Panduan Menentukan Kombinasi Warna Untuk Dinding Rumah


Panduan Menentukan Kombinasi Warna Untuk Dinding Rumah


Tidak sedikit orang yang kesulitan dalam memilih kombinasi warna yang tepat untuk rumah hunian. Meskipun pada dasarnya pemilihan warna adalah selera dan preferensi masing-masing, anda bisa menggunakan teori baku dalam memilih warna yang sesuai. Dibawah ini ada beberapa panduan dalam menentukan kombinasi yang dapat anda gunakan.

Warna Hangat vs Warna Dingin
Warna hangat seperti kuning, oranye, merah, krem memberikan perasaan nyaman pada ruangan. Warna hangat yang dominan tidak sesuai untuk kamar tidur namun cocok untuk ruangan yang penuh interaksi seperti ruang tengah, ruang makan, ruang santai, dapur, atau kamar tamu. Sedangkan pencahayaan terbaik untuk ruangan hangat adalah pencahayaan putih untuk warna dinding yang muda dan pencahayaan kuning untuk dinding berwarna lebih gelap.

Warna dingin pada dasarnya terinspirasi dari nuansa alam laut, hutan, dan langit. Warna dingin seperti biru, hijau, hitam memberikan nuansa tenang dan damai pada ruangan. Warna tersebut sangat cocok untuk kamar tidur, ruang tengah, atau ruang santai. Pencahayaan alami yang melimpah membuat warna semakin tampak segar. Sedangkan pencahayaan putih di waktu malam hari membuat tingkat kegelapan pada warna dinding menjadi berubah.

Kombinasi Warna Tints, Tones, dan Shades
Tints adalah warna murni yang tercampur oleh unsur warna putih. Pencampuran warna putih menghasilkan warna tints yang lembut, muda, dan sejuk. Warna tints dapat menciptakan kesan ruang lebih luas, lebih leluasa, dan tampak lebih terang meski hanya terpapar sedikit pencahayaan alami.

Sedangkan tones adalah warna murni yang tercampur oleh unsur warna abu-abu. Warna tones termasuk jenis warna yang rumit dan sulit dideskripsikan. Warna tersebut menciptakan kesan formal pada ruangan sehingga sangat cocok untuk ruang kerja atau kantor. Selain itu warna tones membuat ruangan menjadi terasa tenang dan sejuk, sangat cocok untuk ruangan luas dengan pencahayaan alami yang melimpah.

Jika anda ingin membuat kombinasi warna tones, maka kombinasikanlah dengan warna tones pada jenis warna (hue) yang lain atau kombinasikan warna tones dari jenis warna (hue) yang sama. Jangan gunakan warna hitam atau putih sebagai kombinasi warna tones.

Warna shades adalah warna murni yang tercampur oleh unsur warna hitam. Warna shades membuat ruangan menjadi terkesan dalam, kuat, berkarakter, dan misterius. Warna shades sangat cocok untuk ruangan yang lapang dan banyak menerima paparan cahaya alami  seperti ruang tengah, teras, dan lounges. Namun penggunaan warna shades yang terlalu dominan membuat ruangan terlihat sedikit menyolok.

Jika anda ingin membuat kombinasi warha shade, maka kombinasikan dengan warna shade yang lebih terang dari jenis warna (hue) yang lain atau kombinasikan warna shades yang lebih gelap dari jenis warna (hue) yang sama. Jangan kombinasikan warna shades terang dengan warna yang mengandung unsur abu-abu atau hitam 

Kombinasi Warna Berani, Tenang, dan Lembut
Kombinasi warna pada umumnya dikategorikan sebagai berani, tenang, dan lembut. Warna berani merupakan kombinasi warna komplementer. Dalam roda warna ditunjukan dengan warna yang saling berseberangan semisal biru dengan kuning atau hijau dengan merah. Warna berani merupakan percampuran antara warna dingin dan hangat. Selain itu, warna berani menghasilkan kombinasi warna yang kontras dan mencolok. Warna berani memberikan perasaan bersemangat dan membuat ruangan semakin tampak istimewa. Warna berani sangat cocok untuk ruang dapur, ruang tengah, kamar anak, dan ruang bermain.

Kombinasi warna tenang merupakan kombinasi warna yang saling bersebelahan dalam roda warna semisal kuning dengan oranye atau hijau dengan biru. Dalam prakteknya, Kombinasi warna tenang membutuhkan satu warna yang lebih dominan untuk menghasilkan harmonisasi warna. Kombinasi warna ini dapat menciptakan kesan tenang dan damai, sangat cocok diaplikasikan untuk ruang dapur, kamar tidur, dan ruang tengah.

Kombinasi warna lembut atau kombinasi monokrom merupakan kombinasi pada warna (hue) yang sama namun berbeda pada tingkat terangnya (tint) semisal biru tua vs biru muda. Kombinasi warna ini sangat cocok untuk menciptakan nuansa sejuk dan teduh pada ruangan. Kombinasi warna ini memiliki karakter kesederhanaan, elegan, dan kerapian, sangat cocok digunakan untuk ruang dapur atau kamar tidur.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »