Memahami Istilah-Istilah Warna (Hue, Tints, Tones, Shades)

Memahami Istilah-Istilah Warna (Hue, Tints, Tones, Shades)


Istilah-istilah warna (Hue, Tint, Tone, dan Shade) cukup asing bagi orang awam. Padahal istilah atau nama tersebut sangat penting untuk dipahami agar dapat mendefinisikan dan mengidentifikasi warna cat yang hendak dipilih dalam kartu warna.

Warna Hue
Hue adalah jenis atau nama warna yang original dan natural. Hue terdiri dari jenis warna primer dan sekunder seperti Merah, Oranye, Kuning, Hijau, Biru, dan Ungu. Selain itu, hue adalah jenis warna dominan dalam kelompok warna dimana tidak tercampuri oleh unsur warna hitam, putih, atau abu-abu. Dan warna-warna tersebut (abu-abu, hitam dan putih) tidak termasuk dalam warna hue.

Pada umumnya warna hue terdiri dari 12 warna primer-sekunder yang terdapat dalam wheel color. Ketika mencampurkan warna yang spesifik, mulailah dengan mengidentifikasi jenis warna original (hue). Seringkali warna hue yang tertera dalam katalog warna bukan merupakan warna asli melainkan kombinasi warna untuk meniru suatu jenis warna hue. Konsekuensinya adalah warna hue yang tidak akurat dan tidak tercampur dengan sempurna.

Warna Tint
Tint adalah jenis atau nama warna yang tercampur dengan unsur warna putih. Warna tint juga biasa disebut sebagai warna pastel atau warna lembut. Warna tint terlihat lebih cerah namun tidak terlihat lebih terang. Lebih tepatnya warna tint merupakan versi warna pucat pada jenis warna hue. Untuk menciptakan cat berwarna tint cukup dengan menambahkan warna putih pada cat yang berwarna natural (hue). 

Untuk menghasilkan warna pucat (tint), mulailah dengan cat berwarna putih yang kemudian dicampurkan dengan warna original yang anda pilih. Lakukan penambahan warna original secara gradual hingga diperoleh warna yang diinginkan. Kadangkala, penambahan warna putih yang berlebih dapat merusak tampilan warna cat dan membuat warna cat menjadi terlihat jelek dan terkesan pudar.

Warna Tone
Tone adalah jenis atau nama warna yang tercampur dengan unsur warna abu-abu dimana warna abu-abu merupakan kombinasi yang hanya terdiri dari warna hitam dan putih. Warna tone merupakan jenis warna hue yang memiliki kepekatan atau ketajaman yang lebih rendah. Warna tone terlihat lebih keruh atau lebih teduh ketimbang warna originalnya. Pencampuran warna abu-abu yang berlebih membuat warna cat menjadi tampak kusam atau pucat.

Warna abu-abu yang benar adalah warna abu-abu yang terbentuk dari kombinasi warna hitam dan putih. Anda dapat menyimpan bibit warna tone dengan membuat formula campuran warna hitam dan putih dengan tingkat kegelapan yang berbeda semisal abu-abu terang, abu-abu netral, dan abu-abu gelap. Namun perlu diperhatikan, penambahan warna abu-abu (tone) yang berlebih dapat membuat warna original menjadi tambah keruh dan kusam. 

Warna Shade
Shade adalah jenis atau nama warna yang tercampur dengan unsur warna hitam. Berbeda dengan tone, warna shade tidak mengubah level original (hue) hanya saja merupakan versi yang lebih gelap dari warna original tersebut. Warna shade membuat warna original terlihat berwarna tua, berbayang hitam, atau lebih pekat.

Untuk menciptakan warna yang lebih gelap (shade) cukup dengan menambahkan warna hitam pada warna original yang anda inginkan. Mulailah dengan warna original kemudian tuangkan warna hitam secara gradual hingga diperoleh warna yang diinginkan. Sepertihalnya pada penambahan warna abu-abu (tone), penambahan warna hitam yang tidak tepat dapat membuat warna original menjadi terlihat keruh dan kusam.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »