Teknik Cut In Untuk Pengecatan Tepi Dinding

Teknik Cut In Untuk Pengecatan Tepi Dinding


Ketika anda mengecat dinding, seringkali anda kesulitan untuk mengecat tepi atau sudut dinding secara rapi dan bersih. Dibawah ini ada metode yang dapat digunakan untuk mengecat tepi dinding tanpa menggunakan alat bantu seperti painter's tape. Mungkin setiap orang memiliki cara dan preferensi masing-masing, namun metode dibawah ini mungkin dapat bermanfaat untuk anda.

Sebelum memulai proses pengecatan, pastikan anda memiliki kuas berkualitas. Pilihlah kuas model angled brush yang memiliki ujung kuas yang miring rata. Sedangkan ukuran kuas yang sebaiknya dipakai adalah 2 inchi. Kuas jenis ini memang didesain untuk pengecatan pada tepi atau sudut dinding.

Selain itu, gunakanlah nampan atau wadah untuk menuangkan cat. Pastikan nampan tersebut memiliki sisi datar yang dapat anda manfaatkan untuk menyeka kelebihan cat pada kuas anda. Dan sebaiknya anda hanya mengisi cat pada wadah tersebut sebanyak separuh wadah agar cat tidak meluber dan mengotori kuas ataupun lantai anda

Maka anda telah siap untuk mengecat, adapun langkah-langkah yang sebaiknya anda ikuti adalah :

1. Celupkan separuh kuas anda kedalam wadah cat kemudian seka sisi belakang kuas sehingga cat yang menempel pada kuas hanya ada pada sisi depan saja.
2. Sapukan kuas secara pendek dan menurun dengan jarak beberapa cm dari tepi plafon. Pengkuasan ini dimaksudkan untuk menampung cat pada dinding.
3. Ulangi pengkuasan tersebut sepanjang tepi plafon, namun perlu diperhatikan agar cat tidak lekas mengering.
4. Kuaskan secara horisontal sepanjang beberapa inchi pada tepi dinding secara secara perlahan. Namun perlu diperhatikan posisi kuas tetap mengarah keatas dan pengkuasan hanya dengan menggunakan ujung kuas saja.
5. Kemudian sapukan secara halus dengan arah menurun (teknik feathered paint) untuk merapikan lapisan cat yang telah anda berikan.
6. Ulangi langkah-langkah diatas jika anda merasa pengecatan pada tepi dinding kurang tebal dan jelas.
7. Beri sedikit penekanan pada kuas untuk menyerap cat yang berlebih pada dinding. Lakukan dengan perlahan dan tenang pada tepi dinding kemudian sapukan secara tipis dengan arah menurun.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »