Panduan Mengecat Dinding Semen Beton


Panduan Mengecat Dinding Semen Beton


Bagi sebagian orang mengecat dinding beton lebih sulit dibandingkan mengecat dinding biasa. Sebaiknya anda menyewa tenaga profesional untuk mengecat dinding beton. Namun jika anda cukup familiar dengan pekerjaan pengecatan, anda bisa memulai untuk mencobanya. Mengecat sendiri memang dapat menghemat uang, namun seringkali anda tidak bisa menghindar dari kesalahan dalam pekerjaan. Untuk itu anda bisa bereksperimen dengan mengecat bidang kecil dan jika anda merasa cukup puas maka anda dapat mengecat keseluruhan permukaan.

Ada banyak pertimbangan yang sebaiknya anda pikirkan sebelum mengecat dinding beton. Sangat penting untuk memiliki warna yang tepat dan sesuai dengan dekorasi interior yang anda miliki. Selain itu anda juga harus memastikan bahwa dinding benar-benar tertutup dan kedap dari pengaruh kelembapan. Sebaiknya anda mengaplikasikan cat primer sebelum mengecat dinding beton. Dan pastikan anda mengikuti setiap tahap pengecatan untuk memperoleh hasil yang optimal. Dibawah ini terdapat beberapa tahapan yang sangat membantu anda mengecat dinding beton dan memberikan hasil terbaik.

Mengumpulkan Peralatan Cat Yang dibutuhkan
Langkah pertama dan terpenting dalam mengecat dinding adalah mengumpulkan seluruh peralatan yang hendak digunakan. Anda tidak bisa memulai pekerjaan tanpa membuat persiapan agar tidak mengganggu kelancaran pekerjaan pengecatan. Adapun peralatan yang sebaiknya anda persiapkan adalah kuas roll, sekop kecil, sikat, penyemprot air, cat beton, primer beton, masking tape, plastik lembaran, sealer beton, dempul beton, dan savety gears.

Memilih Cat Beton Yang Sesuai
Sangat penting untuk memilih jenis cat beton yang tepat untuk pekerjaan pengecatan anda. Anda membutuhkan jenis cat yang tahan terhadap panas matahari dan kelembapan air. Jika anda hendak mengecat lantai semen beton anda dapat memilih cat lantai yang banyak tersedia di toko cat. Anda juga bisa memilih cat berbasis minyak atau cat interior berbasis akrilik untuk mengecat lantai semen tersebut.

Membersihkan Dinding
Sangat disarankan untuk membersihkan dinding sebelum melakukan pengecatan dinding beton. Untuk permukaan dinding luar anda dapat menggunakan penyemprot air bertekanan untuk mencuci dinding. Dengan alat tersebut anda dapat menyingkirkan segala kotoran tanah dan debu. Sedangkan untuk dinding interior tidak disarankan menggunakan penyemprot air karena dapat merusak lapisan dinding. Anda bisa menggunakan kain lap atau busa spon untuk membersihkan setiap kotoran atau sarang laba-laba yang menempel.

Memperbaiki Setiap Kecacatan Pada Dinding
Sebelum mengecat dinding beton, sangat penting untuk memperbaiki setiap kecacatan pada beton seperti retakan atau pecahan. Gunakan dempul beton untuk menambal setiap kerusakan tersebut. Ikuti aturan pakai pencampuran dempul beton, tambal, dan bersihkan kelebihan dempul menggunakan sikat plastik. Lakukan hingga anda memperoleh permukaan yang sangat halus dan kecacatan pada dinding menjadi tidak terlihat.

Mengecek Kelembapan dan Rembesan Pada Dinding
Jika anda mengecat dinding beton yang permukaannya tidak tersegel sempurna, maka cat tidak dapat menempel dengan baik pada permukaan dinding. Lakukan pengujian dengan cara membungkus dinding dengan plastik lembaran. Biarkan selama 24 jam kemudian lepaskan plastik tersebut. Periksalah apakah terdapat pengembunan pada permukaan plastik. Jika terdapat pengembunan berarti anda harus mengaplikasikan sealer. Sedangkan jika tidak terjadi pengembunan berarti tembok telah tertutup dengan sempurna dan siap dicat.

Mengaplikasikan Sealer Pada Dinding
Aplikasikan sealer pada dinding dan biarkan mengering selama semalaman. Lakukan pengujian dengan plastik lembaran untuk menentukan apakah pengaplikasian sealer telah berjalan efektif. Anda dapat memperoleh produk sealer di toko bangunan atau toko cat terdekat.

Mengaplikasikan Primer Pada Dinding
Gunakanlah kuas roll atau sikat untuk mengaplikasikan primer pada dinding. Ikutilah petunjuk pemakaian dan lakukan setiap proses dengan benar untuk hasil yang optimal. Biarkan lapisan primer mengering setidaknya selama 24 jam. Anda dapat mengulangi proses tersebut jika dinding dirasa belum tertutup dengan sempurna.

Mengecat Dengan Cat Beton
Lakukanlah pengecatan setidaknya tiga kali lapis. Sebaiknya cat disebarkan ke dinding lalu gunakan kuas roll atau kuas bulu untuk meratakan cat tersebut. Lakukan pengecatan hingga seluruh permukaan tertutup sempurna dan tidak terlihat garis bekas kuas (stroke mark). Biarkan cat mengering setidaknya selama 24 jam.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »