Cara Terbaik Membersihkan Kuas Cat


sisir kuas cat antilum


Cara termudah untuk membersihkan kuas cat adalah dengan merendamnya semalaman. Namun perlu diperhatikan merendam kuas cat terlalu lama dapat merusak kuas tersebut. Kayu pada kuas dapat mengembang karena jenuh air kemudian dapat menekan pengait logam pada bulu kuas dan membuatnya terlepas.

Kadangkala, cara terbaik untuk membersihkan kuas adalah dengan tidak membersihkannya. Semisal, jika anda sedang mengecat dan ingin melanjutkan pengecatan besok atau lusa, anda cukup membungkus kuas tersebut dengan kain basah. Kemudian tutup pada wadah yang tertutup rapat untuk menjaga kelembapan cat pada kuas tersebut. 

Alirkan air hangat pada kuas untuk membersihkan sisa-sisa cat yang masih tersisa. Kemudian sisir dengan sisir kuas secara lurus dan biarkan kering sempurna. Kemudian simpan kuas tersebut kedalam wadahnya. Jika kuas bulu menjadi kusut dan lengket di tempat penyimpanan, maka bilas dengan air dan lakukan penyisiran ulang dan biarkan hingga kering. Pastikan tidak ada material benda padat atau cat yang mengeras pada kuas karena dapat merusak kualitas kuas tersebut

Bahkan kuas cat yang berkualitas pun akan berubah setelah beberapa jam pemakaian. Jika anda sedang melakukan pengecatan pada lis dinding, sudut dan tepi dinding, atau membutuhkan pengecatan yang lurus rapi, maka sebaiknya anda tidak menggunakan kuas yang telah terendam air. Sebaiknya anda menggunakan kuas yang benar-benar kering dan kaku. Proses pembersihan kuas diusahakan seminimal mungkin dan dilakukan hanya jika pekerjaan telah selesai atau ingin mengganti warna. 

Bahkan jika anda sedang mengecat warna putih dan ingin mengganti warna lain yang bernuansa putih, anda dapat langsung mengkuasnya tanpa perlu mengganti atau membersihkan kuas tersebut. Mungkin warnanya dapat berubah namun anda dapat menutupinya untuk pengkuasan berikutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »