Membuat Pola Garis Lurus Sempurna Pada Dinding

Membuat Pola Garis Lurus Sempurna Pada Dinding


Pola garis pada dinding dapat menambahkan nilai artistik pada ruangan dengan cepat dan efisien. Pola garis dapat digunakan dengan berbagai metode pada seluruh ruangan atau aksen dinding, dimana hal tersebut dapat menambah kesan kuat pada ruangan. Tidak sulit untuk membuat pola garis pada dinding, setidaknya anda membutuhkan berbagai peralatan berikut ini :

1. Meteran
2. Pensil
3. Painters tape
4. Kape
5. Kuas roll kecil
6. Waterpas
7. Paint trays
8. Kuas Chip
9. Cat Tembok

Proses Pengerjaan :

1. Buat pola perencanaan pada kertas gambar
Sebelum anda membuat pola perencanaan, ukurlah panjang atau tinggi dinding dengan meteran. Kemudian putuskan berapa lebar pola garis yang anda inginkan. Sebagai contoh anda dapat menggunakan pola garis horisontal dengan lebar 15 inchi, dimana warna dasar dinding adalah krem dan warna pola garis adalah biru abu-abu. Kemudian tuangkan perencanaan tersebut pada kertas gambar disertai dengan detail ukuran dan jaraknya.

2. Buat pola gambar pada dinding
Setelah selesai mengukur, aplikasikan pada dinding pola yang telah anda buat tersebut menggunakan pensil. Gunakan waterpas atau penggaris siku untuk memastikan garis yang anda buat benar-benar lurus. Kemudian tempelkan painters tape pada sepanjang garis yang telah anda buat. Pastikan tape yang anda pasang benar-benar lurus dan rapi diatas atau dibawah garis pensil yang telah anda buat. Kemudian tekan painter stape menggunakan kape agar tape menempel sempurna tanpa menyisakan celah yang dapat membuat rembesan cat. Sebaiknya anda cukup menekan pada separuh sisi saja, yaitu pada bagian yang akan tertimpa oleh cat. Dengan begitu cat dasar tidak akan terkelupas dan ikut terangkat ketika anda melepas painters tape tersebut

3. Lakukan pengecatan pada pola dinding yang telah anda buat
Bagian termudah adalah mengecat. Gunakan kuas roll mini untuk memperoleh hasil yang lebih sempurna. Hal ini disebabkan karena kuas roll dapat mengontrol penempatan lapisan cat dan memiliki daya tampung cat yang lebih baik. Anda juga dapat menggunakan kuas bulu untuk membuat pola garis yang sangat rapi. Caranya adalah dengan mengecat pada pada perbatasan painters tape dengan area yang hendak dicat pola garis, namun dengan menggunakan warna cat yang sama dengan warna cat dasar. Pengecatan tersebut bertujuan untuk menghilangkan celah antara lapisan cat dasar dengan tape, sehingga setelah mengering anda dapat menimpanya lagi dengan warna cat yang diinginkan untuk membuat pola garis.

4. Lepaskan painters tape
Setidaknya anda dapat melepas painters tape setelah cat benar-benar mengering sempurna. Sebagai panduan anda dapat melepas tape dengan menariknya serapat mungkin dengan dinding. Gulung tape yang telah terlepas agar tidak menempel pada berbagai permukaan lainnya. Anda juga dapat menggunakan alat bantu hair dryer untuk melunakan lem perekat sehingga membuat proses pelepasan tape semakin mudah dan cepat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »