Panduan Teknik Pengecatan Efek Marmer


Panduan Teknik Pengecatan Efek Marmer


Marbleizing adalah salah satu teknik pengecatan tiruan yang meniru tampilan dan tekstur marmer. Teknik ini menghasilkan permukaan dinding yang penuh warna dan berserat seperti marmer. Teknik ini sebetulnya tidak sulit untuk dilakukan. Hanya saja butuh sedikit keterampilan dan keberanian dalam berkreasi dengan warna.

Setidaknya, peralatan yang anda butuhkan adalah
1. Cat dinding dengan 3 hingga 5 variasi warna
2. Kuas khusus "Wool pad" (kuas papan yang dibalut bulu wol)
3. Kuas bulu ukuran besar
4. Bulu ayam

Proses Persiapan
Bersihkan dinding dari segala debu, noda dan kotoran.  Permukaan dinding harus dalam keadaan rata dan halus untuk mengoptimalkan hasil pengecatan. Jika perlu anda dapat menggunakan masking/painter tape untuk membatasi bidang dinding yang tidak ingin dicat. Kemudian siapkan 3 hingga 5 warna cat yang hendak anda gunakan. Pilihlah kombinasi warna yang senada untuk menciptakan efek gradasi. Sebagai contoh anda dapat memilih warna hijau army, hijau tua, hijau pudar, kuning, dan warna putih yang diperuntukan untuk menciptakan efek serat marmer. Cucilah bulu wol pada wool pad dengan air hingga merata. Peras dan seka bulu wol untuk menghilangkan sisa-sisa kelebihan air. Sebelum mencuci sebaiknya anda menyisir bulu wol untuk menghilangkan debu kotoran atau bulu-bulu halus yang terlepas.

Proses Pengecatan
Lakukan pengkuasan cat secara miring 45 derajat dengan kuas bulu biasa. Anda tidak perlu menyempurnakan proses pengkuasan, karena semakin random pengkuasan yang anda lakukan maka semakin sempurna hasil akhirnya. Lakukan pengkuasan berikutnya menggunakan warna yang berbeda sehingga diperolehlah permukaan dinding yang penuh degan garis warna gradasi. Anda tidak perlu khawatir dengan warna cat yang saling timpa karena hal itu justru akan memperindah hasil akhir. Anda juga bisa berkreasi dengan menentukan kombinasi warna gradasi atau pola bentuk garis cat yang tidak beraturan. Yang perlu diperhatikan adalah garis cat yang dibentuk sebaiknya tidak saling bersilangan atau berpotongan.

Kemudian kuaskan cat pada permukaan wool pad yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Lakukan pengkuasan dengan menggunakan seluruh warna cat yang anda miliki sehingga diperoleh campuran warna cat pada bulu wol. Gunakanlah wool pad tersebut untuk melakukan finishing dengan cara menepuk-nepuk wool pad mengikuti pola garis cat yang telah anda buat sebelumnya. Proses ini bertujuan untuk menutup setiap celah dan memudarkan garis cat yang saling menimpa sehingga diperoleh gradasi warna yang sempurna. Perlu diperhatikan bahwa seluruh proses tersebut dilakukan ketika cat masih basah sehingga cat dapat membaur dan menyatu secara sempurna. Setelah seluruh permukaan dinding tertutup secara sempurna maka biarkan cat hingga mengering.

Proses Akhir
Campurkan cat warna putih dan air dengan rasio 1 banding 3. Basahi bulu ayam yang telah anda persiapkan sebelumnya dan koyak secara tidak beraturan serat pada bulu ayam tersebut. Celupkan bulu ayam tersebut dan gunakan untuk menggambar efek serat pada dinding. Lakukan pengkuasan secara lembut dan tipis dengan arah dan bentuk yang abstrak untuk meniru bentuk serat pada batu marmer. Gunakan kuas bulu kering untuk memudarkan dan membaurkan garis serat yang anda buat. Biarkan cat mengering sempurna dan anda telah berhasil membuat kesan batu marmer pada dinding.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »