Memilih Warna Gelap Untuk Dinding Kamar

Memilih Warna Gelap Untuk Dinding Kamar


Saat ini warna gelap sedang naik daun. Dapur, ruang makan, kamar hias, dan kamar lainnya, banyak yang dicat dengan warna yang bernuansa kelam seperti abu-abu, biru laut, dan hitam. Bisa dikatakan bahwa warna ungu tua kelam saat ini sangat populer dan diabadikan sebagai tren warna tahun 2017.

Pemilihan warna tersebut adalah keputusan yang cukup dramatis dan berani. Yang sudah sepantasnya, namun memiliki sisi yang buruk. Warna yang lebih tajam meskipun memberikan kesan hangat dan nyaman, namun disisi lain dapat membuat ruangan terasa kecil dan sempit. Warna tersebut dapat memanaskan ruangan dengan cepat, begitupula warna cat juga dapat memudar dengan cepat. Selain itu warna gelap membuat setiap kecacatan dalam proses pengecatan menjadi terlihat sangat jelas. Sebagai contoh garis bekas kuas atau warna belang sulit tersamarkan pada permukaan dinding yang berwarna tajam dan gelap. Warna gelap juga membuat sulit untuk diperbaiki dan dicat ulang, terutama jika anda menginginkan warna yang lebih terang sebagai gantinya.

Tentu saja warna gelap dan tajam juga memiliki berbagai sisi positif. Dan sebaiknya anda tidak terlalu terpaku hanya pada sisi negatifnya saja. Pada dasarnya semua ini hanyalah pengecatan saja. Bukan merupakan langkah krusial dan beresiko besar. Dan anda masih memiliki berbagai pilihan untuk kembali dan ada banyak cara untuk mengatasi berbagai sisi negatif tersebut

Berikut adalah tips untuk dekorasi dengan warna yang gelap dari desainer ahli internasional

Ukuran tidaklah penting
Jangan biarkan ukuran kamar mempengaruhi anda untuk memilih warna yang gelap dan berani. Warna biru kelam pada tepi dinding menciptakan ilusi dan kesan luas yang tidak terbatas. Anda dapat memadukan warna tersebut dengan warna gelap pada dinding dan warna terang pada perabotan untuk menciptakan suasana yang penuh harmoni.

Buatlah aksen untuk menciptakan kesan dimensi

Warna seringkali menipu mata dan membuat ruangan tampak lebih besar atau lebih kecil. Tidak peduli apakah anda mewarnai kursi atau bantal kursi, pilihlah beberapa warna yang terang untuk aksen dinding gelap anda. Hal itu dapat memfokuskan pandangan anda kedepan dan membuat dinding terkesan menghilang selayaknya backdrop

Warnai trim dinding jika plafon anda cukup rendah

Jika anda memiliki kamar dengan plafon yang rendah, berilah warna yang sama pada trim dan dinding anda. Hal itu dapat menghilangkan keberadaan trim dinding dan membuat plafon terkesan lebih tinggi. Anda juga dapat meletakan cermin yang berseberangan dengan dinding untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih dalam.

Mulailah dari yang kecil

Jika anda tertarik dengan warna, maka mulailah dari yang kecil. Warna gelap dan mencolok yang diaplikasikan pada satu-satunya kamar dan yang berukuran kecil membuat kamar tersebut menjadi pusat perhatian dari seluruh kamar yang ada pada rumah anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »