Tips Agar Mengecat Menjadi Lebih Mudah


Tips Agar Mengecat Menjadi Lebih Mudah


Pekerjaan mengecat, seperti mencelupkan kuas roll kedalam cairan cat dan mengkuaskannya ke dinding memang terlihat mudah. Namun ternyata ada beberapa langkah atau tips yang dapat dilakukan untuk mempercepat, mempermudah, dan menghemat penggunaan cat.

Mengecat membutuhkan pengalaman. Tidak sedikit orang yang melakukan kesalahan umum dalam pengecatan seperti; menggunakan peralatan cat yang murah, menggunakan cat yang tidak berkualitas, dan tidak terlalu memperdulikan teknik-teknik pengecatan. Meski demikian pada dasarnya mengecat bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit dan bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun.

Dibawah ini terdapat beberapa tips atau panduan yang sebaiknya anda ketahui untuk mempermudah proses pengecatan, yaitu :

Menggunakan Teknik Pengkuasan Kuas Roll Dengan Benar
Sebagaimana menggunakan kuas biasa, sebaiknya anda juga menggunakan metode atau teknik pengkuasan dengan kuas roll dengan benar. Penggunaan teknik atau metode yang tepat dapat memperluas daya sebar dan menghemat penggunaan cat. Kesalahan umum yang biasa terjadi adalah pengisian cat pada kuas roll yang tidak memadai, pelapisan cat yang tidak rata pada kuas roll, hingga penekanan yang terlalu kuat ke dinding yang berakibat pada timbulnya bekas garis pada tepi atau ujung pengecatan. Pada umumnya teknik-teknik pengecatan dengan kuas roll tidak sulit untuk ditiru dan dapat dipelajari di berbagai sumber media. Selain semakin mempermudah proses pengecatan, pengguanaan metode yang tepat dapat menghasilkan tampilan dinding yang lebih baik.

Menggunakan Paint Grid
Pada umumnya orang-orang menggunakan paint tray sebagai wadah untuk menampung dan meratakan cat pada kuas roll. Namun ternyata ada alat yang memiliki fungsi yang sama namun lebih praktis dalam penggunaannya. Alat tersebut bernama paint grid. Paint grid adalah papan berlubang seperti jaring dan dapat dipasang pada ember cat berukuran besar. Dengan demikian anda tidak perlu menuangkan cat pada wadah khusus atau paint tray. Adapun ember cat tersebut dimaksudkan untuk menampung dan menyatukan seluruh cat yang anda miliki sehingga dapat meminimalisir perbedaan warna cat yang biasa terjadi akibat proses produksi. Anda dapat menggunakan paint grid yang berukuran kecil yang disesuaikan dengan kebutuhan ukuran ember cat. Atau anda juga dapat membuatnya sendiri dengan peralatan dan bahan yang cukup sederhana.

Menggunakan Tongkat Perpanjangan Kuas Roll 
Tongkat perpanjangan sangat praktis untuk menjangkau sisi atas pada dinding. Penggunaan tangga portable untuk mengecat sisi atas dinding selain dapat membatasi ruang gerak juga rentan menimbulkan cidera otot. Sedangkan Menggunakan tongkat perpanjangan dapat membuat pekerjaan pengecatan menjadi lebih cepat dan hemat tenaga. Idealnya tongkat perpanjangan yang digunakan adalah minimal berukuran panjang 24 inchi. Anda bisa membelinya di toko peralatan cat atau membuatnya sendiri dengan memanfaatkan gagang sapu atau pel yang tidak terpakai. Namun sebaiknya anda memperhatikan panjang tongkat yang anda gunakan. Tongkat dengan panjang yang melebihi kebutuhan justru mempersulit ruang gerak dan menguras banyak tenaga.

Menggunakan Kuas Cat Yang Berkualitas
Kuas cat yang berkualitas memang mahal namun sangat berarti untuk penggunaan intens ataupun jangka panjang. Selain menghasilkan hasil pengecatan yang baik, kuas cat yang berkualitas juga sangat nyaman untuk digunakan. Sedangkan kuas cat yang tidak berkualitas mudah rusak dimana bulu-bulu kuas tersebut mudah terlepas dan mengotori lapisan cat pada dinding. Hanya gunakan kuas cat yang berkualitas untuk pengecatan finishing untuk hasil yang optimal. Adapun kuas cat yang tidak berkualitas dapat anda gunakan untuk pengecatan non finishing ataupun pengecatan yang sifatnya sekali pakai saja. Agar kuas cat selalu dalam keadaan prima, rawatlah kuas cat setelah pemakaian dan selama penyimpanan. Gunakan sisir kuas untuk merapikan bulu-bulu kuas dan bungkuslah kuas cat dengan kain basah jika anda hendak berhenti mengecat untuk sementara waktu.

Menggunakan Handy Paint Pail Liner Untuk Pengecatan Cutting In
Pengecatan Cutting In adalah teknik mengecat pada sisi tepi atau sudut dinding. Teknik ini digunakan untuk mengecat pada tepi pertemuan antara dinding dan plafon ataupun tepi dinding dan bingkai pintu-jendela. Teknik Cutting In tidak dapat menggunakan kuas roll melainkan kuas biasa ataupun kuas angled brush dengan ujung kuas yang lancip dan diagonal. Pengecatan cuttin In pada sisi atas dinding atau plafon membutuhkan tangga portabel, dan ember Handy Paint Pail Liner ini didesain untuk mempermudah pengecatan tersebut. Ember ini berukuran cukup kecil, memiliki sandaran pegangan, dan mudah untuk digenggam. Alat ini cukup praktis digunakan jika dibandingkan dengan keharusan untuk naik turun tangga untuk mengisi ulang cat pada kuas cat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »