Mengenal Bahaya dan Jenis Jamur Yang Biasa Muncul Pada Rumah


Mengenal Bahaya dan Jenis Jamur Yang Biasa Muncul Pada Rumah


Jamur dapat menjadi beracun dan berbahaya jika mereka tumbuh pada kondisi yang spesifik. Jamur pada umumnya berkembang pada lingkungan yang basah dan gelap. Jamur dapat tumbuh di setiap permukaan pada rumah, kendaraan, kantor, dan setiap ruangan yang dihuni manusia.

Sangat penting untuk mengenali jenis jamur terkait potensi bahaya terhadap kesehatan. Dalam banyak kasus jamur dapat tumbuh tak terkendali sehingga membutuhkan penanganan dari para ahli untuk membasminya. Jamur dapat menjadi sangat beracun atau memiliki efek jangka panjang terhadap kesehatan tergantung jenis dan intensitas paparan jamur. Ada beberapa contoh dampak gangguan kesehatan yang disebabkan oleh paparan jamur, yaitu:

Alergi
Sebagaian orang memiliki kepekaan atau alergi terhadap jamur dan sebagian lain memiliki daya tahan yang lebih baik meski terpapar jamur dalam jangka panjang. Gejala-gejala yang timbul akibat alergi jamur adalah sesak nafas atau dada, batuk bersin, gatal tenggorokan, iritasi mata, iritasi kulit, dan pusing.

Infeksi Jamur
Orang yang memiliki sistem imun yang lemah sangat rentan terhadap resiko penyakit akibat paparan jamrur. Pada kenyataannya jenis orang tersebut berpotensi mengalami masalah serius infeksi paru-paru yang disebabkan oleh jamur.

Gangguan Pernafasan
Sebagai tambahan bahwa jamur buruk bagi kesehatan paru-paru, paparan jamur juga berpotensi menyebabkan gangguan pernafasan. Hal ini termasuk gejala batuk, bersin, dan sesak nafas. Terutama bagi anak-anak yang memiliki riwayat penyakit asma, paparan jamur dapat memperparah dan menimbulkan serangan asma.

Gejala Akut dan Kronis
Beberapa jenis jamur memproduksi mycotoxin, racun berbahaya yang mudah diserap oleh kulit, udara, dan saluran pencernaan. Efek jangka panjang paparan mycotoxin bagi tubuh dapat menyebabkan gejala kronis hingga kematian. Beberapa contoh gejala yang timbul akibat paparan mycotoxic meliputi kanker, kerusakan saraf otak, keguguran, serangan jantung, infeksi paru-paru, dan gangguan imunitas.

Mengatasi serangan jamur cukup sulit. Bukan hanya karena sulit diidentifikasi, namun juga cukup berbahaya untuk ditangani. Jika anda mengalami permasalahan serius berkaitan dengan serangan jamur, sebaiknya anda memanggil tenaga profesional. Pada dasarnya rumah anda mengalami kerusakan serius yang hanya dapat ditangani oleh tenaga profesional. Dan hal tersebut merupakan langkah penting sebelum melakukan renovasi rumah secara keseluruhan guna menghindari potensi bahaya yang dapat menerpa penghuni rumah.


Jenis-Jenis Jamur
Jamur dapat tumbuh dimana-mana. Jamur mendapat perhatian serius karena potensi bahaya yang ditimbulkannya. Tidak banyak orang yang mengetahui seberapa banyak jenis jamur, namun diperkirakan terdapat puluhan hingga ratusan jenis jamur. Beberapa diantara tidak berbahaya bagi kesehatan, namun tidak sedikit yang berpotensi membawa resiko kronis hingga kematian.

Ketika merujuk pada jamur yang biasa tumbuh di rumah, sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis jamur tersebut. Masing-masing memiliki karakteristik, pola pertumbuhan, dan dampak kesehatan yang berbeda-beda. Selain itu juga penting untuk mengetahui habitat pertumbuhan jamur sehingga langkah pencegahan dapat dilakukan. Biasanya jamur mudah tumbuh pada kamar mandi, basement, atap, dan seal jendela. Adapun level bahaya jamur dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Alergenik : Jamur dapat menyebabkan gejala alergi dan reaksi alergi seperti serangan asma
Patogenik : Jamur dapat menyebabkan gangguan kesehatan, penyakit, dan gejala akut.
Toxigenik : Jamur dapat memproduksi racun yang berbahaya bagi kesehatan hingga ancaman kematian


Dibawah ini terdapat beberapa jenis jamur yang biasa ditemui di rumah. Mengenali jenis dan perbedaannya dapat membantu anda mengidentifikasi jenis dan langkah penanganannya

Acremonium
Akremonium adalah jenis jamur beracun dengan tampilan yang selalu berkembang sepanjang waktu. Pada mulanya hanya berupa jamur kecil yang terasa basah dan berubah menjadi serbuk halus. Jamur ini biasanya berwarna pink, abu-abu, oranye, atau putih, dan biasa tumbuh pada perangkat pendingin ruangan, drain pans, dan seal jendela.

Paparan jamur ini sangat berbahaya dan berpotensi menyebakan penyakit organ internal, sumsum tulang, dan sistem kekebalan tubuh. Karena bersifat karsinogen, jamur ini juga dapat menyebabkan gangguan otak. Jamur ini biasanya tumbuh bersama jenis jamur lainnya yaitu strachbotrys yang juga dapat menimbulkan masalah serius pada rumah

Altenaria
Altenaria adalah jamur alergen yang paling umum di dunia. Secara fisik seperti lapisan bludru berwarna hijau gelap atau coklat. Pada umumnya tumbuh pada area yang basah dan lembab. Dalam rumah biasa menjangkiti dinding pada kamar mandi, dapur, atau area lain yang mengalami kebocoran atau rembesan air.

Sepertihalnya jamur alergen, altenaria menyebabkan gangguan asma dan THT. Karena penyebarannya yang cukup cepat, sangat penting untuk mengatasi secara dini sebelum kerusakan pada dinding semakin meluas.

Aspergillus
Aspergillus adalah jenis jamur yang berbentuk bulatan yang seiring waktu membentuk lapisan yang semakin menebal. Jamur ini mudah ditemui di rumah-rumah dan dapat menyebar dengan cepat. Selain itu, jamur ini juga memiliki warna yang sangat bervariasi.

Jamur jenis ini tergolong jamur alergen dan juga beracun tergantung jenis dan kondisi lingkungan. Jamur ini dapat menimbulkan gejala asma, infeksi paru-paru, dan gangguan pernafasan. Beberapa dari jenis jamur ini juga memproduksi aflatoxin yang bersifat karsinogen mematikan.

Aureobasidium
Aureobasidium adalah jenis yang biasa tumbuh dibalik lapisan cat, permukaan kayu atau wallpaper. Pada umumnya jamur ini berwarna pink, coklat, dan hitam. Akibat proses penuaan, warna jamur dapat berubah menjadi coklat kehitaman.

Masalah utama yang ditimbulkan oleh jamur jenis adalah infeksi mata, kulit, dan kuku. Selain itu jamur ini juga berpotensi menyebabkan alergi kulit sehingga sebaiknya anda menghindari kontak langsung ketika proses penanganan.

Chaetomium
Chaetomium umum ditemui di area yang mengalami kebocoran atau rembesan air. Jamur jenis ini berbentuk kapas halus yang seiring waktu berubah warna dari putih, abu-abu, dan coklat. Selain itu jamur jenis ini juga mengeluarkan aroma yang menyengat.

Jamur jenis ini dapat mengakibatkan infeksi kulit dan kuku. Pada beberapa kasus juga dapat memproduksi mycotoxin yang sangat berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh. Karena pertumbuhannya sangat dipengaruhi oleh kelembapan lingkungan, maka sangat penting untuk memperbaiki sumber kerusakan air pada rumah. Selain itu jamur jenis ini juga biasa tumbuh atap, basement, dan pipa bocor. Mengatasi masalah kelembapan lingkungan dapat mencegah pertumbuhan jamur secara cepat.

Cladosporium
Cladosporium adalah jenis jamur alergen yang dapat tumbuh pada lingkingan yang hangat dan dingin. Jamur jenis ini seringkali ditemui pada perabotan kayu dan produk tekstil pada indoor rumah seperti korden, sofa, atau karpet. Jamur ini biasanya berwarna hijau gelap atau coklat dengan tekstur seperti suede.

Jamur jenis ini dapat mengakibatkan reaksi alergi pada mata, hidung, tenggorokan, dan kulit. Paparan jamur jenis ini dapat mengakibatkan iritasi kulit, infeksi paru-paru, asma, dan sinusitis. Meski tidak dikategorikan sebagai jamur beracun, sebaiknya anda menghindari kontak langsung dengan jenis jamur ini.

Mucor
Mucor adalah jenis jamur alergen yang biasa tumbuh pada lapisan cat atau dempul yang tebal. Seringkali berwarna putih atau abu-abu dan tumbuh dengan sangat cepat. Jamur jenis ini mudah ditemui pada dinding yang berdekatan dengan alat pendingin ruangan.

Jamur jenis ini dapat mengakibat gangguan sistem pernafasan seperti asma, sesak nafas, flu, demam, dan meriang. Pada kasus terburuk dapat mengakibatkan infeksi sinus, paru-paru, hingga otak. Selain itu juga dapat menginfeksi hidung dan mata yang berimbas pada gangguan darah, saluran pencernaan, dan ginjal. Sebaiknya anda menyewa jasa profesional untuk mengatasi virus jenis ini atau setidaknya anda membekali diri dengan peralatan safety seperti masker dan sarung tangan. 

Penicillin
Penicillin adalah jenis jamur yang mudah dikenali karena memiliki ciri khas yaitu  berwarna biru atau hijau dan bertekstur seperti bludru. jamur jenis ini seringkali ditemui pada area  kebocoran atau rembesan dan material indoor seperti karpet, wallpaper, dan matras.

Meski dikenal sebagai antibiotik, jamur jenis ini juga dapat menyebabkan gangguan pernafasan akut ketika tumbuh didalam rumah. Spora yang dihasilkan mudah beterbangan dan terhirup oleh penghuni rumah. Jamur jenis ini dapat menyebabkan gangguan asma, sesak nafas, dan sinusitis. Karena jamur jenis ini berkaitan dengan area yang basah atau lembab, sangat penting untuk memperbaiki setiap kebocoroan pada pipa air maupun dinding untuk mencegah penyebaran jamur jenis ini.

Stachybotrys
Stachybotrys juga dikenal sebagai jamur hitam jahat. Jamur ini merupakan jamur beracun yang dapat mengakibatkan reaksi alergi. Biasanya berwarna hijau gelap atau hitam dan memiliki tekstur licin. jamur jenis ini muncul pada area basah dengan tingkat kelembapan tinggi, dan biasa ditemui pada material berbahan dasar kayu.

Jamur jenis ini juga disebut sebagai jamur beracun yang memproduksi mycotoxins yang menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Pada umumnya gejala yang timbul adalah sesak nafas, sinusitis, letih, hingga depresi. Selain itu jamur ini juga dapat menimbulkan sensasi panas pada pernafasan, sesak dada, batuk, mimisan, demam, hingga sakit kepala

Stachybotrys juga dapat menyebabkan gangguan neurologi pada anak-anak dan pendarahan pada kehamilan. Karena itulah sebaiknya anda menjauhkan anak-anak dari paparan jamur jenis ini dan memanggil tenaga profesional untuk menangani jamur tersebut.

Trichoderma
Trichoderma adalah jenis jamur alergen yang memiliki 5 subjenis yang berbeda. Pada umumnya berbentuk bulatan kecil berwarna putih hijau. Jamur jenis ini dapat menyebar dengan cepat membentuk cluster lapisan wool yang memadat seiring waktu. Jamur jenis ini mudah tumbuh pada permukaan yang basah pada wallpaper, karpet, atau produk tekstil. Selain itu juga dapat tumbuh pada sekitar alat pendingan ruangan yang mengalami kondensasi.

Pada umumnya jamur jenis ini tidak bersifat patogenic, namun sebagian lain dapat menyebabkan infeksi paru-paru dan liver. Ketika memproduksi mycotoxins, jamur jenis juga bertindak seperti jamur stachybotrys. Selain itu, jamur jenis ini juga sangat merusak material bangunan pada produk kayu dan tekstil melalui proses pembusukan dan pelapukan. Penanganan jamur jenis ini harus melibatkan tenaga ahli sebelum dapat merusak bangunan lebih lanjut dan menimbulkan gangguan kesehatan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »