Ide Brilian Untuk Teknik Pengecatan Kreatif


Ide Brilian Untuk Teknik Pengecatan Kreatif


Pengecatan dinding yang kreatif tidak selalu membutuhkan peralatan khusus dan mahal. Anda dapat menggunakan perkakas rumah yang anda miliki untuk mengubahnya menjadi sebuah alat yang dapat anda gunakan untuk menciptakan pengecatan yang penuh kreatif. Yang anda butuhkan adalah imajinasi untuk menciptakan metode dan teknik pengecatan yang lebih praktis, efisien, dan murah.

1. Menciptakan Gradasi Warna Sempurna
Gradasi warna yang sempurna adalah kombinasi dua warna yang menyatu secara sempurna sehingga hampir tidak terlihat batas perbedaan warnanya. Caranya cukup mudah, yaitu tuangkan dua cat yang berbeda warna secara berdampingan atau bersebelahan pada wadah atau alas plastik. Kemudian gunakan lidi untuk membaurkan bagian cat yang saling bersinggungan warna. Lalu gunakan lembaran papan atau karton untuk meratakan adonan cat dengan cara mendorong atau menarik secara vertikal. Lalu gunakanlah lapisan adonan cat yang sudah terbentuk tersebut untuk mengecat dinding dengan menggunakan kuas roll. Lakukan pengecatan secara vertikal dan secara tegas (sekali lapis).

2. Membuat Kuas Roll Aneka Motif
Kuas Roll motif adalah kuas roll khusus yang dapat membentuk efek atau pola tertentu pada dinding. Anda dapat membuat sendiri kuas roll motif tersebut dengan memanfaatkan segala peralatan yang biasa anda temui di rumah. Adapun bahan-bahan atau media yang dapat digunakan untuk membuat kuas roll motif yaitu :

Memodifikasi Kuas Roll Biasa
Jika anda kesulitan untuk memperoleh kuas roll motif, anda dapat memodifikasi kuas roll biasa yang anda miliki. Caranya adalah dengan membuat pola dengan menempelkan potongan tape atau lakban ke kuas roll secara acak. Lalu cukurlah bulu pada  bagian dari kuas roll yang tidak tertutup tape atau lakban. Kemudian lepaskan tape atau lakban tersebut dan anda telah memiliki kuas roll yang memiliki tekstur tidak rata dan kasar menyerupai kuas roll motif.

Menggunakan Baju Sweater
Baju sweater yang memiliki rajutan atau pola kasar dapat anda manfaatkan untuk membuat kuas roll motif. Caranya cukup sederhana, yaitu potong bagian lengan baju sweater dan masukan kuas roll kedalamnya. Lalu ikat lengan baju tersebut dengan tali pancing atau kawat. Tekstur kasar rajutan pada baju sweater itulah yang akan membentuk pola unik pada dinding. Anda juga dapat menggunakan bagian lain dari baju sweater untuk membungkus kuas roll anda.

Menggunakan Tali Tambang
Anda juga dapat memanfatkan tali tambang atau tali lain yang bersifat menyerap air. Caranya adalah dengan melilitkan tali tersebut secara acak ke kuas roll yang tidak ada bulunya. Atau anda juga dapat membuat sendiri kuas roll tersebut dari bahan kertas karton yang dibuat membentuk tabung dan menyerupai ukuran kuas roll. Lalu pasangkan kuas roll buatan anda ke gagang kuas roll yang anda miliki. Tali tambang pada kuas roll tersebut akan membentuk pola garis unik dengan ketebalan sesuai dengan ukuran tali tambang yang anda gunakan

Menggunakan Kertas Karton Kardus
Kertas karton kardus pembungkus biasanya memiliki lapisan kertas yang berlipat-lipat atau bergelombang (corrugated carton box). Tekstur bergelombang inilah yang dapat anda manfaatkan untuk membuat kuas roll motif. Caranya adalah dengan membuang lapisan kertas karton yang menutup lapisan bergelombang. Kemudian bungkus kuas roll anda dengan cara menggulung kertas bergelombang tersebut dan direkatkan dengan lakban double tape. Tekstur bergelombang pada kertas karton tersebut akan menghasilkan pola bergaris horisontal yang unik dan teratur

Menggunakan Bubble Wrap
Bubble Wrap adalah plastik lembaran yang memiliki tonjolan-tonjolan berisi udara yang biasa digunakan untuk membungkus dan mengemas barang pecah belah. Tekstur tonjolan pada bubble wrap dapat anda manfaatkan untuk membuat kuas roll motif. Caranya cukup sederhana, yaitu cukup dengan membungkuas kuas roll anda dengan bubble wrap yang direkatkan dengan lakban double tape. Tekstur pada bubble wrap akan menghasilkan pola bulatan-bulatan kecil yang secara rata memenuhi permukaan dinding.

3. Teknik Pengecatan Dripping Paint
Teknik Dripping Paint adalah teknik pengecatan dengan memanfaatkan gaya gravitasi bumi. Jika biasanya anda selalu menghindari lelehan cat sewaktu pengecatan, maka teknik ini justru memanfaatkan lelehan cat tersebut untuk membuat pola garis vertikal dengan mudah. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menggunakan suntikan tanpa jarum untuk membuat lelehan cat yang secara otomatis jatuh ke sisi bawah dinding. Namun perlu diperhatikan untuk menggunakan cat yang encer dan mudah mengalir. Berilah jarak yang konsisten antar lelehan cat dan gunakan kombinasi dua warna atau lebih untuk menghasilkan pola garis yang unik dan indah pada dinding anda.

4. Teknik Stensil Dengan Masking Tape
Teknik stensil adalah teknik pengecatan pola dengan menggunakan alat bantu kertas pola. Kesulitan dalam teknik stensil adalah proses pembuatan dan pemotongan pola pada kertas pola. Namun anda dapat memanfaatkan lakban khusus masking tape untuk membentuk pola bangun (geometri sederhana) pada dinding dengan mudah. Caranya cukup sederhana, yaitu tempelkan masking tape ke dinding membentuk pola bangun secara acak. Kemudian catlah sisi ruang yang terbentuk oleh masking tape dengan kombinasi warna yang berbeda-beda. Setelah mengering lepaskan semua masking tape dan anda akan memperoleh kombinasi warna pola bangun pada dinding  yang terbentuk secara rapi dan halus.

5. Membuat Pola Bata Dengan Busa Spon
Biasanya pola bata dibuat dengan menggunakan teknik stensil. Namun berbekal dengan busa spon anda dapat membuat pola bata dengan mudah dan sangat cepat. Caranya sangat sederhana, yaitu gunakanlah busa spon bertekstur kasar dan berukuran menyerupai bata. Lalu gunakanlah teknik pengecatan dapping (tepukan) untuk membentuk pola bata. Untuk memperoleh hasil pola yang sempurna, lakukan penekanan secara merata ke seluruh permukaan busa spon menggunakan dua tangan. Lakukan pengecatan pada seluruh dinding dan pilihlah warna coklat, merah, oranye gelap, atau warna lain yang menyerupai warna bata pada umumnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »