Pengaruh Pencahayaan Terhadap Warna Dinding


Pengaruh Pencahayaan Terhadap Warna Dinding


Sudah kita ketahui bahwa warna pada dinding tidak akan selalu sama selama 24 jam. Sebagai contoh, tampilan dan warna pada lantai kayu yang coklat bisa berbeda sama sekali selama siang dan malam hari. Hal ini disebabkan karena dua faktor, yaitu kemampuan sebuah warna untuk menyerap cahaya dan jenis pencahayaan itu sendiri. Warna hitam cenderung menyerap semua jenis warna dan sebaliknya warna putih memantulkan semua jenis warna. Adapun warna biru hanya menyerap warna merah.

Dibawah ini adalah penjelasan bagaimana tingkat pencahayaan mampu mempengaruhi warna cat dinding yang anda pilih agar anda tidak memilih warna cat untuk hunian anda.

Dampak Cahaya Matahari
Pencahayaan alami harus menjadi pertimbangan dalam memilih warna cat dinding. Selain pengaruh intensitas cahaya yang disebabkan oleh perubahan waktu siang-malam, perubahan warna dinding juga dipengaruhi oleh posisi arah mata angin rumah hunian yang berkaitan dengan posisi datangnya sinar matahari.

Ruangan Menghadap Utara
Pencahayaan alami pada ruangan cenderung dingin dan bernuansa biru. Warna yang tajam akan tampil lebih baik ketimbang warna yang lembut (warna pastel). Sedangkan warna terang akan terlihat semakin pucat.

Ruangan Menghadap Selatan
Ruangan yang menghadap selatan mendapakan pencahayaan kuat yang cukup banyak. Sangat cocok untuk dikombinasikan dengan warna yang dingin ataupun hangat. Warna yang gelap akan terlihat lebih terang dan warna yang terang akan terlihat silau dan memantulkan cahaya.

Ruangan Menghadap Timur
Cahaya matahari yang datang dari arah timur cenderung bersifat hangat dan berwarna kuning ketika pagi hari. Dan seiring waktu cahaya matahari tersebut berubah menjadi berwarna biru. Warna yang cocok untuk ruangan ini adalah merah, oranye, atau kuning.

Ruangan Menghadap Barat
Cahaya di sore hari yang menimpa ruangan yang menghadap barat terlihat indah dan hangat. Namun intensitas cahaya yang hanya sedikit dipagi hari membuat warna dinding berbayang dan tampak pucat.

Dampak Cahaya Sinar Lampu
Jenis lampu dapat mempengaruhi perubahan warna pada dinding.

Lampu Bohlam
Lampu Bohlam yang berwarna kuning amber membuat warna merah, oranye, atau kuning pada dinding menjadi semakin tampak jelas, sedangkan warna biru dan hijau menjadi tertutup.

Lampu Fluorescent
Lampu fluorescent yang berwarna putih susu cenderung bersifat datar dan dingin. Warna yang dihasilkan oleh lampu jenis ini meenguatkan warna biru atau hijau pada dinding ruangan.

Lampu Halogen
Lampu Halogen yang berwarna putih terang tidak jauh berbeda dengan cahaya alami dan membuat semua jenis warna semakin tajam. Pemakaian lampu halogen membuat perubahan warna akibat perubahan waktu siang malam menjadi tidak terlalu timpang.

Lampu Led
Lampu led memiliki fitur untuk mengatur jenis warna dan intensitas cahaya. Penggunaan lampu led sebagai penerang ruangan lebih bebas karena mudah untuk disesuaikan dengan warna dinding.


Sebelum memutuskan untuk memilih warna cat, sebaiknya anda melakukan uji coba warna tersebut yang diaplikasikan pada berbagai ruangan atau perbedaan waktu siang-malam. Jenis cat yang memiliki efek shiny juga berpengaruh terhadap pencahayaan. Jenis cat glossy lebih mudah mengubah warna sedangkan jenis cat matte atau flat menampilkan warna yang orisinil pada tingkat pencahayaan yang kuat. Selain itu warna lantai atau karpet juga harus menjadi pertimbangan karena memiliki pengaruh yang sama dengan warna pada dinding.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »