Tips Anti Gagal Memilih Warna Cat Dinding


Tips Anti Gagal Memilih Warna Cat Dinding


Sudah umum diketahui bahwa dinding ruangan merupakan bagian yang fundamental dalam setiap desain interior ruangan. Untuk itu pemilihan warna yang tepat untuk dining adalah perkara yang tidak bisa diabaikan. Namun memilih warna yang tepat tidak semudah membayangkannya. Memilih warna menjadi masalah klasik dimana banyak orang awam masih bingung untuk memulai. Dibawah ini ada beberapa panduan dalam memilih warna yang tepat dengan jaminan keberhasilan dan kepraktisan.

Membeli Produk Tekstil Terlebih Dahulu
Produk tekstil seperti gorden, sprei, sofa, kursi busa, karpet, taplak meja, dll, seringkali menjadi bagian dari desain interior ruangan. Namun seringkali produk tekstil tersebut ditempatkan setelah warna dinding dipilih. Hal ini mengakibatkan terbatasnya pilihan warna dinding yang sesuai dengan warna pada produk tekstil. 

Sebaiknya anda menentukan warna untuk produk tekstil terlebih dahulu sehingga warna dinding dapat menyesuaikan. Selain itu, memilih warna untuk dinding jauh lebih mudah ketimbang untuk produk tekstil. Hal ini disebabkan karena pabrikan tekstil memiliki keterbatasan warna produk, sedangkan cat dinding memiliki begitu banyak variasi warna yang bisa dipilih.

Anda bisa memulainya dengan memilih warna pada salah satu produk tekstil yang anda sukai. Pola warna yang bervariasi pada produk tekstil dapat menjadi acuan karena dapat memberikan berbagai pilihan alternatif kombinasi warna yang cocok untuk dinding. 

Menyesuaikan Dengan Ruangan Sebelah
Salah satu kesalahan yang biasa terjadi adalah menjadikan setiap ruangan sebagai pusat perhatian. Mata anda akan menjadi terlalu sibuk dan tidak ada satupun tempat untuk merehatkan pandangan anda. Mungkin anda bermaksud membuat setiap ruangan tampak istimewa dengan style dan tema yang berbeda-beda. Namun sebaiknya anda tetap mempertimbangkan aspek keselarasan antar ruangan pada rumah anda. Dengan begitu setiap ruangan dapat terlihat menyatu dan tidak terlihat asing.

Warna dapat menjadi alat pemersatu setiap elemen dalam ruangan. Sebelum memutuskan untuk memilih warna, pertimbangkanlah terlebih dahulu harmonisasi warna pada interior yang ada pada ruangan tersebut. Terutama untuk ruangan berkonsep terbuka, dampak transisi warna pada setiap bagian ruangan harus menjadi bahan pertimbangan.

Faktor Pencahayaan
Suka atau tidak suka, faktor pencahayaan pada ruangan dapat memberikan pengaruh besar pada tampilan ruangan. Setiap temperatur cahaya dapat memudarkan warna dan seringkali dapat membuat warna menjadi terlihat sangat berbeda di waktu malam atau siang hari. Karena itu, sangat penting untuk memastikan konsistensi warna yang anda inginkan sepanjang siang hari. Anda bisa melakukan sebuah pengujian pengaruh faktor pencahayaan terhadap warna. Caranya cukup mudah namun membutuhkan usaha yang tidak sedikit.

Setelah anda memilih beberapa warna yang anda inginkan, buatlah sampel dengan mengecat sebagian kecil pada tiap-tiap dinding ruangan. Kemudian periksalah warna tersebut hingga kemudian hari. Jika anda senang dengan tampilan warna pada dinding baik dalam pengaruh pencahayaan alami maupun buatan, maka anda bisa memilih warna tersebut untuk mengecat keseluruhan dinding.

Mempertimbangkan Jenis Finishing Cat
Banyak orang hanya berfokus pada warna ketimbang tampilan cat itu sendiri. Finishing adalah komponen lain yang dapat mengubah kesan tampilan akhir pada dinding. Dibawah ini ada beberapa pilihan finishing cat yang sebaiknya anda pertimbangkan sebelum melakukan keputusan akhir.

Flat Finish
Flat Finish adalah jenis cat dengan tampilan yang paling tidak gilap dibanding jenis finish yang lain. Jenis ini akan membuat dinding terlihat modern dan canggih, namun sulit untuk dibersihkan. Karena itulah tidak cocok digunakan untuk dapur dan kamar mandi. 
 
Egg Shell Finish
Jenis finishing ini memiliki gilap yang rendah dan membuat dinding terlihat lebih menarik. Cocok digunakan untuk ruang makan.

Satin Finish
Jenis finishing ini sangat populer dan menjadi pilihan yang tepat untuk ruangan dengan mobilitas tinggi seperti lorong rumah.

Semi-Gloss Finish
Jenis finishing ini membuat dinding terlihat sedikit gilap. Selain itu cukup mudah dibersihkan dan sangat sesuai untuk kamar mandi dan dapur.

High-Gloss FInish
Jenis finishing ini membuat ruangan terlihat gilap dan memantulkan cahaya. Cukup mudah dibersihkan dan lebih tahan terhadap goresan, sangat cocok untuk ruangan dapur dan kamar mandi.

Memilih warna yang tepat adalah salah satu kunci kesuksesan dalam desain interior. Bagaimanapun juga, bagi banyak orang memilih warna menjadi sebuah proses yang sangat sulit. Ada banyak pilihan warna dimana setiap perbedaan kecil pada warna dapat membuat perbedaan yang sangat besar pada tampilan akhir. Namun setidaknya panduan diatas dapat anda gunakan sebagai salah satu refrensi dalam memilih warna yang sempurna setiap waktu.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »