Trik Rahasia Pengecatan Yang Sempurna


Trik Rahasia Pengecatan Yang Sempurna


Banyak orang yang befikir mengecat adalah pekerjaan mudah. Namun ternyata tidak demikian, Segala sesuatu akan terlihat mudah untuk pekerjaan yang ala kadarnya. Belajar, bereksperimen, dan memperbaiki teknik adalah sesuatu yang tak tergantikan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Namun ada beberapa trik yang sebenarnya cukup mudah untuk dicoba. Dibawah ini adalah trik-trik yang berhasil dikumpulkan dari berbagai tempat dan waktu yang dapat membuat pekerjaan anda terlihat profesional

Sampel Warna, Semakin Besar Semakin Baik
Jangan terlalu banyak berharap pada kartu warna atau katalog warna yang bisa anda temui di toko cat. Contoh warna pada kartu warna tersebut terlalu kecil untuk dapat memberikan gambaran yang akurat jika diperbandingkan dengan warna yang terdapat pada ruangan dan dekorasi ruangan. Gunakanlah sampel cat kemudian aplikasikan pada papan atau busa gabus. Dengan begitu anda memperoleh gambaran yang lebih baik terkait warna yang anda inginkan. Sebaiknya anda juga memperbandingkan warna tersebut dari waktu ke waktu untuk melihat pengaruh pencahayaan alami terhadap warna cat.

Menghitung Jumlah Kebutuhan Cat
Sebelum berkunjung ke toko cat, buatlah perencanaan untuk menghitung kebutuhan cat. Ukurlah sisi terpanjang pada dinding dan kalikan dengan tinggi dinding. Kemudian kalikan empat kali untuk empat sisi dinding dan kalikan dua kali lagi jika anda ingin mengecat dua kali lapis. Atau anda juga dapat menggunakan kalkulator online yang bisa anda temui pada situs komersial produk cat.

Pilihlah Yang Berkualitas
Pilihlah cat berkualitas premium alih-alih memilih cat berkualitas standar. Cat yang murah pada umumnya hanya terlihat berkualitas hanya ketika masih basah. Namun pada banyak kasus kualitas asli nya dapat terlihat ketika cat telah mengering. Pada umumnya cat memiliki komposisi kualitas bahan yang standar dan baku. Artinya setiap penambahan komponen cat yang tidak berkualitas rendah akan mengorbankan komponen cat yang lebih berkualitas.

Persiapan Pengecatan, Bebas Debu dan Kotoran
Persiapan pengecatan pada umumnya terdiri dari pengerokan, pengamplasan, dan pembersihan dinding dari debu dan kotoran. Mungkin anda tidak akan menyangka seberapa banyak debu dan kotoran yang bisa dihasilkan dari proses pembersihan tersebut. Untuk itu jangan lupa menutup setiap furniture atau area yang tidak ingin terpapar oleh debu dan kotoran dengan plastik lembaran atau kertas koran yang direkatkan dengan tape.

Membersihkan Dinding Dari Noda Minyak dan Lemak
Banyak pemilik rumah yang melewatkan proses pembersihan dinding dari noda yang menempel pada dinding. Noda minyak, lemak, atau sisa makanan dapat terlihat terutama di area dapur. Jika anda tidak membersihkan noda-noda tersebut maka cat dapat menempel dengan tidak sempurna. Hal yang sama untuk area kamar mandi dimana busa sabun, shampo, dan kosmetik dapat meninggalkan noda pada dinding. Gunakan bahan pembersih degreaser atau produk khusus lainnya untuk membersihkan noda tersebut kemudian bilas dengan air bersih.

Mengenali Peralatan Cat Yang Anda Gunakan
Kuas bulu alami biasanya ditandai dengan tekstur bulu yang lancip, terurai, dan tersusun hingga membentuk ujung kuas yang lancip. Kuas jenis ini sangat cocok jika digunakan untuk cat berbasis minyak karena cat berbasis air dapat membuat kuas tersebut menggembung dan kehilangan bentuk. Sedangkan kuas bulu sintetis biasanya terbuat dari bahan nilon atau poliester yang sangat cocok jika digunakan untuk cat berbasis air atau lateks. Pilihlah kuas cat yang berkualitas karena kuas cat yang murah cepat rusak dan mengurangi kualitas hasil pengecatan. Selain itu gunakan kuas berujung miring (angled brush) untuk pengecatan trim atau tepi dinding.

Memilih Amplas Yang Berkualitas
Pilihlah amplas hitam yang dilapisi dengan silikon carbide. Amplas jenis tidak mudah aus sepertihalnya amplas coklat. Gunakanlah amplas busa untuk mengkover area sempit dan berlekuk. Pilihlah amplas dengan grit medium (100 atau 120) untuk perkerjaan persiapan dinding. Amplas kasar grit 60 atau 80 untuk membersihkan dan meratakan bekas lapisan cat yang terkelupas. Sedangkan amplas halus grit 200 atau 220 adalah pilihan terbaik untuk menghaluskan permukaan dinding yang telah diaplikasikan cat lapis pertama.

Menggunakan Masking atau Painters Tape
Tukang cat profesional biasanya menggunakan masking atau painters tape yang berwarna biru. Tape tersebut tidak hanya digunakan untuk menutup permukaan namun juga sebagai penanda batas pertemuan dinding dan plafon. Terutama pada bangunan lama yang memiliki permukaan dinding yang kasar dan tidak rata sehingga penggunaan painters tape dapat membantu menciptakan pengecatan tepi dinding yang rapi. Gunakanlah penekanan yang ringan pada pengecatan yang bersinggungan pada painters tape. Dengan begitu cat tidak mudah merembes dibawah lapisan painters tape dan dapat merusak kerapian cat.

Teknik Pengecatan Pola Stripe
Untuk menghasilkan pola stripe (garis) berwarna pada dinding dengan tampilan rapi dan detail, gunakan painters tape dan aplikasikan sedikit dempul lateks sepanjang titik pertemuan antara dua warna cat yang berbeda. Sapukan dempul hingga permukaan dinding memiliki tekstur yang tipis dan halus. Lepaskan painters tape dan aplikasikan cat menimpa garis yang terbentuk oleh lapisan dempul sebelumnya. Lapisan tipis dempul dapat menutup permukaan lebih baik ketimbang jenis painters tape apapun. Setelah cat mengering kerik lapisan dempul tersebut dan anda akan memperoleh pola stripe (garis) yang rapi dan detail.

Menggunakan Kape Untuk Melepas Painters Tape
Jika anda menggunakan painters tape untuk menutup baseboard, maka lepaslah painters tape tersebut di hari yang sama ketika anda mengecat baseboard tersebut. Kadang kala cat berbasis lateks cukup lentur hingga benar-benar mengering dan keras. Ketika anda melepas painters tape, maka lapisan cat yang menimpa diatasnya dapat terangkut dan merusak tampilan cat dinding. Untuk itu gunakan kape dengan sudut kemiringan 45 derajat untuk menekan atau memotong tepi tape yang melekat diantara dinding dan baseboard.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »