Tips Mengecat Aksen Dinding Rumah

Tips Mengecat Aksen Dinding Rumah


Mengecat setiap dinding rumah dengan warna yang berbeda mungkin terlihat ekstrim. Namun mengecat keseluruhan dinding dengan warna yang sama membuat dinding tersebut nampak pucat. Saat ini mengecat aksen dinding sangat populer dikalangan desainer interior. Aksen dinding dapat menserasikan dekorasi, lampu hias, perabotan, dan karya seni anda. Dimana semua hal tersebut dapat meningkatkan karakter diri anda pada rumah atau kantor.

Jika anda mengerjakan secara mandiri, mungkin anda tidak tahu darimana harus memulai. Karena itulah tips dibawah ini diharapkan dapat membantu anda untuk menciptakan aksen dinding yang sempurna, menarik, dan sesuai dengan selera anda.

Memilih Jenis Cat

Anda dapat memilih cat dengan tampilan gilap yang berbeda dan jenis cat minyak atau cat lateks (waterbased). Kebanyakan orang lebih suka memilih cat lateks karena lebih mudah dibersihkan ketika mengotori tangan ataupun lantai. Selain itu pengecatan ulang pada dinding bercat lateks lebih mudah dilakukan terlebih jika menggunakan warna yang berbeda. Sedangkan cat minyak sangat lengket ditangan dan membutuhkan terpentin atau alkohol untuk membersihkannya. Cat minyak sangat cocok digunakan untuk trim dinding atau baseboard meskipun anda juga dapat menggunakan cat lateks. Cat minyak juga mengering lebih lama sehingga anda harus lebih bersabar untuk melakukan pengecatan lapis kedua atau ketiga.

Tampilan Gilap Pada Cat
Ketika memilih cat dengan karakteristik gilap, perhatikanlah kondisi dinding anda. Cat yang gilap dapat menampilkan detail yang tidak diinginkan pada dinding seperti retak atau permukaan tidak rata. Sedangkan cat "flat paint" lebih baik dalam menyembunyikan kecacatan pada dinding, namun lebih sulit untuk dibersihkan.

Jika anda ingin mengecat aksen dinding pada kamar mandi, gunakanlah cat semi gloss karena dapat menolak air lebih baik. Selain itu cat semi gloss juga mudah untuk dibersihkan. Anda cukup menggunakan lap basah atau spon untuk membersihkan kotoran yang melekan. Cat semi gloss atau high gloss tidak direkomendasikan untuk ruang tidur atau ruang keluarga, namun sangat cocok untuk kamar mandi dan dapur

Memilih Warna Cat
Memilih warna aksen dinding yang tepat dapat menambah sentuhan kreatif pada ruangan dan membuat tampak indah. Namun memilih warna yang salah dapat membuyarkan usaha anda dan mengacaukan tampilan keseluruhan ruangan.

Ketika memilh warna untuk aksen dinding, pilihlah warna yang kontras. Selain itu perhatikan pula warna dekorasi yang anda gunakan. Memilih warna yang sama pada bingkai jendela, bantal hias, atau hiasan dinding, dapat memberikan sentuhan dan pilihan warna yang baik untuk aksen dinding anda. Setidaknya anda perlu memastikan bahwa anda tidak akan mengganti berbagai atribut diatas minimal 6 bulan atau anda harus mengulang dari awal kembali. Selain itu anda juga perlu memperhatikan tingkat pencahayaan dan ukuran ruangan. Hindari warna gelap untuk ruangan yang kecil atau remang-remang karena dapat membuat ruangan terasa semakin sempit dan suram.

Metode Pengecatan
Ketika anda ingin mengecat aksen dinding, anda dapat menggunakan dua metode yaitu kuas roll atau penyemprot cat. Kuas roll lebih murah dan lebih mudah dibersihkan, namun proses pengerjaannya seringkali tidak rapi dan kotor terutama karena banyaknya lelehan atau percikan sewaktu pengecatan. Selain itu kuas roll tidak membutuhkan energi listrik namun membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk pengecatan. Sedangkan penyemprot cat cukup mahal harganya dan membutuhkan energi listrik. Tidak semua jenis cat dapat diaplikasikan dengan alat ini. Namun proses pengecatan dapat dilakukan secara cepat, rapi dan bersih. Selain itu penyemprot cat cukup mudah digunakan dan tidak membutuhkan usaha yang banyak.

Membuat Kreasi Pada Aksen Dinding
Ada beberapa jenis teknik mengecat artistik yang dapat anda gunakan untuk menambah style dan pola pada permukaan dinding, yaitu :

1. Pola Bergaris
Untuk tampilan moderen, anda dapat mengecat dinding dengan pola bergaris. Anda dapat membuat garis horisontal yang cukup lebar atau dengan garis vertikal. Cukup tempelkan painters tape sebagai pembatas dan aplikasikan cat yang berbeda warna dengan warna dinding. Pastikan penempelan painters tape cukup rapat untuk menghasilkan tepi garis yang sempurna.

2. Dua Warna
Untuk tampilan warna yang lebih menarik gunakan dua warna cat yang berbeda yang diaplikasikan pada sisi dinding bagian bawah dan bagian atas. Anda juga dapat menggunakan painters tape sebagai pembatas.

3. Stensil
Stensil memberikan tampilan dinding yang klasik maupun modern, tergantung dari pola stensil yang anda gunakan. Setidaknya anda membutuhkan pola stensil, painters tape, kuas stensil,  dan kertas tisu atau kain lap. Tempelkan pola stensil pada dinding dan pastikan menempel dengan rapat pada tepi atau sudut polanya. kuaskan cat dan seka kelebihan cat dengan kertas tisu. Dan ulangi proses pengecatan untuk hasil yang sempurna.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »