pengeluapasan, hingga pengkapuran dalam rentang waktu beberapa bulan. Agar tampilan cat tahan lama, melapisi permukaan dengan primer yang tepat adalah sebuah keharusan. Setelah anda mengetahui perbedaan antara primer dan cat, maka anda dapat menentukan pilihan produk dengan tepat dan bijaksana. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »