10 Hal Yang Sebaiknya Anda Ketahui Sebelum Mengecat Dinding


10 Hal Yang Sebaiknya Anda Ketahui Sebelum Mengecat Dinding


Mengecat seringkali menjadi momok menakutkan bagi pemilik rumah. Namun meski demikian, mengecat adalah salah satu metode termurah dan termudah dalam meningkatkan tampilan rumah yang dianggap membosankan. Warna cat juga dapat secara dramatis mengubah nuansa hati dan desain interior rumah anda. Warna cat dapat membangkitkan nuansa ruangan dengan warna berani (pekat) ataupun lembut (pucat). Selain itu, cat adalah salah satu alat yang termudah dan termurah dalam dunia desain interior. Ada beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui sebelum mengecat. Dengan demikian dapat membuat pekerjaan anda lebih mudah dan menyenangkan.

Mempersiapkan Ruangan Sebelum Mengecat
Adalah perkara yang sangat jelas bahwa mengecat menjadi lebih mudah ketika tidak ada sesuatu yang menghalangi pekerjaan anda. Artinya anda perlu mengosongkan ruangan atau setidaknya menyingkirkan sebisa mungkin benda-benda yang mengganggu. Jika anda mengecat ruang tengah anda dapat menggeser perabotan besar ke sisi tengah dan menutupinya dengan kertas koran atau kain bekas. Meskipun terlihat tidak dibutuhkan, membersihkan dinding menjadi salah satu langkah yang sangat penting. Tanpa anda sadari, ada tumpukan noda seperti debu, kotoran, dan minyak yang menempel pada dinding. Menyingkirkan segala kotoran atau serpihan dari dinding menjadi syarat utama agar cat dapat menempel dengan baik ke dinding. Selain itu, sebaiknya anda juga menambal setiap kerusakan pada dinding seperti retakan, pecahan, atau lubang paku pada dinding. Gunakan painter atau masking tape untuk menutupi area yang tidak ingin terkena cat seperti trim jendela, saklar lampu, atau stop kontak. Sedangkan untuk lantai anda dapat menutupinya dengan kain bekas, kertas koran, atau bahan alas cat lainnya.

Menguji Warna Cat
Membayangkan tampilan warna pada dinding menjadi sulit ketika harus memperhatikan faktor pencahayaan yang dapat mempengaruhi tampilan warna cat pada dinding. Jika anda telah memiliki warna yang diinginkan sebaiknya anda mengambil contoh warna dan mengaplikasikan pada media kecil dan diperbandingkan warnanya pada waktu siang dan malam hari. Jika anda merasa tidak yakin, belilah beberapa warna sekaligus dan melakukan pengujian diatas. Kadangkala anda akan merasa terkejut dengan hasilnya dimana warna favorit anda dapat terlihat buruk ketika terpengaruh oleh pencahayaan alami ataupun buatan.

Mengecat, Memberi Warna Kedalam Hidup Anda
Warna dapat membuat ruangan terlihat luar biasa. Bagaimanapun juga jangan merasa takut untuk memilih warna. Cobalah warna-warna yang berbeda yang dapat membangkitkan perasaan khusus pada ruangan. Sebagai contoh, warna gelap dapat menambah tekstur dan kedalaman ruangan. Hal ini sangat cocok jika diterapkan pada ruangan yang sangat luas dan memiliki plafon yang cukup tinggi. Sebaliknya untuk ruangan yang kecil seperti kamar mandi yang tidak memiliki pencahayaan alami, warna terang dapat memberikan kesan semakin terbuka dan membuat ruangan terasa lebih lega.

Memperhatikan Jenis Finishing Cat Dinding
Sedikit yang menyadari bahwa warna bukan sekedar memberi warna, melainkan juga memberikan tampilan akhir pada dinding seperti tingkat kegilapan dinding. Cat dengan finishing yang sangat gilap sangat tahan lama dan mudah dibersihkan. Namun kelemahannya adalah dapat memperjelas ketidaksempurnaan atau kecacatan pada permukaan dinding. Disisi lain cat dengan finishing non gilap atau flat dapat menyembunyikan setiap kecacatan pada dinding namun lebih rentan terhadap kerusakan. Pilihan terbaik adalah jenis finishing eggshell dimana cat jenis tersebut memberikan tampilan sedikit gilap dan mudah dibersihkan namun masih dapat menutupi setiap kecacatan pada dinding dan tidak mudah rusak sepertihalnya cat jenis flat.

Warna Cat Dapat Diganti
Setelah mengecat keseluruhan dinding pada ruangan dan mengamatinya pada pencahayaan yang berbeda, mungkin anda akan baru menyadari bahwa apa yang terlihat menarik pada bidang kecil justru terlihat terlalu norak pada keseluruhan dinding. Cat adalah pilihan yang cukup murah untuk merombak ruangan dan juga mudah untuk diganti. Jika anda merasa tidak suka dengan warna pada dinding, anda dapat menggantinya dengan mudah. Sebagai tambahan, jika anda merasa warna pada ruangan terlihat terlalu mencolok, pertimbangkanlah untuk menyisakan satu sisi dinding sebagai aksen dinding. Anda mungkin akan menyadari bahwa warna tersebut adalah warna yang anda butuhkan untuk ruangan anda.

Menghitung Kebutuhan Cat
Tidak ada hal yang menjengkelkan ketika mengecat selain kehabisan cat ditengah pekerjaan. Disisi lain anda juga tidak ingin membuang uang untuk cat sisa yang tidak dapat anda gunakan. Ada beberapa hal yang dapat membantu anda menentukan kebutuhan cat yang tepat. Ada banyak aplikasi atau website yang menyediakan alat kalkulator penghitung kebutuhan cat yang dapat anda coba. Namun setidaknya anda dapat menentukan sendiri kebutuhan cat dengan menghitung luas permukaan dinding dan menentukan berapa lapis cat yang ingin anda aplikasikan. Jika anda mengaplikasikan bahan primer terlebih dahulu maka satu lapis cat sudah cukup. Sedangkan dua lapis cat diaplikasikan jika dinding tidak diaplikasikan bahan primer.

Primering Dapat Menghemat Cat
Berbicara mengenai primering, hal tersebut merupakan langkah penting dalam persiapan pengecatan. Bahan primer dapat menutup permukaan dinding dan meningkatkan daya rekat cat pada permukaan dinding. Selain itu primering juga dapat menutupi dan mencegah area tambalan terlihat lebih gilap atau memantulkan cahaya setelah dilakukan pengecatan diarea tambalan tersebut. Meski demikian primering tidak secara otomatis meniadakan tahapan pembersihan dinding dalam proses persiapan dinding. Membersihkan dinding tetap menjadi tahap penting dalam persiapan dinding, tidak peduli dilakukan primering atau tidak.

Mengkuas Sebelum Mengeroll
Bagi banyak orang, konsep mengkuas sisi tepi atau sudut ruangan sebelum atau sebelum mengeroll dinding dapat terlihat membingungkan. Namun sebaiknya anda selalu mengingat untuk mengkuas sisi tepi atau sudut ruangan sebelum mengecat keseluruhan bidang dengan kuas roll. Berhati-hatilah menggunakan kuas cat pada pengecatan tepi atau sudut ruangan. Setidaknya anda mengatur jarak 1 inchi dari sisi tepi, sudut ruangan, plafon, baseboard, dan area lain yang tidak terjangkau oleh kuas roll. Gunakan kuas roll setelah pengkuasan dalam rangka meratakan atau menghilangkan garis bekas kuas yang terbentuk ketika pengkuasan cat. Dengan begitu anda akan memperoleh tampilan permukaan yang halus dan rata.

Mempersiapkan Kuas Roll dan Kuas Bulu
Kuas roll terbuat dari material berbulu halus yang dapat menyerap dan menyalurkan cat ke dinding. Sangat penting untuk menyingkirkan setiap kotoran, debu, serpihan, dan bulu yang terlepas pada kuas roll. Anda dapat menggunakan painters tape yang digulungkan ke telapak tangan anda dengan sisi lengket tape diluar untuk menarik setiap kotoran yang menempel pada kuas roll. Selain itu anda juga perlu memastikan tidak ada kotoran atau bulu-bulu yang terlepas pada kuas bulu dengan cara menyisir dan melenturkan bulu pada kuas bulu tersebut. Serpihan kotoran atau bulu yang terlepas pada kuas dapat mengotori lapisan cat dan merusak tekstur cat pada dinding.

Menghabiskan Uang Untuk Peralatan Yang Sesuai
Selain pertimbangan kualitas kuas cat, anda juga perlu memastikan bahwa anda memiliki segala peralatan yang dibutuhkan untuk mengecat. Hal ini termasuk tongkat perpanjangan kuas cat dan tangga portable. Tongkat perpanjangan membantu anda menjangkau area tinggi tanpa harus bersusah payah mengulurkan tangan keatas ataupun berdiri diatas ujung jari kaki. Sedangkan tangga portable dapat memudahkan anda menjangkau sudut atas pada ruangan yang hendak dicat. Kedua alat tersebut dapat membantu anda mencegah cedera otot akibat mengeksploitasi tubuh secara berlebihan ketika mengecat pada area yang sulit dijangkau.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »