Prinsip Dasar Desain Rumah Minimalis

Prinsip Dasar Desain Rumah Minimalis

Rumah minimalis adalah desain rumah dengan facade (wajah rumah) yang minimalis, sederhana namun elegan. Pada awalnya desain rumah minimalis adalah terinspirasi dari gaya hidup Jepang yang bernama Zen. Yaitu semakin sedikit perabotan atau furniture yang dipakai maka semakin tenanglah kehidupan seseorang. Selain itu desain rumah minimalis juga tidak menekankan pada penggunaan warna untuk rumah melainkan untuk warna dasar atau warna alami saja.

Ada tiga prinsip dasar pada desain rumah minimalis, yaitu :

Esensial (Perkara Mendasar)
Sebagaimana prinsip hidup Zen, bahwa rumah dikembalikan kepada fungsinya saja. Namun bukan berarti tanpa memperhatikan nilai estetika, melainkan dengan pemilihan dekorasi interior yang simpel semisal tanpa corak ataupun ukiran. Atau pemilihan desain dan penempatan perabotan yang efisien seperti pada seperti meja, kursi, atau tempat tidur sehingga tidak memakan banyak tempat pada ruangan

Mengutamakan Kualitas
Sebagaimana prinsip hidup Zen yang mengutamakan kualitas hidup yang diukur dari ketenangan dan kebahagiaan hidup, maka pemilihan perabotan berdasarkan kualitas agar dapat menunjang fungsi perabotan secara maksimal. Dengan sedikitnya perabotan atau dekorasi yang dapat dipakai, maka anda dapat menginvestasikan banyak uang untuk menggunakan produk yang berkualitas ataupun multiguna untuk interior rumah anda.

Kepraktisan, Kebersihan, dan Kerapihan
Pemilihan perabotan dan dekorasi yang minimalis mempermudah proses pembersihan. Sehingga ruang selalu tampak bersih, rapi, dan enak dipandang. Selain itu pilihlah perabotan yang ringkas, mudah dipindahkan atau mudah disimpan. Manfaatkanlah setiap celah atau ruang dengan efektif dan efisien sehingga rumah terasa lebih lega dan lapang.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »