5 Alasan Mengapa Mengecat Dinding Bata Sebaiknya Tidak Dilakukan


5 Alasan Mengapa Mengecat Dinding Bata Sebaiknya Tidak Dilakukan


Saat ini tidak sedikit orang yang menggunakan bata sebagai dinding atau aksen dinding. Banyak yang berfikir untuk mengecat bata ekspose agar memperoleh tampilan yang menarik dan lebih bersinar. Hal itu memang dapat dilakukan namun sebetulnya bukan perkara yang sederhana. Ada resiko yang besar yang mungkin saja dapat membuat anda menyesal di kemudian hari. Dibawah ini ada beberapa alasan mengapa anda sebaiknya tidak mengecat dinding bata ekspose, yaitu :

1. Bata Butuh bernafas
Pada dasarnya bata butuh bernafas. Bata memiliki pori-pori yang lebih besar dan renggang dibanding media dinding lainnya. Dalam keadaan normal bata dapat menyerap air kemudian melepaskannya ke udara sebagai uap air. Ketika bata dilapisi cat maka air tidak akan terlepas ke udara. Air yang terjebak didalam bata dapat menciptakan kelembapan dan dapat membuat bata menjadi lapuk dan terkikis.

2. Rumah anda rawan ambruk
Pelapukan pada bata adalah masalah serius yang harus anda perhatikan. Mungkin dari luar dinding bata anda terlihat baik-baik saja. Namun tanpa disadari bahwa pelapukan pada bata terjadi dari dalam dan kemudian dapat merembet pada lapisan semen yang mengikat susunan bata tersebut. Hal ini tentu saja sangat berbahaya karena pelapukan pada bata dan lapisan semen dapat mengurangi kekuatan dari struktur dinding rumah anda.

3. Dapat Terlihat Buruk Dengan Cepat
Pengecatan pada bata justru dapat mengurangi daya tarik atau penampilan dinding anda. Sebagaimana bata yang dapat termakan usia dan melapuk, maka begitupula lapisan cat yang menempel diatasnya dapat terkikis dan terkelupas. Tentu saja ini hal ini menjadi perhatian serius terlebih jika dinding bata tersebut anda gunakan sebagai aksen dinding ataupun fasade rumah

4. Tidak Ada Nilai Historis Pada Rumah
Mengecat bata ekspose juga dapat mengurangi nilai histori dari bangunan rumah anda. Pada dasarnya dinding bata memiliki tampilan yang khas dan eksotis. Mengecat dengan warna baru diatasnya dapat menghilangkan kesan-kesan tersebut. Mungkin anda dapat memperoleh suasana baru dan tampilan yang lebih segar, namun disisi lain anda telah kehilangan kenangan dan nostalgia yang anda miliki bersama rumah kesayangan anda dimasa lalu .

5. Sulit Menghapus Cat Yang Menempel
Sulit untuk menghilangkan lapisan cat yang telah menempel. Alih-alih ingin mengembalikan tampilan natural pada dinding bata anda, dinding bata anda justru berpotensi pecah dan terkikis. Selain itu penyemprotan air atau pengamplasan untuk pembersihan cat juga dapat merusak dinding bata. Maka satu-satunya cara adalah menggunakan larutan kimia untuk menghapus lapisan cat yang menempel

Artikel Terkait

Previous
Next Post »