Cara Terbaik Menggunakan Painter's Tape


Cara Terbaik Menggunakan Painter's Tape


Painter's tape sangat berperan penting dalam keberhasilan pengecatan yang sempurna. Dengan painter's tape siapapun dapat menghasilkan tampilan pengecatan layaknya hasil pekerjaan profesional. Painter's tape menjadi salah peralatan wajib bagi profesional karena dapat menciptakan pengecatan yang rapi, presisi, bersih, dan minim percikan atau cipratan cat. Terutama untuk pekerjaan pengecatan pada tepi dinding, plafon, pintu-jendela, trim, molding, hiasan, dan instalasi listrik pada ruangan.

Pada awalnya, pekerja profesional menggunakan masking tape untuk menutup dan melindungi permukaan bidang yang tidak ingin terkena cat. Namun seiring waktu painter's tape lebih populer digunakan karena berbagai kelebihannya dibandingkan dengan masking tape. Painter's tape cukup mudah untuk dilepas tanpa merusak lapisan cat dan minim residu lem. Selain itu juga lebih lentur dan dapat melekat secara rapi tanpa meninggalkan gelembung udara yang rentan rembesan cat. Secara keseluruhan painter's tape lebih baik ketimbang masking tape. Painter's tape lebih efektif dalam menutup permukaan dan telah terbukti dapat digunakan untuk pengecatan berbagai jenis cat eksterior maupun interior.

Painter's tape terdiri dari berbagai variasi ukuran panjang dan lebar yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Selain itu juga memiliki variasi daya rekat yang dapat disesuaikan dengan jenis media yang hendak diaplikasikan seperti, fabric, kayu, atau logam. Selain untuk melindungi permukaan dari percikan cat, painter's tape juga biasa digunakan untuk pengecetan berpola garis atau bentuk bangun.

Menguji Daya Rekat Painter's Tape
Sebelum mengaplikasikan painter's tape ke dinding sebaiknya anda melakukan pengujian terhadap daya rekat painter's tape yang anda gunakan. Tempelkan sedikit painter's tape pada bidang uji coba lalu lepaskan. Jika painter's tape meninggalkan bekas atau luka pada permukaan cat maka daya rekat painter's tape terlalu kuat. Sebaliknya jika painter's tape tidak mampu melekat dengan baik pada permukaan maka sebaiknya anda mencari painter's tape yang memiliki daya rekat yang lebih kuat.

Mempersiapkan Area Kerja
Sebelum melakukan proyek pemasangan painter's tape sebaiknya anda menyingkirkan segala benda yang mengganggu seperti furniture atau perabotan ruangan. Anda dapat memindahkan semua benda tersebut ke tengah ruangan dan menutupnya dengan kain atau kertas koran. Pasang alas lantai dan sebisa mungkin juga melepas instalasi-instalasi pada ruangan seperti jendela, dudukan lampu, atau saklar listrik. Sedangkan untuk area luar ruangan sebaiknya anda menutup segala benda dan isian rumah yang anda miliki agar terhindar dari percikan cat yang bisa saja terjadi. Selain itu pastikan permukaan yang hendak diaplikasikan painter's tape dalam keadaan bersih agar painter's tape dapat melekat dengan baik dan sempurna. Permukaan yang kasar atau tidak bersih membuat painter's tape tidak dapat menutup secara rapat dan rentan terhadap rembesan atau kebocoran sewaktu pengecatan.

Mengaplikasikan Painter's Tape
Rentangkan painter's tape 30 hingga 50 centimeter dan tempelkan secara hati-hati kepermukaan dinding. Pastikan anda tidak meregangkan tape terlalu kuat karena dapat mengurangi daya lekat dan rentan putus. Tekan dan rapikan painter's tape sepanjang dinding hingga permukaan menjadi rata. Gunakan kape atau alat sejenisnya untuk meratakan painter's tape dan memastikan tape tersebut mengunci secara sempurna hingga tepinya.

Mengaplikasikan Primer dan Cat
Sebelum mengaplikasikan primer dan cat ke dinding secara menyeluruh, aplikasikan sedikit primer pada tepi painter's tape agar painter's tape semakin mengunci ke permukaan dinding. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah cat merembes masuk dibawah lapisan painter's tape yang dapat mengurangi kerapian dan merusak tampilan akhir pengecatan. Lakukan pengecatan sesuai prosedur umum dan gunakan primer dan cat yang berkualitas untuk hasil yang optimal. Lakukan pengecatan pada sisi tepi menggunakan kuas cat dan dilanjutkan mengecat keseluruhan dinding menggunakan kuas roll. Aplikasikan cat dua kali lapis dan biarkan cat mengering sebelum anda melepas painter's tape.

Melepaskan Painter's Tape
Beri masa jeda setelah cat mengering antara setengah hingga satu jam sebelum anda memutuskan untuk melepas painter's tape. Perlu diperhatikan bahwa semakin lama painter's tape menempel maka lem pada tape akan semakin mengeras sehingga sulit untuk dilepaskan. Lepas dan tarik painter's tape dengan sudut 45 derajat untuk mencegah lapisan cat koyak dan ikut terlepas. Lakukan penarikan secara perlahan dan dengan tekanan yang konsisten. Penarikan yang terlalu kuat berpotensi menimbulkan koyakan cat pada tepi painter's tape sedangkan penarikan yang terlalu lemah berpotensi meninggalkan sisa lem painter's tape pada dinding. Anda apat menggunakan putty knife atau alat sejenis untuk merapikan sisi tepi sewaktu pelepasan painter's tape. Selain itu anda juga dapat menggunakan hot blower untuk melunakan lem pada painter's tape sehingga mudah untuk dilepaskan.

Perlu diperhatikan suhu ruangan yang ekstrim turut berpengaruh terhadap keberhasilan proses pelepasan painter's tape. Suhu ruangan yang terlalu panas membuat lem pada painter's tape menjadi lebih encer sehingga dapat meninggalkan sisa lem sewaktu pelepasan. Sedangkan suhu ruangan yang telrlau dingin membuat lem pada painter's tape menjadi lebih keras dan dapat menimbulkan koyakan atau pecahan cat sewaktu pelepasan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »