Enam Hal Yang Sebaiknya Anda Putuskan Sebelum Mengecat


Enam Hal Yang Sebaiknya Anda Putuskan Sebelum Mengecat


Memperoleh suasana baru cukup menyenangkan untuk dilakukan. Terutama jika hal ini berkaitan dengan pekerjaan penataan ulang kamar atau rumah anda. Namun perlu diperhatikan bahwa setiap pekerjaan tersebut selalu membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, sebaiknya anda menyisihkan sedikit waktu untuk memikirkan berbagai pertimbangan agar pekerjaan yang  anda lakukan tidaklah sia-sia karena hasilnya tidak sesuai harapan anda sebelumnya. Ada setidaknya enam perkara yang sebaiknya anda putuskan sebelum mengecat kamar, yaitu :

1. Ruangan yang seperti apa yang anda inginkan?
Banyak orang-orang yang tidak berfikir tentang suasana hati yang ingin mereka ciptakan pada sebuah ruangan yang hendak dirombak. Padahal suasana hati adalah perkara yang sangat penting karena menyangkut kenyamanan dan rasa betah.  Bahkan ketika anda hanya sekedar ingin menata ulang kamar. Sebaiknya anda meluangkan waktu untuk memikirkan tentang suasana hati yang terbentuk pada ruangan yang anda tata.

Sebagai contoh, ketika anda menginginkan kamar tidur yang terasa tenang dan hening sebagai oase dari kepenatan hidup, anda akan membayangkan suatu warna yang cerah dan sejuk dipandang seperti hijau atau biru. Sebaliknya warna merah terang atau orange tidak akan membuat anda terasa betah karena warna tersebut cenderung panas dan aktif. 

2. Apakah anda adalah orang yang cepat bosan?
Karakter dan kepribadian anda biasanya tercermin dari cara anda menata ulang sebuah kamar. Untuk itu anda harus memahami dengan betul apa yang sebetulnya anda inginkan untuk kamar anda. Terlebih jika anda merasa mudah bosan atau gemar bekreasi sehingga anda senang untuk melakukan penataan ulang secara berkala. Maka pilihlah warna yang cukup mudah dikombinasikan dengan berbagai perabotan dan pernak-pernik yang anda miliki.

Sebagai contoh mungkin anda dapat memberi warna netral pada dinding seperti putih, abu-abu atau krem coklat. Atau warna lembut seperti pink muda, lavender, biru pucat yang dapat dikombinasikan dengan berbagai perabotan yang biasanya berwarna tajam atau gelap. Kombinasi warna dinding dan perabotan yang sama-sama pekat atau tua sangat tidak dianjurkan karena warna-warna tersebut saling bersaing satu sama lain.

3. Seberapa sering anda menempati ruangan tersebut?
Faktor pencahayaan dapat mempengaruhi tampilan warna pada dinding. Sebagai contoh warna cat pada dinding di pagi hari bisa terlihat berbeda dibanding ketika di sore hari. Bahkan sinar lampu dimalam hari dapat membaurkan warna sehingga tampak berbeda dengan warna yang seharusnya. Karena itulah anda perlu mempertimbangkan warna yang tepat untuk ruangan yang menjadi pusat kehidupan anda. Anda dapat berkunjung ke toko cat untuk mendapatkan sample dan menguji cat tersebut terhadap pengaruh pencahayaan matahari atau sinar lampu.

4. Seberapa luas ruangan tersebut? 
Sebuah ruangan biasanya hanya memiliki satu warna yang menjadi tema utama. Semakin besar sebuah ruangan maka akan semakin dominan pula warna tersebut. Dan semakin dominan sebuah warna maka akan semakin melipatgandakan efek dari kesan atau nuansa sebuah warna. Sehingga warna yang dominan sama pada keseluruhan ruangan dapat menimbulkan perasaan yang terlalu dalam dan justru merusak suasana hati anda.

Pola pikir lama yang menganggap bahwa ruangan kecil tidak bisa dicat dengan warna gelap dianggap sudah usang. Bukan perkara mengenai dampak psikologis dari warna gelap yang cenderung mempersempit ruangan, melainkan mengenai suasana hati dan selera untuk memilih warna gelap. Jika anda menyukai ruangan yang terasa gelap dan nyaman, jangan ragu-ragu untuk memilih warna gelap sebagai warna dominan pada ruangan atau rumah anda.

5. Apakah sudah dilakukan uji coba pengecatan?
Jangan sekali-sekali mengecat tanpa melakukan uji coba hasil tampilan warna cat. Hal ini cukup jelas namun tidak dilakukan oleh setiap orang. Biasanya mereka hanya melihat kartu warna yang dapat mereka jumpai di toko cat. Lalu memilih warna yang mereka sukai padahal warna pada kartu warna tidak selalu sama dengan warna aslinya.

Langkah terbaik untuk menguji sebuah cat adalah mengaplikasikan cat pada berbagai sisi dinding. Terutama berkaitan dengan pengaruh pencahayaan matahari terhadap warna cat seperti di sudut ruangan, dekat jendela, dan sisi atas atau bawah dinding. Begitupula sinar lampu yang menerpa setiap sudut ruangan  menghasilkan tampilan warna yang berbeda-beda. Maka sangat penting untuk memperoleh gambaran akurat mengenai warna yang benar-benar anda inginkan untuk dinding rumah anda.

6. Apakah anda mempunyai anggaran dan alasan untuk mengecat ulang?
Orang-orang yang gemar berkreasi biasanya tidak memiliki kendala dalam mengalokasikan waktu dan biaya untuk memilih warna kesukaan mereka. Jika anda termasuk orang yang demikian, maka pilihlah warna yang tegas dan pekat dan lakukan pengujian warna dengan mengecat bidang tertentu.

Jika anda bermasalah dengan cat pada keseluruhan ruangan dan tidak menyukai tampilannya dari waktu ke waktu, maka ingatlah itu hanyalah sebuah cat yang bisa anda ganti sesuka anda. Pergilah ke toko cat, anda hanya butuh beberapa jam untuk memilih warna dan beberapa hari untuk mengecat ulang ruangan. Anda tidak akan tahu sebelum anda mencoba. Selama anda merasa perlu untuk mengecat ulang, maka lakukan saja.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »