Faktor-Faktor Penting Memilih Warna Dinding


Faktor-Faktor Penting Memilih Warna Dinding


Memilih warna bukan sekedar mencari warna yang tepat untuk dinding. Memilih warna juga termasuk menentukan tema yang dapat menyatukan setiap elemen dalam desain interior untuk mencapai harmoni dan keselarasan. Cat adalah salah satu metode untuk memberi warna pada sebuah ruangan. Warna dapat juga diciptakan melalui teknik pencahayaan, wallpaper, produk tekstil, kain, furniture, karya seni, hingga aksesoris interior. 

Warna adalah elemen yang pertama kali kita lihat ketika memasuki ruangan, yang dapat membangkitkan perasaan emosi atau nuansa hati. Warna juga dapat memanipulasi persepsi kita terhadap dimensi ruang dalam berbagai cara. Warna dapat membuat ruangan terasa lebih lapang atau sempit. Dan kombinasi warna pada sebuah pola vertikal maupun horisontal dapat membuat ruangan terlihat lebih tinggi atau lebih rendah. Warna dapat memberikan perubahan rasa dan impresi, termasuk perasaan hangat atau sejuk.

Sangat penting untuk memahami berbagai faktor yang dapat membuat sebuah warna menjadi terlihat berbeda. Meniadakan faktor-faktor tersebut dapat menciptakan ketidaksinkronan warna dan membuat proses pemilihan warna menjadi sia-sia. Dibawah ini terdapat beberapa faktor yang sebaiknya anda ketahui sebelum memutuskan untuk memilih warna :

Selera Pribadi Terhadap Warna
Warna pada dinding rumah sebaiknya dapat mencerminkan karakter, kepribadian, dan selera pribadi anda sendiri. Sebaiknya anda membiarkan kata hati anda untuk memilih warna yang paling menarik hati dan menjadikannya sebagai tema warna untuk ruangan.

Sumber Pencahayaan
Pencahayaan dapat merubah warna pada dinding dari waktu kewaktu. Pemilihan warna yang tidak tepat dapat membuat warna terlihat kusam abu-abu, buram kecoklatan, hingga terlihat putih berkabut. Sebaiknya anda melakukan pengujian terhadap warna terutama berkaitan dengan pengaruh pencahayaan alami di siang hari maupun pencahayaan buatan dimalam hari.

Orientasi Ruangan
Arah dan posisi ruangan berkaitan dengan pengaruh pencahayaan yang datang. Terutama yang disebabkan oleh pencahayaan alami di pagi atau sore hari. Sinar matahari yang berwarna kuning keemasan dipagi hari atau kemerahan di sore hari dapat membiaskan warna-warna tertentu pada dinding dan membuat warna tersebut terlihat berbeda dari yang aslinya.

Tekstur Permukaan
Tekstur permukaan pada dinding sangat mempengaruhi tampilan warna cat. Permukaan yang halus cenderung memantulkan cahaya dan dapat membiaskan warna ketika tertimpa cahaya. Sedangkan permukaan yang kasar cenderung lebih menyerap cahaya dan tidak membiaskan warna. Akibatnya, pada permukaan yang halus warna dapat terlihat lebih terang dan sebaliknya pada permukaan yang kasar warna menjadi terlihat lebih gelap.

Elemen Permanen Pada Ruangan Dan Perabotan
Berbagai elemen perabotan seperti almari, kabinet, rak, sofa, meja-kursi, dan elemen permanen seperti lantai, karpet, jendela, atau pintu memiliki warna yang berbeda-beda. Setiap warna pada elemen-elemen tersebut sebaiknya menjadi bagian dari unsur-unsur warna pada tema warna ruangan yang hendak anda buat.

Efek Warna Terhadap Suasana Hati
Warna pada dinding ruangan dapat membangkitkan perasaan dan suasana hati bagi para penghuninya. Untuk itu sebaiknya anda menentukan suasana hati apa yang ingin anda ciptakan pada sebuah ruangan. Masing-masing warna dapat memberikan efek yang berbeda terhadap suasana hati, seperti perasaan rileks (biru), ceria (kuning), romantis (merah), sensual (ungu), dan lain-lain.

Jenis Finishing Cat
Pada umumnya Cat dibedakan berdasarkan tampilan finishing seperti, flat, gloss, semi-gloss, satin, eggshell, dan lain lain. Setiap jenis cat tersebut memiliki tingkat kegilapan dan shiny yang berbeda-beda, dimana sangat mempengaruhi terhadap kemampuan pembiasan pada warna-warna tertentu. Pemilihan jenis finishing cat yang tidak tepat dapat menghasilkan tampilan warna yang berbeda dan tidak sesuai, terutama yang disebabkan oleh pencahayaan alami maupun buatan.

Jenis Warna
Setiap warna memiliki banyak variasi warna turunan yang ditentukan oleh tingkat kegelapan, kecerahan, hingga kepekatan warna. Sangat penting untuk jeli dalam memilih warna yang sangat bervariasi karena dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan suasana hati dan tampilan keseluruhan yang sesuai.

Kombinasi Warna
Sebuah warna dapat terlihat berbeda sama sekali ketika dikombinasikan dengan warna lain pada ruangan. Selain itu penempatan warna, pembentukan pola tertentu, hingga penggunaan warna dominan juga turut mempengaruhi tampilan warna pada dinding secara keseluruhan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »