Memilih Warna Kamar Tidur Sesuai Kepribadian Anda


Memilih Warna Kamar Tidur Sesuai Kepribadian Anda


Sudah diketahui oleh umum bahwa warna dapat mempengaruhi mood seseorang. Termasuk dalam pekerjaan pengecatan dinding kamar, pemilihan warna dapat memberikan pengaruh yang sangat besar pada kesan dan perasaan terhadap ruangan tersebut. Bahkan di era modern saat ini pemilihan warna sudah digunakan oleh para psikolog sebagai alat untuk terapi psikologis.

Meskipun ada aturan baku dalam memilih warna untuk kamar tidur, setiap orang memiliki prefrensi dan selera masing-masing. Adakalanya anda lebih tertarik untuk memilih warna yang anti mainstream namun lebih sesuai dengan kebutuhan anda. Maka lupakanlah aturan tradisional tersebut dan pilihlah warna yang paling anda sukai.

Mengecat dinding adalah metode paling murah untuk mengubah style kamar tidur anda. Ada banyak ide atau teknik untuk memodifikasi kamar tidur. Dibawah ini ada beberapa pilihan untuk membuat kamar tidur anda lebih istimewa

Wall Molding Panel
Jika anda seseorang yang pemberani, anda dapat menambahkan wall molding pada dinding anda sebelum mengecatnya. Anda bisa membentuk bidang persegi panjang atau kotak pada dinding. Wall molding tersebut dapat memberikan kesan dimensi. Dan pilihlah warna yang berbeda dan kontras untuk dinding dan panel wall molding anda

Pola Stripe Pada Dinding
Untuk efek yang unik cobalah mengecat membentuk pola stripe untuk sebagian atau keseluruhan dinding. Pola stripe adalah membagi dinding menjadi beberapa bidang atau lebih dengan kombinasi warna yang berbeda. Pembuatan pola stripe tidak harus beruba bidang vertikal namun bisa berupa bidang horisontal. Anda juga dapat mengatur tingkat ketebalan/lebar bidang untuk menambah keunikan desain pola stripe anda.

Warna Metalic Untuk Dinding
Jika ruangan anda cenderung gelap dan remang-remang, cat warna metalik dapat menambah kesan hangat dan memberikan efek shinny. Penggunaan cat warna metalik lebih boros ketimbang warna reguler, namun hasilnya sesuai dengan pengorbanannya.

Mengecat Plafon
Mengecat plafon kamar tidur dapat menciptakan daya tarik visual yang unik. Untuk tampilan berani, catlah sisi dinding pada pangkal tempat tidur yang disambungkan dengan mengecat bagian plafon. Hal tersebut dapat memberikan efek kanopi yang menaungi tempat tidur anda. Anda juga dapat menambahkan motif stripe atau pola untuk menghiasinya atau dengan mengkombinasikan warna yang anda sukai.

Efek Pencahayaan
Pekerjaan rumah sederhana yang dapat memberikan pengaruh signifikan pada cat dinding adalah lampu tidur (lampu dim). Lampu dim cukup murah dan dapat membantu menciptakan tingkat pencahayaan yang tepat sesuai mood anda. Fitur pilihan pengaturan intensitas cahaya pada lampu dim sangat membantu terlebih ketika anda telah mengecat kamar tidur anda dengan warna yang berani.

Arti Warna Pilihan Anda
Pada umumnya warna dinding terbagi menjadi abu-abu, kuning, oranye, biru, coklat moka, hitam, dan hijau. Setiap warna tersebut memiliki arti yang dapat mencerminkan kepribadian ataupun selera style anda.

Abu-Abu
Jika anda menyukai warna abu-abu artinya anda adalah orang yang menyukai konsep minimalis namun tidak ketinggalan jaman. Anda adalah tipe pekerja keras dan membutuhkan kamar tidur untuk relaksasi. Untungnya warna abu-abu tidak hanya populer di masa kini namun juga dapat memberikan efek tenang dan damai. Selain itu warna abu-abu memebri kesan kemajuan teknologi dan kemudahan hidup.

Kuning
Jika anda tertarik dengan warna kuning, anda adalah seorang yang perfeksionsi dan pemimpi. Berintelektualitas tinggi, memiliki daya imajinasi pada tema dan bisnis yang abstrak. Anda memiliki karisma yang tinggi dan dapat membuat rekan kerja merasa nyaman diperusahaan anda. Warna kuning menunjukan bahwa anda membutuhkan waktu pribadi untuk bersantai, berfikir, dan bermimpi. Jika anda ragu-ragu untuk mengecat seluruh ruang tidur dengan warna kuning terang, cobalah memilih warna kuning hanya untuk satu bidang dinding, memilih warna gelap cenderung ke arah gold, atau menggunakan warna kuning untuk warna aksen pada ranjang atau aksesoris kamar.

Oranye
Pecinta warna oranye adalah tipe orang yang sangat mudah bergaul dan  pemberani. Anda adalah tipe petualang, berjiwa traveling, dan senang berinteraksi. Warna oranye untuk kamar tidur memberikan efek hangat dan membangkitkan semangat. Selain itu warna oranye adalah salah satu warna yang sangat populer dalam dunia desain masa kini. Jika anda memutuskan untuk memilih warna oranye, anda dapat menambahkan unsur fun dan energic pada dinding, tempat tidur, atau aksesoris kamar.

Biru
Biru adalah warna yang cukup pasaran, namun penggemar warna biru memiliki alasan yang sangat umum yaitu kebutuhkan untuk perasaan damai dan harmoni. Jika anda memilih warna biru artinya anda adalah tipe orang yang loyal, setiap pada persahabatan dan menyukai rutinitas. Anda lebih suka ruangan yang bersih dan rapi. Maka jika anda memilih warna biru, pastikan anda menambahkan sedikit tempat penyimpanan tambahan dan mengatur tempat tidur anda. Sehingga anda akan merasa nyaman dan damai dengan tempat tidur yang berwarna biru dan rapi.

Coklat Moka
Memilih warna coklat moka berarti anda adalah seorang yang rendah hati dan jujur. Anda cukup percaya diri dan dapat diandalkan, dan orang-orang cenderung menilai anda apa adanya. Anda menghargai kemewahan hidup yang sederhana dan menyukai dekorasi rumah. Memilih warna coklat moka berarti anda membutuhkan waktu lebih untuk bersantai dan relaksasi.

Hitam 
Jika anda memilih warna hitam artinya anda seseorang yang cukup misterius dan menarik. Gengsi dan status sosial adalah penting untuk anda. Anda adalah orang yang independen, kuat, dan memiliki self control yang baik. Orang-orang yang menyukai warna hitam juga cenderung menyukai privasi. Hitam adalah warna yang sempurna untuk menciptakan perasaan aman dan intim pada tempat tidur anda.

Hijau
Warna hijau menandakan anda seseorang yang mudah bergaul, penyabar, dan apa adanya. Hijau adalah salah satu warna yang paling memberikan efek relaksasi. Ada banyak shade pada warna hijau yang tersedia, masing-masing warna tersebut dapat menciptakan lingkungan yang bebas stress. Jika hidup anda cukup kacau dan rumit mungkin anda perlu memilih warna hijau untuk menciptakan nuansa tenang dan damai.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »