Cara Agar Cat Tembok Interior Tahan Lama


Cara Agar Cat Tembok Interior Tahan Lama


Ketika anda mengecat sebuah ruangan, anda akan berfikir berapa lama cat tersebut dapat bertahan. Disisi lain usia cat tembok interior sangat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Dengan memperhatikan berbagai faktor tersebut maka anda dapat memperpanjang usia cat tembok anda. Dibawah ini ada beberapa tips atau panduan yang dapat anda coba agar cat dinding interior rumah anda tetap awet dan selalu dalam keadaan prima.

Hanya Menggunakan Cat Yang Berkualitas
Ketika memilih cat yang tepat untuk dinding interior, jangan sekedar memilih warna yang tepat melainkan juga memilih cat yang berkualitas. Cat yang berkualitas dapat menjamin usia cat yang lebih lama dan lebih tahan terhadap pemudaran warna akibat paparan sinar matahari. Meski cat yang berkualitas memiliki harga yang lebih mahal, namun untuk penggunaan jangka panjang cat yang berkualitas dapat menghemat uang anda dari biaya perawatan maupun biaya pengecatan ulang. Setidaknya cat yang berkualitas memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut :

1. Perlindungan Dasar Dinding
Cat berkualitas tinggi memiliki ketebalan yang cukup untuk melindungi dinding sehingga terlihat selalu baik sepanjang tahun

2. Tingkat Pigmen yang lebih tinggi
Cat berkualitas tinggi memiliki kandungan pigmen yang lebih tinggi ketimbang cat yang berkualitas kurang. Kandungan pigmen tersebut dapat mempercerah warna dan memberikan sedikit tampilan gilap. Selain itu cat yang berkualitas dapat menghemat penggunaan cat karena memiliki daya tutup yang lebih baik.

3. Dapat Dicuci dan Dibersihkan
Cat berkualitas tinggi memiliki ketahanan terhadap gosokan sehingga noda gesekan, noda sidik jari, dan noda partikel masakan dapat dibersihkan dengan mudah dengan cara menyapu atau mengusapnya.

4. Melindungi dari Bau dan Noda Makanan
Cat berkualitas tinggi dapat menahan bau dan noda makanan sehingga dapat memberikan nuansa segar pada ruangan.

5. Tahan Lama
Cat berkualitas memiliki daya rekat yang lebih baik dan tahan terhadap masalah dinding seperti serangan jamur, lumut, pecahan, retakan, dan lepuhan cat.

6. Menutup Kecacatan Pada Dinding
Cat yang berkualitas dapat menutupi setiap kecacatan pada permukaan dinding. Hal ini disebabkan karena cat yang berkualitas memiliki tekstur yang lebih solid dan lebih glosy ketimbang cat yang biasa.

7. Tampilan Lebih Segar dan Bersih
Cat yang berkualitas dapat memberikan tampilan yang lebih segar dan bersih pada ruangan meski telah melewati usia beberapa tahun.

Perawatan dan Pemeliharaan Terhadap Cat Dinding Interior
Setelah mengeluarkan waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk pengecatan dinding, maka langkah selanjutnya adalah menjaga agar tampilan cat selalu dalam keadaan baik dan terlihat baru sepanjang tahun. Dengan mengikuti beberapa tips pemeliharaan dibawah, dinding rumah anda akan terlihat sempurna meski telah memasuki usia tahunan.

1. Membersihkan Dinding
Membersihkan ruangan bukan sekedar membersihkan lantai dan perabotan, melainkan juga membersihkan dinding. Tidak ada salahnya anda menyapu atau mengelap dinding terutama pada pada ruangan yang sering dilalui seperti dapur atau kamar mandi. Perhatikan pula area dinding yang tertutup oleh isian ruangan seperti area dibelakang tv, sofa, bathup, atau kulkas. Setidaknya area-area tersebut dibersihkan setahun sekali dengan pembersihan yang ringan. Cobalah menggunakan spon alami yang dibasahi dengan air dan sabun non abrasif, lalu usapkan pada dinding dan lap hingga kering.

2. Menyapu Dinding
Endapan debu atau kotoran yang menempel pada dinding dapat memperpendek usia cat dinding. Dalam proses pembersihan teratur yang anda lakukan, bersihkan debu dari dinding dan plafon menggunakan kain lap mikrofiber atau chamois. Setidaknya anda melakukan hal tersebut sekali untuk beberapa bulan. Anda juga dapat menggunakan alat vacuum cleaner untuk menghemat waktu dan tenaga.

3. Memperbaiki Kerusakan
Ketika anda mendapati tampilan cat pada dinding mulai lapuk dan terkelupas, sangat penting untuk melakukan perbaikan sedini mungkin. Bukan haya dapat memperpanjang usia cat, perbaikan tersebut juga dapat memelihara dinding sehingga ruangan terlihat bersih dan menyenangkan. Selain melakukan perbaikan terhadap cat dinding, jangan lupa juga melakukan perbaikan pada sumber penyebar kerusakan pada cat dinding tersebut.


Selalu Menyisakan Cat Untuk Disimpan
Sangat penting untuk memiliki sejumlah kecil cat cadangan yang dapat anda gunakan untuk perbaikan dikemudian hari. Kadangkala pembersihan dan pencucian dinding dirasa tidak cukup untuk mengatasi masalah sehingga anda harus melakukan pengecatan ulang pada area tertentu. Dengan memiliki cat cadangan anda dapat menghemat waktu dan memastikan bahwa cat yang anda gunakan tidak berbeda warna dengan yang telah anda aplikasikan pada dinding sebelumnya. Dibawah ini terdapat beberapa tips pemeliharan agar cat cadangan anda dalam keadaan baru dan baik.

1. Menyimpan Cat Dalam Wadah Kedap Udara
Anda dapat menyimpan cat dalam kaleng atau wadah khusus yang memiliki fitur kedap udara atau sealer.

2. Menyimpan Cat Pada Suhu Normal Ruangan
Simpanlah cat pada ruangan yang bersuhu normal ruangan, sejuk, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Suhu dingin atau panas yang terlalu ekstrim dapat merusak dan mengurangi kualitas cat.

3. Menandai Tanggal Pemakaian dan Peruntukan Ruangan
Tandailah cat anda dengan tanggal pemakaian dan peruntukan ruangan. Hal ini dapat membantu anda mengingat warna cat yang pernah anda gunakan untuk mengecat setiap ruangan yang ada didalam rumah.


Menggunakan Peralatan dan Teknik Pengecatan Yang Benar
Jika anda adalah tipe perfeksionis, maka tidak ada salahnya menyewa tenaga profesional untuk melakukan pengecatan interior rumah anda. Hal ini dapat menjamin bahwa pengecatan interior tersebut hanya menggunakan peralatan, teknik, dan produk cat yang terbaik. Tukang cat yang ahli setidaknya dapat memperpanjang usia cat dengan berbagai metode, yaitu :

1. Melakukan Persiapan Pengecatan Dengan Sempurna
Tukang cat profesional dapat menjamin hasil pekerjaan yang  rapi dan halus pada permukaan dinding. Hal tersebut ditunjang oleh keahlian perbaikan pada dinding dan proses primering yang dilakukan sebelum mengecat finishing.

2. Menggunakan Peralatan Yang Sesuai
Tukang cat profesional hanya menggunakan peralatan cat yang tepat sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Selain itu mereka juga hanya menggunakan peralatan yang berkualitas sehingga dapat menjamin hasil pengecatan yang berkualitas.

3. Menggunakan Cat Berkualitas Tinggi
Tukang cat profesional hanya menggunakan cat berkualitas terbaik dan jenis cat finishing yang tepat untuk menjamin keawetan dan keindahan cat dinding pada setiap ruangan yang ada didalam rumah anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »