Jenis Cat Berdasarkan Tampilan Akhir Cat


cat jenis satin antilum


Dilihat dari kegilapan tampilan akhir cat, pada umumnya cat dibagi menjadi dua jenis yaitu flat paint dan gloss paint. Cat flat paint sama sekali tidak memiliki unsur gilap sedangkan gloss paint memiliki unsur kegilapan dan terbagi menjadi berbagai jenis cat tergantung dengan tingkat kegilapannya. (eggshell, satin, dan semi gloss)

Aturan baku pada cat gloss paint adalah semakin gilap tampilan akhir cat maka semakin tahan lama pula cat tersebut. Karena itulah tiap-tiap jenis cat tersebut biasanya memiliki peruntukan dan fungsi masing-masing dalam implementasi pengecatan dekorasi indoor.

High Gloss
High Gloss adalah jenis cat yang paling tahan lama dan mudah dibersihkan. cat jenis ini memiliki tekstur yang keras, sangat gilap dan dapat memantulkan cahaya. cat jenis ini sangat cocok digunakan untuk area yang paling sering disentuh seperti ruang dapur, perabotan, bingkai jendela, dan pintu. Namun perlu diperhatikan tampilan gilap yang ekstrim membuat permukaan dinding yang tidak rata semakin tampak jelas dan garis pengkuasan menjadi mudah terlihat.

Semi Gloss
Cat jenis Semi Gloss sangat cocok untuk ruangan yang lembab, basah, dan rentan kotoran minyak atau lemak. Selain itu juga sangat cocok untuk bingkai yang sering disentuh. Cat jenis ini biasa diaplikasikan untuk dapur, kamar mandi, trim, dan pegangan anak tangga

Satin
Cat yang memiliki tampilan menarik seperti beludru. Cat jenis ini mudah dibersihkan. cocok untuk area yang paling sering dilalui. Namun sepertihalnya cat jenis high gloss, cat jenis ini dapat semakin memperparah tampilan cacat pada dinding  seperti garis kuas yang disebabkan oleh pengecatan yang tidak rata. Cat jenis ini biasa diaplikasikan untuk ruang keluarga, lorong, ruang tamu, dan kamar tidur anak.

Eggshell
Tingkat kegilapan pada cat jenis ini adalah diantara cat jenis satin dan flat. Diberi nama eggshell karena memiliki tampilan seperti kulit telur yang sedikit gilap. Tidak seperti cat gilap lainnya, cat jenis ini mampu menutupi setiap kecacatan pada proses pengecatan yang tidak sempurna sehingga membuat tampilan dinding menjadi menarik. Cat jenis ini biasa diaplikasikan untuk ruang makan dan ruang tengah.

Flat or Matte
Adalah jenis cat yang mampu menyembunyikan setiap kecacatan pada dinding dengan baik. Cat ini lebih cenderung menyerap cahaya ketimbang memantulkan cahaya. Cat ini memiliki komposisi pigmen dan daya sebar yang besar sehingga lebih hemat dari segi harga dan tenaga. Namun kelemahannya, cat jenis ini lebih sulit untuk dibersihkan. Cat jenis ini biasa diaplikasikan untuk ruang tidur dan ruangan lain yang jarang dipakai 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »