Tips Membersihkan Noda Kotoran Dan Minyak Pada Dinding


Tips Membersihkan Noda Kotoran Dan Minyak Pada Dinding


Pada dasarnya, membersihkan dinding dari kotoran debu atau sarang laba-laba cukup mudah. Namun untuk membersihkan dinding dari kotoran-kotoran tertentu seperti noda lemak, bekas air, tinta spidol, atau noda krayon, membutuhkan treatment khusus bahkan harus melakukan pengecatan ulang. Dibawah ini ada beberapa tips singkat yang dapat anda coba untuk membersihkan noda yang membandel sebelum anda memutuskan untuk mengecat ulang dinding tersebut.

Lemak Dapur
Noda lemak pada umumnya disebabkan oleh residu asap penggorengan. Jika ruangan dapur tidak memiliki sistem ventilasi yang baik maka noda lemak dapat melekat pada dinding dan kabinet dapur. Untungnya air sabun biasa dapat menghilangkan noda lemak tersebut pada dinding.

Untuk Noda kecil, campurkan 1/4 sendok teh sabun dengan air hangat. Usap dan guyur dengan air bersih kemudian keringkan. Untuk noda membandel gunakan larutan cuka putih yang dicampur dengan air dengan formula 1 banding 2 (cuka putih vs air)

Tumpukan Noda Debu Tanah
Lemak pada kulit biasa menempel pada dinding, kabinet, pintu, bingkai jendela, dan lain-lain. Anda bisa menemukan produk khusus untuk membersihkan dinding atau membuat sendiri dengan formula sebagai berikut :

  • 1 cangkir larutan amonia
  • 1/2 cangkir cuka putih
  • 1/4 baking soda
  • 1 galon air hangat

Campurkan semua larutan diatas dan gunakan spon atau kain untuk membersihkan noda pada dinding. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Noda Krayon
Jika anda kesulitan menemukan produk pembersih dinding, ada beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk memebrsihkan noda krayon. Anda bisa menggunakan pasta gigi, karet penghapus, tisu bayi, atau larutan baking soda.

Noda Spidol Permanen
Noda spidol permanen adalah yang paling sulit untuk dibersihkan. Rendam bola kapas dengan alkohol dan seka pada noda spidol tersebut. Selain itu, anda juga bisa menyemprotnya dengan hairsprayer kemudian menyeka luberan air pada dinding.

Noda Tinta Pena
Tinta pena atau ballpoint biasanya terbuat dari minyak. Biasanya dapat diatasi dengan busa cukur atau pembersih cat kuku. Pastikan ruangan dalam keadaan terbuka ketika menggunakan alat pembersih berbasis minyak.

Noda Jamur Mildew
Mildew adalah jenis jamur yang terbentuk oleh noda sabun dan minyak tubuh. Untuk membersihkan dari dinding semprotkan larutan air cuka dengan komposisi : 1 sendok makan cuka putih untuk seliter air. Atau bisa juga dengan sabun cuci laundry dengan cara mengusapkan air sabun tersebut pada noda jamur kemudian bilas dengan air bersih.

Noda Air/Noda Kapur
Air yang banyak mengandum mineral biasanya menimbulkan noda air pada dinding yang sering terpapar air seperti dapur atau kamar mandi. Untuk membersihkan noda tersebut anda bisa menggunakan larutan pemutih dengan formula secangkir pemutih untuk segalon air. Namun Jika metode diatas gagal anda harus mengecat ulang dinding dengan cat primer yang mengandung anti alkali.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »