10 Teknik dan Tips Mengecat Langit-Langit


10 Teknik dan Tips Mengecat Langit-Langit


Amplas sebelum pengecatan
Seiring waktu permukaan langit-langit menjadi tidak rata karena kotoran debu, serangga, dan cat yang melapuk. Untuk itu diperlukan proses pengamplasan untuk menghaluskan tekstur permukaan langit-langit. Untuk mempermudah proses pengamplasan anda dapat menggunakan alat amplas khusus yang memiliki gagang dan memang diperuntukan untuk pengamplasan langit-langit atau dinding yang tinggi. Setelah proses pengamplasan, bersihkan debu amplas menggunakan kain atau spon basah.

Gunakan cat primer berkualitas baik
Bukan hanya dinding saja yang perlu diperhatikan melainkan langit-langit juga. Gunakan cat primer yang berkualitas baik yang berfungsi sebagai pelapis dinding langit-langit yang lembab dan basah. Cat tersebut juga berfungsi untuk menutup retakan, noda jamur, dan noda asap pembakaran seperti kompor dan rokok.

Teknik Cut In dan Roll
Lakukan proses pengecatan teknik cut in pada titik pertemuan antara langit-langit dan dinding lalu lakukan pengecatan sisi tengah dengan kuas roll. Lakukan pengecatan kuas roll sesegera mungkin setelah pengecatan cut in agar cat pada sisi tepi dan tengah langit-langit dapat menyatu lebih baik.

Pengecatan ke segala arah
Lakukan pengecatan ke segala arah dan cepat sebelum cat mengering. Hal ini dilakukan untuk mencegah lapisan cat yang menumpuk dan belang. Selain itu pastikan juga bahwa kuas roll basah sempurna oleh cat dan basahi ulang kuas roll sebelum cat pada kuas roll mengering sewaktu pengecatan.

Belilah cat khusus untuk langit-langit
Aturan paling umum adalah menggunakan cat khusus untuk langit-langit. Setidaknya kriteria cat yang anda butuhkan adalah cat yang tidak mudah menggumpal/meluber, lama mengering, dan tampilan flat atau dof. Biasanya cat dinding langit-langit memiliki jenis pigmen yang dapat membuat permukaan semakin terang. Sepertihalnya cat dinding biasa, cat khusus langit-langit juga dapat diberi warna sesuai selera.

Pengecatan menimpa sisi dinding
Jika anda hendak mengecat total langit-langit dan tepi dinding, lakukan teknik cut in pada langit-langit dengan sedikit menimpa pada sisi dinding. Kelebihan cat pada sisi dinding tersebut dapat anda tutupi dengan mengecat dinding setelahnya. Pengecatan cut in tanpa menimpa sisi dinding biasanya menimbulkan penumpukan atau peluberan cat pada tepi dinding dan membuat tepi dinding terlihat bergelombang dan tidak siku

Berkreasi dengan warna
Mengecat langit-langit tidak harus berwarna putih. Anda dapat memilih warna yang lain sesuai selera dan kombinasi warna dinding. Namun perlu diperhatikan warna gelap atau terang pada langit-langit dapat mempengaruhi kesan luas-sempit ruangan kamar.

Optimalkan peralatan cat yang seadanya
Bagi anda yang berbudget terbatas dapat memanfaatkan segala benda yang dapat anda gunakan untuk memodifikasi alat cat anda. Sebagai contoh anda dapat memanfaatkan gagang sapu sebagai pengganti gagang ekstensi kuas roll. Selain lebih ringan gagang sapu tersebut juga lebih murah dibanding membeli peralatan cat yang asli.

Gunakan kuas roll berbulu tebal
Semakin mahal kuas roll maka akan semakin mudah dibersihkan dan digunakan kembali. Idealnya kuas roll yang dipilih adalah kuas roll yang dapat menyerap dan menampung sebanyak mungkin cat.  Pilihlah kuas roll yang tidak mudah merembes atau meluber untuk meminimalisir percikan cat yang tidak diinginkan.

Pengecatan lembut untuk permukaan langit-langit yang berteskstur
Untuk langit-langit yang belum pernah dicat, cairan pada cat dapat merontokan tekstur permukaan pada dinding langit-langit. Lakukan pengujian untuk mengetahui apakah dinding langit-langit cukup kuat untuk menahan lapisan cat. Anda tidak perlu memaksakan diri jika kondisi langit-langit tidak memungkinkan untuk dilakukan proses pengecatan. Sebagai solusi lain mungkin anda dapat menggunakan semprotan kompresor untuk melakukan pengecatan pada langit-langit.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »