Panduan Mengecat Dengan Menggunakan Kuas Roll


Panduan Mengecat Dengan Menggunakan Kuas Roll


Mengerjakan pengecatan DIY (Do It Your Self) dapat menghemat banyak uang ketimbang menyewa tenaga profesional. Namun tidak jarang pekerjaan tersebut memberikan banyak tantangan, terutama jika anda tidak memiliki pengalaman sama sekali. Untungnya banyak tips, triks, ataupun teknik yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pengecatan dan memberikan hasil yang memuaskan. Dibawa ini ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengecat dinding menggunakna kuas roll

Memilih Kuas Roll Yang Sesuai Kebutuhan
Memilih kuas roll adalah langkah awal kesuksesan pengecatan. Memilih kuas roll yang berkualitas adalah sebuah kepastian, namun memilih ukuran kuas roll tergantung dari jenis dinding dan kebutuhan pengecatan. Bulu pada kuas roll biasanya terbuat dari serat sintetis dengan berbagai ukuran panjang yang disesuaikan dengan tipe permukaan dinding. Semakin panjang bulu pada kuas roll biasanya dapat menampung cat lebih banyak.

Sudah menjadi aturan baku untuk menggunakan kuas roll dengan panjang bulu (nap) 1/4 inchi untuk permukaan yang halus dan datar. Hal ini termasuk pengecatan pada dinding baru, plafon, daun pintu, dan trim. Sedangkan kuas roll dengan ukuran nap 3/8 inchi digunakan untuk pengecatan pada dinding bertekstur halus, dan ukuran nap 1/2 inchi untuk segala jenis permukaan terutama yang memiliki tekstur kasar sedang seperti dinding bertekstur plaster atau beton. Kuas Roll dengan ukuran nap 3/4 inchi sangat cocok untuk permukaan dinding yang bertekstur kasar pada dinding atau plafon. Untuk general purpose anda dapat menggunakan kuas roll dengan ukuran nap 3/8 hingga 1/2 inchi.

Menyingkirkan Serabut Bulu Pada Kuas Roll Yang Masih Baru
Serat bulu yang terlepas pada kuas roll dapat merusak tampilan cat. Sebaiknya anda menyingkirkan serat bulu tersebut menggunakan vaccum cleaner atau tape. Selainkan untuk menyingkirkan serat bulu, proses tersebut juga dimaksudkan untuk mempermulus proses pengecatan pada dinding.

Mengkuas Roll Dengan Pola
Mengecat dinding dengan suatu pola memberikan perbedaan pada tingkat kemudahan dan hasil akhir tampilan cat. Ketika melakukan pengkuasan dengan kuas roll, buatlah pola huruf W atau N. Metode tersebut dapat menjangkau bidang pengecatan yang lebih luas. Untuk hasil yang sempurna, pastikan anda mengisi kuas roll dengan cat secara merata hingga tepi kuas roll (wet edge). Lakukan pengecatan sedekat mungkin dengan tepi dinding seperti trim dinding. Dan sebaiknya anda melakukan pengkuasan roll ketika cat pada sisi tepi dinding masih basah untuk menghindari garis bekas kuas (brush mark)

Pengecatan Bertahap Dengan Area Kecil
Mengecat secara bertahap dengan area kecil tidak hanya mempermudah pekerjaan namun juga meningkatkan kualitas hasil pengecatan. Anda dapat membagi dinding menjadi beberapa bagian, setidaknya dengan ukuran dua atau tiga meter persegi per bagian. Selama pengecatan kuas roll harus selalu dalam keadaan basah. Anda dapat menandainya dengan mendengar suara berdecit pada kuas roll selama proses pengecatan. Jika kuas roll mulai mengering dan tidak terdengar suara berdecit maka anda dapat mengisi ulang kuas roll tersebut dengan cat.

Memegang Kuas Roll Dengan Benar
Kuas roll harus dipegang dengan benar untuk menghasilkan hasil pekerjaan yang terbaik. Terutama jika anda menggunakan tangga besi untuk mengecat dinding yang tinggi. Genggam dengan tangan yang dominan dan tahan dengan paha yang diangkat membentuk siku. Kuas roll sebaiknya dipegang dan diarahkan kedepan untuk memberikan tingkat kendali pengecatan yang sesuai. Jika anda menggunakan tongkat perpanjangan kuas roll, turunkan kebawah lengan dominan anda untuk memberikan kendali lebih dan lengan yang satunya untuk mengatur tingkat tekanan dan pengungkitan kuas roll.

Menggunakan kuas roll seharusnya tidak menyusahkan meskipun anda belum pernah memakainya. Diharapkan tips diatas dapat membuat pekerjaan anda menjadi semakin menyenangkan namun memberikan hasil  seperti tenaga profesional.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »