Mengenal Trisodium Phospate (TSP) Bahan Pencuci Dinding


Mengenal Trisodium Phospate (TSP) Bahan Pencuci Dinding


Trisodium phospate (TSP) adalah substansi kimia yang biasa digunakan sebagai bahan pembersih. Dikenal juga sebagai Sodium Phospate atau E339. Pada umumnya TSP berbentuk material butiran-butiran kristal yang berwarna putih. Material tersebut mudah larut dalam air dan memproduksi larutan alkalin. Pada awalnya TSP biasa digunakan sebagai bahan mentah pembuatan sabun atau deterjen, namun seiring waktu penggunaan TSP menjadi berkurang karena isu lingkungan. Produk lain yang biasanya mengandung TSP adalah bahan aditif makanan, pembersih noda, dan degreaser.

Pelarut Minyak Oli dan Grease Terbaik
TSP adalah pelarut minyak oli dan grease yang sangat dapat diandalkan. Terlebih jika dikombinasikan dengan bahan surfactan, TS menjadi pembersih terbaik untuk media yang keras maupun lunak.

Diaplikasikan Secara Luas dalam kebutuhan Industri
TSP juga digunakan secara dalam kebutuhan industri sebagai bahan. Pada umumnya digunakan dalam bentuk larutan atau konsentrasi air, yang ketika diaplikasikan ke media logam seperti tembaga, dapat mengurai oksidasi pada tembaga tersebut. Proses ini dapat menyisakan residu, namun mudah dibersihkan dengan bilasan air.

Pemakaian TSP untuk Pra Pengecatan
TSP juga dapat digunakan untuk membersihkan, melarutkan minyak pada dinding yang biasa dilakukan sebelum pengecatan baru. Hal ini disebabkan oleh kemampuan TSP menembus lapisan cat coating dan cat berbasis minyak atau lateks. Ada banyak metode alternatif untuk membersihkan dinding, namun hingga saat ini metode terefektif adalah menggunakan pembersih TSP. Jika menggunakan pembersih TSP untuk mencuci dinding maka proses pengamplasan menjadi tidak diperlukan. Sehingga hal ini dapat menghemat biaya dan waktu.

Membersihkan Endapan, Jamur, dan Kotoran
Pembersih TSP sangat efektif untuk membersihkan endapan kering, lumut, dan noda pada permukaan dinding maupun atap. Untuk aplikasi tuangkan beberapa tetes TSP ke air untuk membuat larutan TSP. Sebaiknya anda menggunakan alat pengaman karena TSP cukup berbahaya bagi kulit dan organ tubuh manusia.

Pada umumnya TSP tidak disarankan untuk penggunaan sebagai pembersih kamar mandi. Hal ini disebabkan karena larutan TSP dapat menodai permukaan logam pada shower atau kran yang dapat menimbulkan karat dan mengurangi usia pakai. Selain itu TSP juga dapat merusak ubin keramik. Sebaiknya anda menggunakan larutan pemutih (bleach) sebagai bahan pembersih di kamar mandi. Dalam kasus yang berat, anda dapat membuat formula pembersih berupa campuran larutan pemutih yang ditambah dengan sedikit bahan TSP.

TSP juga dapat merusak kulit dan organ tubuh lainnya. Dalam kasus ekstrim, dapat menyebabkan luka bakar dan kerusakan pada mata. Sangat dianjurkan untuk menggunakan alat pengaman berupa sarung tangan karet dan masker glass ketika menggunakan bahan TSP. Selain itu pastikan anda selalu membaca aturan pakai ketika menggunakan produk berbahan TSP.

Bahan Alternatif Pengganti Bahan Pembersih TSP
Ada beberapa bahan alternatif pengganti bahan pembersih TSP, yaitu :

Air Perasan Jeruk Lemon
Air perasan jeruk lemon (tanpa campuran air) sangat efektif untuk mengatasi jamur dan noda jamur.

Cuka Putih
Cuka putih sangat efekti untuk menghilangkan sisa lem dan noda jamur. Campuran cuka, borax, dan air hangat dapat menciptakan bahan pembersih yang sangat efektif dan dapat digunakan sebagai pengganti bahan TSP.

Sabun Deterjen
Sabun cuci juga sangat bagus digunakan sebagai pembersih pada berbagai jenis permukaan. Bahan tersebut sangat aman dan mudah digunakan untuk membersihkan setiap area rumah.

Baking Soda
Baking soda adalah pilihan yang sangat tepat untuk membersihkan berbagai jenis permukaan. Dan merupakan bahan alternatif pengganti TSP yang jauh lebih aman. Jika dicampur dengan cuka dan air hangat, baking soda dapat membersihkan berbagai noda membandel. Adonan baking soda yang dicampur air biasa digunakan untuk membersihkan noda membandel pada dinding. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »