Mengenal Lebih Dekat Batu Bata Tanah Liat

Mengenal Lebih Dekat Batu Bata Tanah Liat

Batu bata tanah liat sudah dikenal sejak lama sebagai bahan utama penyusun tembok. Meski kini banyak bahan pengganti, namun batu bata tanah liat tetap menjadi pilihan utama. Hal ini disebabkan karena batu bata tanah liat memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh batu bata berbahan lain

Sesuai namanya batu Bata ini berbahan dasar tanah liat yang halus dan murni dari campuran material lain. Tanah jenis ini mudah ditemui disekitar kita sehingga membuat harganya menjadi murah.

Pada umumnya batu bata dibuat dengan dua metode, yaitu metode konvensional dan metode press. Pada metode konvensional tanah liat dicetak secara manual dengan menggunakan cetakan kayu. Sedangkan pada metode press menggunakan mesin press yang dapat membuat beberapa cetakan sekaligus. Hasil cetakannya pun lebih halus dan lebih rapi ketimbang metode konvensional. Kemudian hasil cetakan tersebut dijemur dan dibakar hingga suhu tertentu hingga mengeras dan tidak mudah patah.

Di pasaran kita dapat menjumpai dua jenis batu bata yang berbeda peruntukannya. Batu bata biasa digunakan sebagai isian tembok sedangkan batu bata ekspose digunakan untuk isian tembok namun dengan memperhatikan nilai estetika. Dinding tembok dibiarkan terbuka tanpa plasteran sehingga menciptakan nuansa tradisional. Selain itu batu bata ekspose memiliki tingkat kesolidan dan kekerasan yang lebih baik ketimbang batu bata biasa. Sehingga batu bata jenis ini lebih kuat terhadap pengaruh cuaca atau panas.

Batu bata hanya membutuhkan tanah liat untuk pembuatannya. Dan tanah jenis tersebut sangat melimpah di indonesia. Sehingga batu bata dapat diperoleh dengan harga yang sangat murah. Selain itu proses pembuatan batu bata sangatlah mudah baik yang tradisional maupun modern. Banyak sentra-sentra pengrajin batu bata yang tersebar di indonesia sehingga produk batu bata mudah diperoleh dipasaran.

Batu bata memiliki warna yang unik yang menjadi ciri khas tersendiri. Pemakaian batu bata yang dibiarkan terbuka dapat menciptakan nuansa tradisional dan alami pada rumah. Selain itu pada dasarnya batu bata cukup kuat menghadapi perubahan cuaca, suhu panas dan hujan. Batu bata juga dapat menangkal udara panas sehingga dalam rumah tetap terasa dingin

Artikel Terkait

Previous
Next Post »